Minggu, 31 Maret 2013

CEO HTC: Saya Mundur Jika HTC One Gak Laku!


Peter Chou (businessinsider)
Jakarta - Sebagai ponsel flagship, HTC One benar-benar akan menjadi ponsel pertaruhan bagi CEO HTC Peter Chou. Bahkan sang bos besar menegaskan siap melepas jabatannya jika HTC One gak laku.

Wall Street Journal melaporkan bahwa Chou mengatakan hal tersebut di hadapan sejumlah eksekutif senior pada akhir tahun 2012 lalu. "Saat itu ia (Peter Chou-red.) mengatakan bahwa jika smartphone terbaru HTC (HTC One-red.) tak sukses maka ia akan mundur," ujar sumber yang dekat dengan kondisi tersebut.

Lantas bagaimana perkembangan HTC One sendiri? Dari sejumlah review yang keluar, ponsel kelas atas tersebut cukup membuat hype dengan banyaknya respons positif yang didapatkan.

Hanya saja, hal ini kurang didukung dari sisi sokongan supplier. Dimana pasokan komponen HTC tengah tersendat, sehingga mempengaruhi produksi HTC One.

Salah satu eksekutif HTC yang tidak disebutkan namanya menyatakan bahwa vendor asal Taiwan itu kini tak lagi masuk dalam kategori 'tier one customer' sehingga kurang diprioritaskan oleh para mitra mereka.

Otomatis, kondisi ini berpengaruh terhadap kehadiran HTC One di pasaran. Jika terus berlanjut tentu keadaan akan merugikan HTC, sebab Samsung baru saja merilis Galaxy S4 yang akan head to head dengan HTC One.

Jika Galaxy S4 sampai lebih dulu ke pasar, pastinya potensi pemasukan HTC akan lenyap lantaran terlalu lama sampai ke tangan pengguna.

http://inet.detik.com/read/2013/03/22/110633/2200918/317/ceo-htc-saya-mundur-jika-htc-one-gak-laku?id771108bcj

Google Siapkan Jam Tangan Android

Ilustrasi (ist)
Jakarta - Vendor teknologi besar seperti Apple dan Samsung tengah mengembangkan jam tangan pintar. Kini, giiran Google yang dikabarkan mengerjakan perangkat serupa.

Laporan dari media Financial Times mengutip sumber terkait menyebutkan Google mengembangkan jam tangan berbasis Android. Kemungkinan fungsinya sebagai pelengkap smartphone Android.

Pada Oktober 2012 lalu, Google diketahui mendapatkan paten sebuah desain jam tangan pintar yang mepiputi prosesor, user interface dan wireless transceiver yang bisa terkoneksi dengan router nirkabel.

Seperti detikINET kutip dari Computerworld, Sabtu (23/3/2013), selain dengan smartphone, ada kemungkinan jam tangan pintar Google juga bisa terhubung dengan kacamata canggih Google Glass.

Perangkat jam tangan pintar memang sedang jadi bahan perbincangan di industri teknologi setelah Apple diduga kuat sedang mengembangkannya. Kemudian, Samsung mengkonfirmasi bahwa mereka juga membuatnya.

"Kami tengah menyiapkan produk jam sudah sangat lama. Kami mengerjakannya dengan sangat keras untuk itu. Kami Selalu membuat produk untuk masa depan, dan jam (pintar.red) salah satunya," kata Lee Young Hee, Executie Vice President Samsung.

( fyk / fyk ) 


http://inet.detik.com/read/2013/03/23/122600/2201833/317/google-siapkan-jam-tangan-android?id771108bcj 

Bocoran Google X Phone: Android Key Lime Pie & Kamera 16 MP


Motorola Droid Razr Maxx HD (bgr)
Jakarta - Selain Apple dengan iPhone 5S-nya, jagat ponsel kini juga telah menanti kejutan dari kolaborasi Google-Motorola dalam meramu sebuah ponsel kelas atas.

Perangkat yang dikenal dengan nama X Phone ini disebut-sebut akan menjadi senjata pamungkas Google dalam mendobrak dominasi Apple dan Samsung di pasar ponsel.

Tentunya spesifikasi dan fitur yang ditawarkan X Phone harus 'wah' guna menggaet perhatian pengguna. Dan melihat bocoran spesifikasinya yang telah wara-wiri di internet, sepertinya X Phone cukup menjanjikan.

Seperti dikutip detikiNET dari Boy Genius Report, X Phone bakal tampil dengan layar full HD display 4,7 inch. Adapun dapur pacunya ditenagai dengan prosesor quad core Tegra 4i.

Sektor kamera juga tak kalah garang, dengan dibenamkan dengan kamera berkemampuan 16 megapixel di bagian belakang dan 5 megapixel di sisi depan, serta sudah dilengkapi dengan teknologi eye scrolling.

Sementara sistem operasinya sudah pasti akan menjalankan Android. Namun ia akan menjadi gadget pertama yang akan hadir dengan Android versi terbaru alias Key Lime Pie.

Dari sisi ukuran, bocoran yang beredar ia akan memiliki bodi yang lebih langsing ketimbang Motorola Droid Razr Maxx HD atau memiliki dimensi 131,2x66,7x7,9 mm.


http://inet.detik.com/read/2013/03/25/103048/2202546/317/bocoran-google-x-phone-android-key-lime-pie-kamera-16-mp?topnews

Asyik! Jadwal KRL Kini Bisa Dipantau Lewat Ponsel


Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Ingin mengetahui posisi dan jadwal KRL baik Commuter Line dan Ekonomi? Kini PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengeluarkan aplikasi yang bisa memantau jadwal KRL via handphone. Cara aksesnya?

Aplikasi tersebut dapat diakses melalui alamat: http://infoka.krl.co.id/to/[kode stasiun]. Contoh, untuk mengetahui jadwal dan posisi KRL di Stasiun Jakarta Kota, bisa diketikkan: http://infoka.krl.co.id/to/jak atau untuk Stasiun Juanda: http://infoka.krl.co.id/to/jua

"Aplikasi dapat diakses melalui komputer, BlackBerry, android, iPhone atau iPad dan semua handphone yang mendukung internet browser," jelas humas PT KCJ Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (26/2/2013).

detikcom saat mencoba aplikasi ini, cukup cepat loading ke server PT KCJ. Sesaat kemudian terpampang jadwal kereta tersedia, meliputi nomor KA, tujuan, kelas (Commuter Line atau Ekonomi), posisi kereta, hingga jalur tersedia.

Berikut kode singkatan stasiun:

Jakarta Kota-JAK
Jayakarta-JYK
Mangga Besar-MGB
Sawah Besar-SW
Juanda-JUA
Gambir-GMR
Gondangdia-GDD
Cikini-CKI
Manggarai-MRI
Tebet-TEB
Cawang-CW
Duren Kalibata-DRN
Pasar Minggu Baru-PSMB
Pasar Minggu-PSM
Tanjung Barat-TNT
Lenteng Agung-LNA
Universitas Pancasila-UP
Universitas Indonesia-UI
Pondok Cina-POC
Depok Baru-DPB
Depok-DP
Citayam-CTA
Bojonggede-BJD
Cilebut-CLT
Bogor-BOO
Bekasi-BKS
Kranji-KRI
Cakung-CUK
Klender Baru-KLDB
Buaran-BUA
Klender-KLD
Jatinegara-JNG
Kramat-KMT
Gang Sentiong-GST
Pasar Senen-PSE
Kemayoran-KMO
Rajawali-RJW
Kampung Bandan-KPB
Ancol-AC
Tanjung Priok-TPK
Tangerang-TNG
Batu Ceper-BPR
Poris-PI
Kalideres-KDS
Rawa Buaya-RW
Bojong Indah-BOI
Pesing-PSG
Duri-DU
Tanah Abang-THB
Angke-AK
Karet-KRT
Sudirman-SUD
Serpong-SRP
Rawa Buntu-RU
Sudimara-SDM
Jurangmangu-JRU
Pondok Ranji-PDJ
Kebayoran-KBY
Palmerah-PLM


( nwk / ash ) 


http://inet.detik.com/read/2013/02/26/111906/2179851/398/asyik-jadwal-krl-kini-bisa-dipantau-lewat-ponsel?id771108bcj 

'40% Pengguna Smartphone Selalu Mainkan Ponsel Sebelum Tidur'


ilustrasi (ist)
Jakarta - Ponsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Orang lebih rela ketinggalan dompet daripada ponselnya. Bahkan banyak pengguna yang tak bisa lepas dari ponselnya hingga dia tertidur.

"Masyarakat sekarang kian dekat dengan jasa data di tengah terus tumbuhnya smartphone. 40% pengguna sebelum tidur itu bermain dulu dengan smartphone. Di 2017 kami prediksi masyarakat akan menggunakan data 15 kali lebih banyak dari sekarang," kata Vice President Region SEA & Oceania Ericsson, Fadi Pharaon.


"Jadi jangan heran kalau trafik data melonjak saat ini, karena penggunaannya always on 24 jam. Jangan heran juga kalau baterai ponsel cepat habis. Tapi itu justru memberi peluang bisnis kepada para produsen powerbank," ujar Merza Fachys, CTO Smartfren Telecom, menambahkan.

Ditemui kala acara 4G: New Tech, New Services, New Needs di Jakarta belum lama ini, Ericsson juga mengungkapkan survei yang menunjukkan bahwa keandalan jaringan data dari operator akan menentukan nasibnya di era masyarakat broadband.

"Survei yang kami lakukan pada tahun lalu menunjukkan masalah kecepatan jaringan data operator itu menentukan pilihan konsumen. 90% konsumen yang disurvei menginginkan hal itu,” papar Pharaon.

Dari survei 'Mobile Broadband Smarter Offering' yang digelar Ericsson pada kuartal pertama 2012 lalu tercermin faktor kedua yang menentukan konsumen menjatuhkan pilihan pada satu operator adalah masalah kualitas dan jangkauan jaringan, harga dari layanan data, kemudahan mengisi ulang pulsa, dan tarif yang transparan.

Pharaon pun menyarankan, untuk mengatasi terjadinya ledakan trafik data, maka operator di Indonesia mulai mengadopsi teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) secepatnya. Teknologi LTE bisa mendukung live mobile video, mobile/portable gaming, cloud based computing, augmented reality, dan emergency response, serta telemedicine.

Dikatakannya, dalam memperlakukan LTE, operator bisa meniru model bisnis yang dikembangkan di luar negeri, seperti dalam paket bundle data dimana teknologi LTE diberikan sebagai ekstensi dari berlangganan jasa data.

Berikutnya, menawarkan paket data lebih fleksibel dengan kecepatan 4G atau menawarkan paket data berbasis tier. Saat ini teknologi LTE telah komersial di 145 jaringan di 104 negara, menjangkau 455 juta orang.


 http://inet.detik.com/read/2013/03/17/160032/2196143/398/40-pengguna-smartphone-selalu-mainkan-ponsel-sebelum-tidur?id771108bcj

Indonesia Impor Ponsel Senilai Rp 2,1 Triliun dalam Sebulan


Ilustrasi (ist)
Jakarta - Kebutuhan masyarakat Indonesia akan ponsel dan gadget tak dapat dihindari lagi. Bayangkan, saat ini satu orang saja bisa memiliki peralatan telekomunikasi ini lebih dari satu.

Banyak faktor yang terkadang menjadi alasan, mulai dari kebutuhan akan teknologi sampai dengan hiburan yang ada di dalamnya yang cenderung disebut sebagai lifestyle.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip detikFinance, Senin (25/3/2013), total impor HP pada Januari 2013 adalah sebesar US$ 219 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun.

Jika dihitung dengan satu harga ponsel terbaru bernilai Rp 5 juta, maka ada sekitar 400 ribu HP yang masuk ke dalam negeri hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Sementara itu selama tahun 2012 (Januari-Desember) impor HP adalah senilai US$ 2,5 miliar atau Rp 25,2 triliun. Dengan ukuran harga yang sama, selama tahun lalu sekitar 5 juta HP dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Mengatasi impor, beberapa merk internasional dikabarkan akan membangun pabrik di Indonesia. Di antaranya adalah perusahaan pembuat komponen elektronika untuk iPhone, iPad dan lain-lain asal Taiwan, Foxconn Technology Group

Kabar ini sudah terdengar jauh dari awal tahun 2012. Namun, hingga bulan ketiga tahun 2013 rencana tersebut tak kunjung terealisasi.


http://inet.detik.com/read/2013/03/25/083826/2202413/398/indonesia-impor-ponsel-senilai-rp-21-triliun-dalam-sebulan?i991103105

Rabu, 27 Maret 2013

Distribusi Lelet, HTC One Terancam Galaxy S4


Galaxy S4 & HTC One (ist)
Jakarta - HTC mengandalkan HTC One sebagai jagoan barunya yang dibekali beragam keunggulan. Sayangnya, handset Android ini tampaknya akan tertunda pemasarannya terkait kelangkaan komponen.

HTC dilaporkan sudah memberitahu kalangan retail dan operator mengenai penundaan kedatangan HTC One. Operator Vodafone di Inggris dan retail Best Buy di Amerika Serikat membenarkan laporan itu.

Penundaan dikarenakan kurangnya pasokan casing metal dan komponen kamera. Salah seorang pejabat HTC yang tidak mau disebut namanya menyatakan HTC memang tidak lagi diutamakan oleh pemasok komponen.

"HTC kesulitan menjaga pasokan komponen kamera karena sekarang tidak lagi dianggap sebagai kustomer tier satu," kata pejabat tersebut yang detikINET kutip dari Wall Street Journal, Rabu (20/3/2013).

"Kami bekerja sangat keras untuk memastikan bisa memenuhi semua pesanan sebisa mungkin," kata Benjamin Ho, Chief Marketing Officer HTC. Ia menambahkan pemasaran di beberapa negara mungkin mulai akhir Maret sampai April.

Makin lama penjualan HTC One ditunda, ancaman Galaxy S4 dinilai semakin nyata. Tahun lalu, HTC One X juga tidak lagi begitu terdengar gaungnya sesudah Galaxy S III dipasarkan. Banyak yang menilai HTC kalah di sektor marketing dibandingkan Samsung dan juga berbagai faktor lainnya.

"Samsung memperkenalkan produk flagship sekali setahun namun tahun lalu HTC mengeluarkan leboh dari tiga produk, seri HTC One, HTC 8X dan 8S sehingga membingungkan konsumen manakah yang terbaik," kata Arthur Liao, analis di Fubon Securities co.


http://inet.detik.com/read/2013/03/20/152315/2199097/317/distribusi-lelet-htc-one-terancam-galaxy-s4?id771108bcj

4 Fitur Memikat di Samsung Galaxy S 4


New York - Dengan gaya bercerita ala broadway, Samsung mendemonstrasikan fitur-fitur terbaiknya di Galaxy S 4. Ini menjadi peringatan bagi kompetitor Samsung untuk semakin waspada.

"Setelah Anda menghabiskan waktu dengan 4 Galaxy S, saya sangat yakin bahwa Anda akan merasakan bagaimana inovasi itu akan membuat hidup Anda lebih kaya, lebih sederhana dan lebih lengkap," kata Samsung Mobile Chief, JK Shin.

Sejatinya ada begitu banyak fitur yang dipamerkan oleh Samsung dalam sebuah acara yang digelar di New York, Amerika Serikat, Kamis (14/3) malam waktu setempat.

Tapi setidaknya ada empat fitur memikat yang diusung di Samsung Galaxy S 4 ini. Apa sajakah itu? Simak hasil rangkumannya yang detikINET kutip dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2013).


http://inet.detik.com/read/2013/03/15/085626/2194699/317/4-fitur-memikat-di-samsung-galaxy-s-4

Melihat Lebih Dekat Galaxy S 4


Jakarta - Salah satu smartphone Android yang paling ditunggu tahun ini, Galaxy S 4, sudah dihadirkan. Sederet fitur baru dibenamkan Samsung pada jagoan anyarnya itu.

Dari sisi desain, Galaxy S 4 sekilas tidak jauh bedanya jika dibandingkan dengan sang kakak, Galaxy S III. Namun jika dilihat secara mendetail, ada sedikit perbedaan.

Ingin melihat lebih dekat seperti apa ponsel flagship Samsung ini dan apa saja fitur-fitur kunci yang dijagokannya? Simak berikut ini yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber.



 http://inet.detik.com/read/2013/03/15/120324/2194941/317/melihat-lebih-dekat-galaxy-s-4


 http://inet.detik.com/read/2013/03/15/120324/2194941/317/melihat-lebih-dekat-galaxy-s-4

Senin, 25 Maret 2013

Indonesia Kebagian Galaxy S4 Prosesor 8 Core


Peluncuran Galaxy S4 (Ist.)
Jakarta - Galaxy S4 diluncurkan Samsung dalam dua versi. Satu memakai prosesor 8 core Exynos Octa 5410 dan satu lagi dengan prosesor quad core 1,9 GHz Krait 300. Nah, Indonesia dilaporkan akan kebagian versi prosesor 8 core.

Galaxy S4 versi 8 core punya nomor seri I9500 sedangkan yang memakai Krait 300 disebut sebagai I9505. Dalam bocoran informasi yang didapat situs SamMobile yang dikutip detiKINET, Jumat (22/3/2013), Indonesia masuk dalam daftar negara yang akan kebagian Galaxy S4 I9500.

Sejatinya, selain kekuatan prosesor, tidak terdapat banyak perbedaan antara Galaxy S4 I9500 dengan I9505. Yang paling utama, S4 9505 mendukung konektivitas 4G LTE, sedangkan S4 I9500 non LTE alias masih 3,5G.

Otomatis, negara yang kebagian Galaxy S4 19505 adalah yang sudah memiliki jaringan infrastruktur LTE. Seperti Kanada, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Singapura.

Menarik untuk membahas prosesor Exynos 5 Octa yang memiliki 8 otak tersebut. Namun demikian, prosesor ini tidak murni 8 otak.

Exynos 5 Octa memakai arsitektur dari ARM yang disebut big.LITTLE. Lebih akurat untuk mengatakannya sebagai dua prosesor quad core yang bekerja sesuai kebutuhan daripada sebuah chip dengan 8 core.

Terdapat empat inti prosesor performa tinggi dengan clock speed sampai 1,6 GHz serta empat inti lagi yang lebih efisien powernya, dengan clock speed sampai 1,2 GHz. Masing-masing disebut Cortex A15 dan A7.

ARM mendeskripsikan A15 cocok untuk melakukan tugas berat seperti main game. Sedangkan Cortex A7 ditujukan untuk melakukan tugas yang lebih ringan, seperti operasional ponsel.

Galaxy S4 sendiri akan dipasarkan mulai April mendatang. Penjualannya di Indonesia kemungkinan besar tidak jauh-jauh dari waktu tersebut.


 http://inet.detik.com/read/2013/03/22/105044/2200883/317/indonesia-kebagian-galaxy-s4-prosesor-8-core?id771108bcj

Ini Dia Perkiraan Harga Galaxy S4


Galaxy S4 (ist)
Jakarta - Galaxy S4 akan dipasarkan secara bertahap mulai April di 155 negara dengan menggandeng 327 operator. Berapakah harganya?

Samsung memang belum angkat bicara, namun beberapa bocoran mulai bertebaran. Di Inggris misalnya, dua toko online sudah membuka pesanan Galaxy S4 berikut harganya.

Retailer Unlocked Mobiles menjual S4 seharga 529,98 poundsterling atau sekitar Rp 7,8 juta untuk versi 16GB. Sedangkan MobilePhonesDirect menjualnya lebih mahal, yakni 564,99 poundsterling.

Di Italia, harganya menurut website teknologi setempat kemungkinan di kisaran 599 Euro atau Rp 7,5 juta. Sedangkan di Jerman pada kisaran 649 euro.

Harga di atas adalah tanpa sistem kontrak dari operator alias jual lepas. Di Amerika Serikat dengan ikatan kontrak operator selama dua tahun, Galaxy S4 kemungkinan dijual antara USD199 sampai USD 299.

Galaxy S4 kemungkinan akan mengikuti sukses pendahulunya, Galaxy S III yang laris di pasaran. Indikasi tersebut dinyatakan oleh Carphone Warehous, retailer ponsel besar di Inggris.

"Jumnlah besar pemesanan terhadap perangkat ini adalah bukti Galaxy S4 akan laris. Galaxy S III memecahkan rekor tahun lalu dan sulit dikalahkan, namun S4 terbukti punya potensi melangkahinya," kata Graham Stapleton, COO Carphone Warehouse yang dikutip detikINET dari Uswitch, Jumat (22/3/2013).


http://inet.detik.com/read/2013/03/22/113839/2200989/317/ini-dia-perkiraan-harga-galaxy-s4?id771108bcj

Galaxy S4 Mini Menampakkan Diri


Galaxy S4 Mini? (sammobile)
Jakarta - Selain ponsel flagship Galaxy S4 versi 5 inch yang baru-baru ini diperkenalkan, Samsung kabarnya juga mempersiapkan S4 Mini. Bahkan, bocoran foto S4 Mini pun sudah muncul.

Media SamMobile mempublikasikan beberapa foto yang dinyatakan sebagai S4 Mini. Tampak wujudnya hampir identik dengan Galaxy S4 biasa.

Akan tetapi spesifikasinya lebih rendah dan harganya dipastikan lebih murah. S4 Mini kabarnya memakai layar 4,3 inch Super Amoled resolusi 960 x 540 pixel, dan prosesor dual core 1,6GHz. Dan ada pilihan versi dual SIM.

Galaxy S4 Mini kemungkinan akan diperkenalkan beberapa saat sesudah Galaxy S4 dipasarkan. Mungkin sekitar pertengahan tahun 2013 ini.

Tahun lalu, Samsung juga merilis Galaxy S III Mini sesudah kedatangan Galaxy S III, namun jarak waktu peluncuran keduanya cukup lama. Demikian seperti dikutip detikINET dari SamMobile, Sabtu (23/3/2013).

( fyk / fyk ) 

http://inet.detik.com/read/2013/03/23/111718/2201795/317/galaxy-s4-mini-menampakkan-diri?id771108bcj 

Samsung Siapkan 4 Versi Galaxy S4 Mini?

Galaxy S4 Mini? (sammobile)
Jakarta - Kabar kehadiran Samsung Galaxy S4 Mini kian kencang. Sesudah foto-foto yang diduga sebagai S4 Mini muncul, kini dilaporkan handset Android itu akan datang dalam 4 varian.

Dalam informasi yang didapat dari halaman support Samsung, S4 terdiri dari model I9190, I9192, I9195, dan I9198. Apakah perbedaan dari keempat model ini?

Dikutip detikINET dari UnwiredView, Senin (25/3/2013), i9190 adalah versi S4 Mini standar, kemudian I9192 merupakan S4 dengan kapabilitas dual SIM. Kemudian A9198 adalah versi 4G LTE dan !9198 adalah model yang dikhususkan untuk pasar China.

Dalam bocorannya, tampak wujudnya hampir identik dengan Galaxy S4 biasa, namun spesifikasinya lebih rendah. S4 Mini kabarnya memakai layar 4,3 inch Super Amoled resolusi 960 x 540 pixel, dan prosesor dual core 1,6GHz.

Galaxy S4 Mini kemungkinan akan diperkenalkan beberapa saat sesudah Galaxy S4 dipasarkan. Mungkin sekitar pertengahan tahun 2013 ini. Belum ada konfirmasi resmi dari Samsung mengenai berbagai kabar tersebut.


( fyk / fyk ) 
http://inet.detik.com/read/2013/03/25/082014/2202402/317/samsung-siapkan-4-versi-galaxy-s4-mini?i991103105 

Jumat, 22 Maret 2013

AS Luncurkan Kapal LPD Baru

USS San Diego (LPD 22)
USS San Diego (LPD 22)
Kapal landing platform dock (LPD) amfibi keenam dari kelas San Antonio Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), USS San Diego (LPD 22), telah dinyatakan siap untuk operasi tempur setelah berhasil menyelesaikan tes kontrak final (FCT). Tes kontrak final ini dilakukan oleh Dewan Inspeksi dan Survei US Navy (INSURV). FCT dilakukan guna memastikan USS San Diego memenuhi standar dan persyaratan yang ditentukan oleh US Navy.
Pemeriksaan intensif akhir termasuk identifikasi dan memperbaiki setiap potensi masalah, sedangkan kapal ini akan tetap bergaransi selama satu tahun. Pengiriman ini mengkuti kontrak dengan US Navy pada Desember 2011 lalu, USS San Diego telah lulus tes INSURV sebelum menjalani post-shakedown availability (PSA). Komandan USS San Diego Kapten William Grotewold mengatakan bahwa PMS 317, Huntington Ingalls Industries, NASSCO Shipyard dan kru pusat pemeliharaan regional telah bekerja sama untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah utama.
Saat menjalani PSA, USS San Diego diharapkan akan memulai tahap pelatihan dasar pada tahun 2014 untuk persiapan pengoperasian perdananya dalam layanan, yang dijadwalkan di tahun yang sama. Panjang  684 kaki, lebar 105 kaki, kapasistas perpindahan (displacement) 24.900 ton, USS San Diego dapat mengakomodasi kekuatan pendaratan hingga 800 marinir dan berkecepatan jelajah hingga 22 knot.
USS San Diego juga akan memberikan dukungan untuk berbagai penyerbuan amfibi, operasi khusus dan misi ekspedisi perang di paruh pertama abad ke 21 ini. Sebanyak 11 kapal sedang dipesan oleh US Navy di bawah program 17 LPD untuk menggantikan kapal-kapal sejenis yang sudah berumur seperti kapal pendarat tank LST 1179, kapal kargo amfibi kelas Charleston LKA 113, Kelas Anhorage (LSD 36) dan Kelas Austin (LPD 4). (FS)
http://www.artileri.org/2013/02/as-luncurkan-kapal-lpd-baru.html

KRI Beladau-643 Resmi Memperkuat TNI AL

Peresmian KRI Beladau-643
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (kedua kiri) menerima cenderamata "Beladau" disaksikan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono (kedua kanan), Kasal Laskdya TNI Marsetio (tengah) dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi seusai meresmikan Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Beladau-643 di Dermaga Batu Ampar, Batam, Jumat, 25 Januari 2013.
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., meresmikan Kapal Cepat Rudal (KCR)-40 Kapal Republik Indonesia (KRI) Beladau-643 di Dermaga Batu Ampar, Batam, Jumat, 25 Januari 2013.
Dalam amanatnya Menhan RI menyatakan bahwa, bagi TNI Angkatan Laut dengan adanya peresmian KRI Beladau-643 memiliki makna sangat penting dan strategis serta sekaligus merupakan bagian pembangunan kekuatan TNI AL menuju Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essential Force) yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan NKRI.
Selain itu, pada tahun 2012 telah diserahkan dua unit kapal perang tipe KCR yaitu KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642. Kapal dengan teknologi tinggi itu memiliki spesifikasi panjang 44 meter, lebar 8 meter, tinggi 3,4 meter dan sistem propulsi Fixed propeller 5 daun serta mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot.
Penyerahterimaan KRI Beladau-643
Kapal perang yang dibiayai oleh Bank Mandiri senilai Rp 42,14 miliar, KRI Beladau-643, diserahterimakan kepada TNI. Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Beladau-643 dibuat oleh PT Palindo Marine Industry, Tanjunguncang, Batam, dan sepenuhnya dikerjakan oleh putra putri Indonesia.
Menurut Menhan, KRI Beladau-643 ini merupakan kapal ketiga dari tipe Kapal Cepat Rudal yang di bangun oleh anak-anak bangsa Indonesia. Hal ini merupakan kebangkitan industri dalam negeri guna menuju kemandirian. Perhatian pemerintah saat ini sangat besar dalam mengupayakan pemberdayaan industri pertahanan nasional dalam mendukung pemenuhan Alutsista TNI. Pemerintah telah berhasil mewujudkan keinginan besar Kemhan dan TNI dalam upaya membangun industri pertahanan yang kokoh dengan telah diserahkannya Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan. Undang-undang tersebut bertujuan untuk memberdayakan industri pertahanan dalam negeri, mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri sekaligus membuka lapangan kerja baru. Selain itu industri pertahanan mampu meningkatkan multiplier affect dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

KCR-40 sepenuhnya dikerjakan oleh putra-putri bangsa dan sebagian besar material kapal perang tersebut di produksi di dalam negeri. Putra-putri terbaik bangsa yang terlibat dalam proses pekerjaan KCR ini berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) yang bekerja di Batam.
Penyerahterimaan KRI Beladau-643
Kapal yang memiliki panjang 44 meter itu mampu melaju hingga kecepatan 30 knot. Sebagian besar material kapal perang itu juga diproduksi di dalam negeri.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Menhan RI juga menyerahkan 1 unit Combat Boat hasil kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemhan RI dengan PT. Palindo Marine. Selain itu, pelaksanaan penandatanganan dan penyerahan Protocol of Delivery dari pihak PT. Palindo Marine Shipyard kepada Kemhan RI.

Hadir pada acara, diantaranya Kasal, Irjen Kemhan RI, Kasum TNI, anggota Komisi I DPR RI, Asisten Panglima TNI, segenap pejabat teras Kemhan RI, Mabes TNI dan TNI AL.
Sumber : PUSPEN TNI
Kredit foto: ANTARA/Maha Eka Swasta/bb via MetroTVNews.com

Rusia Uji Coba Kapal Selam Nuklir Kelas Borey Ke-3

Kapal selam nuklir Vladimir Monomakh
Kapal selam nuklir Vladimir Monomakh sesaat sebelum keluar dari galangan kapal Sevmash (Foto:RIA Novosti)
ARTILERI - Pabrikan kapal selam Rusia "Sevmash" telah memulai uji coba kapal selam Vladimir Monomakh, yang merupakan kapal selam rudal balistik kelas Borey III (Proyek 955), Jumat, 18 Januari 2013. "Kapal selam rudal generasi keempat Vladimir Monomakh telah mulai menyelam," kata Sevmash.
Uji coba kelaut lepas akan dimulai pada musim panas tahun ini, kata Sevmash. Kapal selam Vladimir Monomakh akan menjadi kapal selam ketiga kelas Borey dan kapal selam terakhir dari Proyek 955, dipersenjatai dengan 16 rudal balistik Bulava. Kapal selam keempat dan selanjutnya dibuat dibawah Proyek 955A dengan dipersenjatai 20 rudal Bulava. Kapal selam keempat, Knyaz Vladimir, saat ini sedang dibangun.
Kapal selam Vladimir Monomakh yang bertenaga nuklir ini, didesain dengan penggabungan teknik terbaru pengurangan signatur akustik (kapal selam ini silent). Angkatan Laut Rusia menerima kapal selam pertama dari kelas Borey yaitu Yury Dolgoruky pada 10 Januari. Kapal selam kedua dari kelas ini, Alexander Nevsky, saat ini tengah dalam uji coba laut dan segera akan masuk ke layanan pada tahun ini. (FS)
http://www.artileri.org/2013/01/rusia-uji-coba-kapal-selam-nuklir-kelas-borey.html

Selasa, 19 Maret 2013

ACTUV, Kapal Tanpa Awak Anti Kapal Selam

Desain ACTUV, kapal tanpa awak anti-kapal selam AS
Desain ACTUV, kapal tanpa awak anti-kapal selam AS. Foto konsep: SAIC
Jumlah kapal selam diesel-listrik kian meningkat di seluruh dunia dan dapat mengancam armada Angkatan Laut AS. Upaya untuk mengatasi resiko yang dapat ditimbulkan oleh kapal selam kecil dan silent seperti itu menjadi sangat penting bagi AS, terutama di daerah litoral dan selat sempit.

"Tujuan kami adalah untuk transisi dan perubahan cara operasional Angkatan Laut," kata Scott Littlefiel, manajer program Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Anti-Submarine Warfare Continuous Trail Unmanned Vehicle (ACTUV). "Hal Ini akan menciptakan asimetri bagi keunggulan kami, meniadakan ancaman dari kapal selam akan menghemat sepuluh persen biaya untuk membangun kapal selam."

Kontraktor pertahanan AS Science Applications International Corporation (SAIC) saat ini tengah mengembangkan sebuah konsep baru kapal permukaan tanpa awak. Kapal tersebut akan dapat menemukan dan melacak kapal selam jauh di bawah air, pada tingkat presisi, persisten dan fleksibilitas yang jauh melampaui kapal perang permukaan berawak anti-kapal selam saat ini. 
Kapal permukaan baru ini akan menjadi menjadi sangat penting sebagaimana misi Angkatan Laut AS yang saat ini difokuskan pada kawasan litoral di Selat Hormuz, Teluk Persia, Laut China Selatan, Afrika Timur, Laut Mediterania dan Laut Karibia.
ACTUV kapal tanpa awak AS
ACTUV akan dilengkapi dengan berbagai sensor
untuk mendeteksi dan melacak setiap jenis kapal selam
secara terus-menerus, bahkan kapal selam silent
Pada Agustus 2012, DARPA dianugerahi kontrak oleh SAIC sebesar US$ 58 juta untuk pengembangan prottipe Anti-Submarine Warfare Continuous Trail Unmanned Vehicle (ACTUV) yang rencananya siap untuk uji laut pada pertengahan 2015. SAIC adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang mengembangkan desain konseptual untuk kapal baru di AS. Badan ini lebih memilih desain haluan yang menusuk gelombang (Trimaran) untuk prototipe. Menurut SAIC, desain semacam ini akan mampu melakukan misi terus-menerus hingga tiga bulan di laut, yang beroperasi secara mandiri, atau semi-otonom.

Kapal ACTUV ini dirancang agar mampu beroperasi sepenuhnya secara mandiri, menyediakan respon cepat tanggap dalam jaringan pengawasan maritim global. Jaringan ini akan ditransfer ke alutsista berawak dan tak berawak lainnya seperti pesawat P-8A Poseidon dan Pesawat RQ-4C Triton (Bams).
Kapal ACTUV ini akan memiliki kecepatan tinggi untuk bisa secepatnya tiba daerah operasi, dengan cepat membuat track kapal selam diesel-listrik silent dan bayangan target tersebut selam berbulan-bulan, lebih dari ribuan kilometer, dengan input manusia yang minimal.

Untuk deteksi awal, ACTUV mengandalkan sensor sendiri atau dari sonobuoy (sebuah sistem sonar) yang dijatuhkan dari pesawat intai maritim, drone atau kapal lainnya. Efektif mengkover wilayah yang luas, sonobuoy ini akan memberikan indikasi awal tentang keberadaan target yang dicurigai, lalu maju dikerahkan ke daerah yang telah ditunjuk.
Dengan tibanya kapal ACTUV di daerah tersebut, kapal tak berawak ini akan menyebarkan sonar aktif-pasif frekuensi menengah jarak jauh dari dua sisi pod-nya, untuk memverifikasi keberadaan kapal selam, dan mengidentifikasi daerah-daerah mana saja yang berada dalam ancaman (AOU-Area of Uncertainty) kapal selam itu, dan membatasi gerakan kapal selam di wilayah itu. Tingkat lanjut dengan menggunakan dua sonar tingkat tinggi yang terletak di lambung utama, digunakan untuk meningkatkan presisi pelacakan dan keakuratan misi. Setelah berada di dekat target, ACTUV lalu menggunakan magnetometer arrays untuk memberikan informasi tambahan mengenai aktivitas target. Setelah membuat track secara kontinyu, sonar dengan frekuensi yang sangat tinggi digunakan untuk menggambarkan citra akustik dari target, sehingga mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kapal selam (target) secara spesifik. Setelah AOU (darah ancaman) ditentukan dan ancaman positif di identifikasi, sehingga memverifikasi batasan AOU, maka sudah dapat dipastikan mana daerah yang aman untuk dilalui. ACTUC akan terus membayangi kapal selam yang dicurigai untuk menghindari resiko serangan dengan menghindar, atau kapal selam ini akan diserang bila bertindak agresif.
ACTUV menggunakan sonar frekuensi tinggi
ACTUV menggunakan sonar frekuensi tinggi untuk mengidentifikasi kapal selam. Foto konsep : DARPA
Kapal ACTUV dirancang untuk menetralisir ancaman dari kapal selam konvensional bertenaga diesel-listrik, termasuk juga kapal selam yang menggunakan Air Independent Propulsion (AIP). Kapal selam yang sudah "dikunci" oleh ACTUV, sangat beresiko untuk diserang armada AS meskipun tetap berusaha silent atau berusaha menghindari ACTUV sampai kapal selam tersebut kembali ke pangkalan.
ACTUV juga dirancang untuk mengambil alih peran kapal permukaan berawak (ASW) yang saat ini  digunakan AS untuk menjaga kelompok kapal tempur atau armada lain dari ancaman kapal selam. Operasi otonom dari ACTUV ini akan menjadikan Angkatan Laut AS lebih optimal menggunakan alutsista berawak secara ofensif dan peran pendukung lainnya yang memerlukan sumber daya manusia.

Desain akhir dan rencana produksi untuk prototipe ACTUV akan dilakukan di fase dua, pembangunan prototipe dijadwalkan selesai pada fase tiga, uji coba oleh pemerintah ada di fase empat untuk menunjukkan sebuah kapal eksperimental yang mampu secara independen disebarkan ke daerah jauh/terpencil yang luput dari kontrol pengawasan sekaligus meningkatkan kemampuan Angkatan Laut AS.
http://www.artileri.org/2013/01/actuv-kapal-tanpa-awak-anti-kapal-selam.html

Kapal Selam Kelas Astute Keempat inggris

Kapal selam nuklir HMS Astute
HMSAstute (Foto: royalnavy.mod.uk)

Di tengah situasi krisis ekonomi berkepanjangan yang melanda benua "biru", Inggris tetap berkomitmen menambah armada kapal selamnya. Hari Senin, 10 Desember 2012, Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan kontrak untuk pembuatan kapal selam nuklir terbarunya, yang akan menjadi tulang punggung kekuatan bawah air negara itu di abad ke-21. 
Adalah HMS Audacious, kapal selam nuklir kelas Astute kini tengah dikerjakan dengan kontrak dari Departemen Pertahanan Inggris yang nilainya £1,2 miliar (setara dengan Rp18,5 triliun). Kontrak ini diberikan kepada pabrikan pertahanan BAE Systems guna perampungan pembuatan HMS Audacious.
Kapal selam ini merupakan kapal keempat dalam jajaran kapal selam nuklir kelas Astute, yang merupakan generasi kapal selam nuklir terbaru Inggris. Sama seperti pendahulunya (kelas Astute), kapal selam nuklir ini diproyeksikan untuk menggantikan kapal selam kelas Trafalgar yang kini masih dioperasikan Angkatan Laut Inggris. Sejatinya Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) akan memesan tujuh kapal selam dari kelas ini.
Dua kapal pertama, yaitu HMS Astute dan HMS Ambush telah menjalani uji laut, sementara kapal ketiga, HMS Artful, sedang menjalani proses perakitan akhir di galangan kapal BAE Systems di Barrow, barat laut Inggris. Tahap pembuatan awal juga sudah dimulai untuk kapal kelima, HMS Anson. Sementara proses pembuatan kapal keenam dan ketujuh belum dimulai.

Kontrak lain senilai £1,5 miliar (Rp23 triliun) juga telah diteken untuk pembuatan tiga lagi kapal selam kelas Astute, demikian pernyataan Departemen Pertahanan Inggris.
Menteri Pertahanan Inggris Philip Hammond menyatakan, pengucuran dana sebesar itu membuktikan komitmen pemerintah, tidak hanya kepada kemampuan Royal Navy di masa depan, tetapi juga untuk melindungi lapangan pekerjaan yang diberikan industri pertahanan di kawasan Barrow. Galangan kapal Barrow, yang memproduksi kapal-kapal selam nuklir itu, mempekerjakan tak kurang dari 3.000 tenaga kerja.
"Kontrak ini menandai langkah penting dalam upaya mempercanggih program kapal selam kita dan membawa AL Inggris makin dekat pada upaya penciptaan armada kapal selam serang yang makin maju," ujar Hammond

Baru diketahui pada bulan lalu kalau Astute ternyata mengalami beberapa masalah saat uji coba lautnya, antara lain kebocoran dan (kerusakan) papan tombol elektrik akibat salah pasang, yang memaksa kapal kembali ke permukaan. Sementara pada tahun lalu muncul pula kekhawatiran terjadinya kekeliruan pada alat monitor reaktor nuklir yang juga dipasang di kapal itu saat uji coba.


Pemburu dan Pembunuh


Kapal selam kelas Astute didesain sebagai kapal selam pemburu dan pembunuh dengan penekanan pada fungsi penyerangan darat, pengumpulan intelijen, dan operasi pasukan khusus. Kapal-kapal ini memiliki panjang 97 meter dengan lebar lunas 11 meter.

Kapal selam ini dilengkapi dengan periskop optronik, yang memanfaatkan kamera video yang dihubungkan dengan kabel serat optik. Kapal yang berbobot 7.800 ton itu dilapisi 39.000 keping akustik anti-sonar dan mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter di bawah permukaan laut.

Untuk memaksimalkan kemampuan penyerangan darat, kapal selam kelas Astute ini mampu membawa hingga 36-38 rudal Tomahawk, yang memiliki jangkauan tembak hingga 1.920 kilometer dengan akurasi tinggi. Mereka juga dilengkapi enam tabung torpedo untuk meluncurkan torpedo Spearfish.

Kapal-kapal kelas Astute dilengkapi reaktor nuklir PWR2 sebagai sumber tenaga utama yang menjadikan kapal selam ini tak perlu mengisi ulang bahan bakar selama 25 tahun. Sistem propulsinya mengusung buatan Rolls Royce yang bisa mendorong kapal melaju hingga kecepatan 30 knot (55,6 kilometer per jam) di bawah air.
Kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem produksi oksigen dari air laut untuk kru, yang memungkinkan kapal ini tetap menyelam dalam waktu yang lama.

(AFP/GlobalSecurity/DHF)
Via Kompas
 http://www.artileri.org/2012/12/kapal-selam-kelas-astute-keempat-inggris.html

Modernisasi Mandiri Angkatan Laut Iran

Angkatan Laut Iran

Perkembangan industri alutsista Iran, terutama di bidang kelautan memang terbilang pesat. Negara ini telah memulai program swasembada dalam industri pertahanan dan telah menggulirkan berbagai proyek militer sejak kemenangan Revolusi Islam 30 tahun lalu.

Pameran di hari ulang tahun Angkatan Laut Iran yang jatuh pada 28 November lalu, menampilkan dua kapal selam Ghadir dan hovercraft killer-cool mereka. Kapal selam Iran kelas Ghadir diluncurkan pada tahun 2007, namun untuk versi upgrade-nya saat ini masih dalam tahap uji coba laut. Ini bukan satu-satunya kapal selam Iran yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Kapal Selam Iran Kelas Ghadir

Ghadir adalah kapal selam yang berbobot 1.420 ton yang dilengkapi sub torpedo, berbahan bakar diesel, sonar silent dan berbagai fasilitas untuk menghadapi perang elektronik modern. Kapal selam ini sangat baik untuk bermanuver di perairan dangkal.

Kapal frigat Iran Jamaran

Selain itu, Iran juga menyatakan telah menyelesaikan satu tahapan dalam pembuatan frigat peluru kendali mereka yaitu "Jamaran" yang dibangun secara organik di Iran. Frigat ini pertama kali diluncurkan pada 2010 dan merupakan frigat produksi dalam negeri pertama Iran.

Hovercraft Tondar/Thunder

Hovercraft Tondar atau Thunder yang dilengkapi dengan rudal serta mampu meluncurkan drone surveilans.

Kapal frigat Iran

Bersamaan dengan pembangunan Frigat Jamaran, ada juga kapal "Sina-7", kembaran kecil dari Jamaran.

kapal cepat Iran dengan rudal dan senapan mesin

Ada juga sejumlah besar kapal cepat yang dilengkapi dengan rudal dan senapan mesin.

Kapal selam cebol Iran

Serta berbagai kapal selam cebol Angkatan Laut Iran

Iran memang menyatakan dirinya telah mencapai swasembada di bidang produksi perlengkapan angkatan laut. Iran tidak lagi membutuhkan bantuan dari negara lain dalam memproduksi setiap komponen armada lautnya berkat potensi para ilmuwan muda dan ahli dalam negeri. Bahkan Iran sudah siap untuk memproduksi kapal induk.


http://www.artileri.org/2012/12/modernisasi-mandiri-angkatan-laut-iran.html

Sabtu, 16 Maret 2013

Angkatan laut China (Foto)

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China adalah matra kelautan dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), militer dari Republik Rakyat China. Sampai awal 1990-an, angkatan laut adalah pendukung dari tugas kekuatan darat PLA, setelah itu AL-PLA mengalami modernisasi. Pada tahun 2011 angkatan laut ini menjadi angkatan laut terbesar kedua didunia dengan 250.000 personel, 35.000 personel pertahanan pantai, 56.000 Marinir dan 56.000 personel penerbangan angkatan laut PLA.

Lahir pada September 1950, setidaknya tercatat saat ini AL-PLA telah memiliki 1 kapal induk, 26 kapal perusak, 50 frigat, 3 SSBN, 5-7 SSN, 56 SSK, 58 kapal amfibi, 80 CWV, 27 kapal pendaratan besar, 31 kapal pendaratan medium dan 200 lebih kapal cepat. (Wikipedia)
Berikut beberapa foto armada Angkatan Laut China.

Kapal perang china


Armada kapal perang China


Armada kapal perang China


Kapal patroli China


AL PLA tembakkan rudal saat latihan


kapal cepat rudal china


Angkatan laut China


kapal_perang_china


Kapal induk China Liaoning

Masih banyak gambar lain dari Angkatan Laut China ini. Mungkin akan di post lain waktu.


 http://www.artileri.org/2012/12/angkatan-laut-china-foto.html

Mengenal Lebih Dekat Kapal Selam Chang bogo

Kapal Selam Korea Selatan Chang bogo
Guna mengamankan wilayah maritim dan untuk mencapai kekuatan pokok minimum (Minimum Esensial Force /EMF) hingga tahun 2024, setidaknya Indonesia membutuhkan 12 kapal selam. Adalah 3 kapal selam Chang bogo asal Korea Selatan yang berhasil menarik perhatian pemerintah. Kapal selam ini dipilih karena dianggap cocok untuk bermanuver di perairan Indonesia.

Chang bogo dirancang untuk menghancurkan kapal selam lawan, kapal permukaan, melindungi pangkalan dan misi pengintaian. Kapal selam ini mampu menyelam hingga kedalaman 250 m, namun saat uji coba kapal selam ini sanggup menyelam hingga 500m. Chang bogo dilengkapi dengan 4 mesin diesel MTU tipe 12V493 AZ80 GA31L, yang menjadikannya mampu menyelam di kecepatan 21 knot dan 11 knot untuk muncul ke permukaan.

Kapal selam yang memiliki panjang 56-61m ini dilengkapi 8 buah torpedo 533mm di haluan dan 14 SUT torpedo. Chang bogo juga dipersenjatai dengan rudal Harpoon (varian peluncuran dari kapal selam) dan 28 ranjau laut. Kapal selam ini juga mampu untuk beroperasi secara terus menerus selama 2 bulan dengan 40 orang kru.
Chang bogo yang ketiga akan dibuat sepenuhnya oleh Indonesia melalui PT. PAL
Tiga Kapal selam yang dibeli dari Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan ini ditargetkan kemenhan rampung pada 2016. Beruntungnya, ini bukan hanya pembelian semata, didalam kesepakatan juga terdapat proses ToT bagi Indonesia. Hal ini terwujud dengan pembuatan kapal selam yang ketiga (terakhir) akan dibuat di Indonesia melalui PT PAL.
Saat ini PT PAL dan Daewoo tengah menyeleksi 206 para insinyur dan teknisi Indonesia yang akan "disekolahkan" ke Daewoo untuk membuat Chang bogo. Rinciannya, kapal selam pertama dibuat di Korea Selatan dengan mengirimkan teknisi yang lolos seleksi. Lalu, kapal selam kedua, sebagian komponennya akan dibuat di PT. PAL Surabaya dan sebagian lagi dibuat di Korea Selatan. Sedangkan kapal selam yang ketiga akan dibuat sepenuhnya di Indonesia oleh PT. PAL.
Wikipedia
Kredit foto: facta-nautica.graptolite.net

Teknologi Kapal Selam "Siluman" Rusia

Kapal Selam Hidrogen pertama Rusia B-90 Sarov
Kapal Selam Hidrogen pertama Rusia B-90 Sarov (Foto: navaltoday.com)
Kapal selam lama di upgrade menjadi kapal selam berteknologi canggih.. Adalah Rusia yang telah mengembangkan pembangkit listrik berbahan bakar hidrogen untuk kapal selam yang tidak dapat menggunakan sumber energi nuklir.
Hal ini jelas akan memberikan keuntungan bagi negara-negara pengguna kapal-kapal selam buatan Rusia seperti Iran. Dengan berbahan bakar hidrogen, kapal selam dapat bertahan lebih lama di laut dan meningkatkan jarak tempuh kapal selam tersebut, dikutip dari laporan G2 Bulletin
Oleh Rusia, dibuatlah sebuah kapal selam khusus untuk menggunakan teknologi ini. Kapal selam Rusia yang baru tersebut dinamai B-90 Sarov, yang berbahan bakar pembangkit listrik hidrogen yang nantinya akan mirip dengan kapal selam U-212 dan U-214 Jerman.
Banyak keuntungan yang diperoleh dengan adanya teknologi ini. Beberapa kapal selam lama Rusia yang bertenaga listrik diesel menggunakan baterai untuk memasok listrik. Bila baterai habis maka harus diisi ulang, kapal selam harus naik ke permukaan dan mesin diesel mulai mengisi ulang baterai. Proses pengisian baterai ini rentan terhadap ancaman musuh. Dengan menggunakan mesin yang berbahan bakar hidrogen, motor listrik disupai dari sel bahan bakar hidrogen.
Mesin kapal selam Rusia yang baru tersebut disebut sebagai "air-independent propulsion," yang mana akan meningkatkan kecepatan kapal selam untuk menyelam , lebih silent (tenang) dan dipastikan bisa bersaing dengan kapal selam milik Jerman, yang beberapa dari kapal selam Jerman juga dimiliki oleh Israel.
Sel bahan bakar adalah perangkat konversi elektrokimia yang menggabungkan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan air, listrik dan panas. Prinsip ini sudah digunakan di beberapa teknologi otomotif dan ruang angkasa.
Dr Edward C. Whitman, editor majalah Undersea Warfare Magazine, melihat penggunaan sel bahan bakar akan semakin meningkat kemampuannya dua hingga tiga kali lipat dalam beberapa tahun kedepan, yang akan memberikan fleksibilitas taktis yang lebih baik karena ukurannya yang kecil dan fitur silent (tenang) yang melekat padanya.
Paradigma dari jenis propulsi kapal selam baru ini akan membawa kita kepada perang bawah laut yang mana kapal selam yang menggunakan teknologi ini akan menjadi ancaman bagi kapal selam konvensional yang bertenaga listrik dan kapal selam nuklir, kata Whitman. Kapal selam dari jenis propulsi berbeda (konvensional dan nuklir) perlu mewaspadaai kapal selam jenis ini dan harus memahami betul kemampuannya di laut.
 
 
 
 http://www.artileri.org/2012/11/teknologi-kapal-selam-siluman-rusia.html

TNI AL Pesan 6 Kapal Pencegat Vitesse Mark II

Kapal Pencegat Vitessel Mark II
Vitessel Mark II (Foto Navy Recognition)
Vitesse Mark II adalah kapal pencegat delta conic berkecepatan tinggi buatan Indonesia. Kapal ini merupakan hasil kerjasama antara PT. Rizki Abadi dan PT. Royal Advanced Fiber (RAF boats). Vitesse Mark II dikembangkan setelah adanya permintaan khusus dari Pasukan Khusus TNI AL untuk misi pencegatan dan anti teror.

Vitesse Mark II mampu mempertahankan kecepatan 35 knot saat gelombang (laut) mencapai 2 meter, ini sesuai dengan yang dibutuhkan TNI AL. Setelah melakukan beberapa tes, Departemen Litbang TNI AL akhirnya mensertifikasi kapal ini. TNI AL memesan kapal pencegat Vitesse Mark II ini sebanyak enam unit dan pengiriman pertama diharapkan terlaksana pada 2013.

Kapal pencegat yang diawaki oleh 8 personil ini bermesin/propulsi 2x700pk/Surface drives dengan kecepatan masimum 60 knot, dan kecepatan jelajahnya 50 knot. Selain itu, kapal ini mampu berhenti secara penuh pada jarak (ulur) 50 meter. Untuk jarak operasi, kapal ini sanggup beroperasi sejauh 400 hingga 500 mil laut - Yang lupa berapa konversi knot, baca artikel Satuan Ukuran Standar.

Dari segi keunggulan manuver, kapal dengan panjang keseluruhan 16 meter ini memiliki kemampuan manuver yang baik bahkan disaat kondisi laut sedang buruk, disamping pemeliharaannya yang mudah, ramah lingkungan dan bisa dioperasikan di perairan dangkal.
Kapal Pencegat Vitessel Mark II
Vitesse Mark II (Foto:RAF boats)
Dibawah ini videonya, play saja bila ingin melihat manuver dan kecepatan dari Vitesse Mark II, lamanya 5 menit lebih.
 
 http://www.artileri.org/2012/11/tni-al-pesan-6-kapal-pencegat-vitesse.html
 

Kamis, 14 Maret 2013

J-31, Pesawat Tempur Kapal Induk Masa Depan China

J-15

Sun Cong, kepala desainer pesawat tempur J-15 dan anggota Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, menerima wawancara khusus dengan kantor berita Xinhua pada 2 Maret 2013. J-15 yang dijuluki dengan "Lying Shark" adalah pesawat tempur berbasis kapal induk generasi pertama buatan China. Ketika pertama kalinya J-15 dikemudikan oleh pilot untuk mendarat di kapal induk Liaoning dan selanjutnya juga berhasil lepas landas, tidak tergambarkan kegembiraan di wajah Sun.
Pesawat tempur J-15 telah mengisi kesenjangan teknologi China di bidang terkait. Dibandingkan dengan pesawat tempur berbasis darat, pesawat tempur berbasis kapal induk memerlukan persyaratan teknologi yang lebih tinggi.
Sun mengatakan pesawat tempur berbasis kapal induk harus memiliki kemampuan tempur yang sama seperti pesawat tempur berbasis darat dalam hal beban bom yang bisa dibawa, radius tempur, manuver dan harus juga memiliki performa yang baik di kecepatan rendah. Pesawat berbasis kapal induk harus ditingkatkan teknologinya agar bisa mendarat dan lepas landas di kapal induk.
"Kuncinya terletak pada mesin. Dua konsumsi bahan bakar (dua mesin) lebih baik dan otomatis membuat radius tempur meningkat." Sun juga mengatakan bahwa J-15 dilengkapi dengan mesin buatan dalam negeri China yang memiliki radius tempur lebih dari 1.000 kilometer.
Kemajuan lainnya yang diperoleh China adalah teknologi radar kontrol tembak dan peluru kendali  pada pesawat. "Indikator J-15 umumnya mirip dengan F/A-18 Hornet AS, sebuah standar kelas dunia," Sun menjelaskan.
Untuk memastikan pesawat meluncur dengan kecepatan relatif sekitar 60 meter per detik dalam posisi tetap dan konstan pada glide slope tepatnya di dek kapal induk, banyak ditemukan kesulitan teknologi kunci, diantaranya metode operasi pilot, karakteristik desain teknis dan aspek lainnya yang perlu dibenahi.
J-31
J-31 (Foto : chinesemilitaryreview.blogspot.com)
Sun juga menjabat sebagai kepala desainer untuk pesawat tempur siluman J-31 China. Dia berharap J-31 dapat dikombinasikan dengan J-20 (pesawat tempur siluman China sebelumnya) di masa depan dalam misi-misi baik di ketinggian tinggi atau rendah. Dia juga berharap versi baru dari J-31 nantinya juga bisa berbasis kapal induk.
Saat ini, Sun dan timnya sedang mengekplorasi teknologi kunci dari pesawat-pesawat tempur ini, dan akan membuat berbagai terobosan agar pesawat-pesawat itu mampu menguasai seluruh wilayah udara dengan radius tempur yang lebih jauh. (FS)
http://www.artileri.org/2013/03/j-31-pesawat-tempur-kapal-induk-china.html

Generasi Terbaru Pesawat Tempur Gripen Swedia

Gripen
 
Perusahaan Pertahanan dan Keamanan Saab (Swedia) telah menandatangani kesepakatan dengan Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV) perihal pesawat tempur Gripen E. Perjanjian tersebut mencakup pengembangan dan modifikasi Gripen E untuk Swedia selama periode 2013-2026 dan kemungkinan bagi Swiss untuk mengakuisisi Gripen E baru.

Untuk tahap pengembangan awal Gripen E (2013-2014), FMV menggelontorkan dana sebesar 2,5 miliar SEK (mata uang Swedia) atau senilai 391 juta dolar AS. Total nilai pesanan dalam kontrak tersebut sekitar 47,2 miliar SEK (7,4 miliar dolar AS).

Parlemen Swedia, dengan hasil voting mayoritas, memutuskan Swedia akan mengakusisi Gripen E. Perjanjian telah ditandatangani dan pengiriman pertama Gripen E untuk Swedia secepatnya pada tahun 2018.

Perjanjian SAAB dengan FMV ini terdiri beberapa poin. Bagian pertama, terkait dengan pengembangan Gripen E pada 2013-2014 yang bernilai 2,5 miliar SEK. Dan bagian berikutnya -yang tersisa dari perjanjian- adalah sebagai berikut :
  1. Pembangunan Gripen E senilai 10,6 miliar SEK, diharapkan segera terlaksana pada kuartal pertama 2013.
  2. Modifikasi dari 60 Gripen E dengan pengiriman pertama untuk Swedia pada tahun 2018 - diharapkan dimulai pada kuartal keempat 2013.
  3. Pemeliharaan, dukungan dan perlengkapan misi khusus untuk Gripen E dengan pengiriman awal pada tahun 2018 - diharapkan dimulai pada kuartal keempat tahun 2014.
  4. Kemungkinan Swiss akan mengakuisisi 22 Gripen sedang diproses di parlemen Swedia. Perjanjian dengan Swiss tersebut terdiri dari ketentuan-ketentuan karena pengiriman dari 22 Gripen E varian baru, dan peralatan terkait ke Swiss, jika Swiss memutuskan untuk mengakuisisi Gripen E.
  5. Semua order di bawah perjanjian, termasuk order dari Swiss melalui FMV, berjumlah total sekitar 47,2 miliar SEK.
Perjanjian tersebut mencakup hak untuk FMV -syarat dan prasyarat- sepenuhnya atau sebagian untuk membatalkan program. Jika demikian, SAAB memiliki hak untuk kompensasi biaya yang sudah diambil dan biaya untuk menghentikan program. Perjanjian tersebut juga mencakup poin-poin yang mengatur kondisi bila Swiss memutuskan untuk tidak mengakuisisi Gripen E.

Gripen

Gripen E memiliki kemampuan susbstansial  daripada versi Gripen sebelumnya. Pesawat tempur ini didesain dengan cerdas dan dengan teknologi inovatif, yang mengarah kepada penghematan biaya dibanding dengan pesawat tempur alternatif lainnya. Gripen E memiliki mesin yang lebih baik dan kuat dibanding varian Gripen sebelumnya. Mampu beroperasi dalam durasi yang lama dan mampu membawa persenjataan serta payload yang lebih banyak.

Radar elektronik baru, upgrade sistem presentasi di dalam kokpit dan avionik modern akan meningkatkan kemampuan Gripen E guna suksesnya misi yang diembannya. Langkah-langkah teknologi yang telah diterapkan pada Gripen E telah terbukti pada program demonstran Gripen 39-7 E/F, di mana pesawat ini telah melakukan uji coba terbang lebih dari 250 jam di Swedia, Inggris, India, Swiss dan negara lainnya sejak tahun 2008.

Dengan upgrade hardware dan software, Gripen E menjadi sistem modern yang mudah untuk dikembangkan lagi di masa depan.

SAAB melayani pasar global dengan produk-produk terkemuka di dunia, layanan dan solusi dihadirkan untuk pelanggan militer dan sipil. SAAB memiliki karyawan dan beroperasi di semua benua dan akan terus berkembang, terus beradaptasi dan meningkatkan teknologi baru untuk memenuhi permintaan pelanggan yang berbeda-beda. (FS)
 
 
http://www.artileri.org/2013/03/generasi-terbaru-pesawat-tempur-gripen.html

P.1HH Hammerhead, UAV dari Piaggio

Piaggio P.1HH Hammerhead
Perusahaan Italia Piaggio dan Selex Electronic Systems bekerjasama untuk membuat varian dari pesawat udara tak berawak P-180 Avanti turboprop.
Dinamai P.1HH Hammerhead, varian baru dari Avanti ini telah dimodifikasi secara total untuk peran UAS-nya (Unmanned Aircraft Systems). Menurut Piaggio, UAV versi baru ini akan mampu beroperasi selama 16 jam dengan membawa berbagai muatan termasuk SIGINT dan Elint serta mampu melakukan pengawasan maritim dan perbatasan serta peperangan elektronik. Senjata dan kelengkapan eksternal lainnya juga dipasang pada tiang yang ditanamkan pada fuselage. UAV ini telah dikembangkan untuk menangkap gambar pada ketinggian menengah, berdaya tahan lama (MALE) layaknya MQ-9 Reaper atau BAE Systems Mantis.
Kedua perusahaan Italia tersebut bekerja secara diam-diam dengan didanai dari biaya sendiri selama lebih dari dua tahun. Mereka baru meluncurkan UAV ini pada pameran pertahanan IDEX di Abu Dhabi pada 18 Februari setelah peluncuran pertama dan uji coba di sebuah pangkalan udara di Italia pada 14 Februari.
"Ada persyaratan dari berbagai negara untuk ketinggian menengah, UAS harus tahan lama di udara," kata Alberto Galassi, CEO Piaggio Aero. "Kami menyediakan UAV yang bersertifikat, ini akan menjadikan UAV ini pilihan yang menarik."
Piaggio P.1HH Hammerhead
Hammerhead dikendalikan dari stasiun kontrol misi yang diproduksi oleh Selex, dengan saling berhadapan dan di luar jangkauan pandang dengan menggunakan komunikasi satelit. Sistem misinya dikembangkan dari Sistem Sky ISTAR Selex yang memungkinkan fitment dari berbagai sensor. Selex juga menyediakan manajemen dan sistem kontrol, dan terminal data udara. Perubahan lain untuk UAV ini termasuk bagian eksternal yang bisa dilepas dari UAV yang menurut Piaggio akan sangat membantu dalam transportasi darat jika diperlukan (diangkut).
Piaggio berharap untuk menerbangkan prototipe Hammerhead sebelum akhir tahun dan berencana untuk mulai memasarkannya ke pelanggan potensial di Paris Air Show pada bulan Juni nanti.
Ini adalah perkembangan ketiga dari varian khusus Avanti. Pada tahun 2012 saat Farnborough Air Show, Abu Dhabi Autonomus System Investments (ADASI) mengungkapkan rencanannya untuk mengembangkan varian patroli maritim dari P.180, dan Rockwell Collins telah dipilih untuk menyediakan perlengkapan avionik baru untuk varian MPA. Penerbangan pertama dari versi ini direncanakan pada 2014. Ada juga versi "flight checker" dari P.180 untuk tugas inspection duties.
 
 
 http://www.artileri.org/2013/02/p1hh-hammerhead-uav-dari-piaggio.html