Kawasaki XC-2
XC-2 (sebelumnya CX) adalah pesawat angkut militer generasi baru yang
dikembangkan oleh Kawasaki Heavy Industries untuk Angkatan Udara Pasukan
Bela Diri Jepang (JASDF). Pesawat angkut taktis jarak menengah ini
dimaksudkan untuk menggantikan pesawat Kawasaki C-1 dan Hercules C-130
dalam armada JASDF. Maksimum berat XC-2 untuk lepas landas adalah 141
ton, memiliki jangkauan yang lebih jauh dan kapasitas muatan yang lebih
besar dibanding C1 dan pesawat sejenis lain di kelasnya.
|
Prototipe pertama XC-2 terbang di sekitar pangkalan udara Gifu. Gambar: hvhv |
XC-2 terbang pertama kali dari pangkalan udara Gifu pada bulan Januari
2010. Pesawat ini utamanya digunakan untuk operasi internasional dan
misi bantuan bencana.
Dua buah mesin turbofan GE CF6-80C2K1F yang terpasang pada XC-2 memberikannya daya dorong total 532
kN. Kecepatan maksimum XC-2 adalah 890 km/jam dan jangkauan hingga 10.000 km dengan penerbangan feri.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
43,9 m |
44,4 m |
14,2 m |
60,8 ton |
USD 120 juta |
Airbus A400M
A400M yang dibuat oleh Airbus Military merupakan salah satu pesawat angkut militer
turboprof tercanggih di dunia. Saat ini
A400M
menjadi pesawat angkut yang paling fleksibel dan dimaksudkan untuk
menggantikan pesawat Hercules C-130 dan Transall C-160. A400M dapat
membawa muatan hingga 37 ton dengan berat maksimal untuk lepas landas
141 ton.
|
A400M saat dioperasikan di lapangan udara tak beraspal |
A400M terbang pertama kali pada bulan Desember 2009 dan pesawat yang
pertama dikirimkan ke Angkatan Udara Perancis pada bulan Agustus 2013.
Pesawat ini dapat digunakan untuk misi transportasi alat-alat berat,
personel,
air-drop, sebagai pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara dan untuk misi evakuasi medis dan misi bantuan bencana.
Pesawat ini dudukung oleh empat mesin turboprof EuroProp International
TP400-D6 yang memberikan tenaga bagi dua pasang baling-baling yang
berbilah delapan. Saat terbang feri, pesawat ini mampu mencapai jarak
8.700 km dan kecepatan jelajah maksimumnya 555 km/jam.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
45,1 m |
42,4 m |
14,7 m |
76,5 ton |
USD 207 juta |
Ilyushin Il-76 (TD)
Ilyushin Il-76 (Kode NATO: Candid) dikembangkan oleh Ilyushin Aviation
Complex, mampu lepas landas dengan berat maksimum 210 ton termasuk 60
ton muatannya. Pesawat ini utamanya dioperasikan oleh Angkatan Udara
Rusia, Ukraina, India dan Iran.
|
Ilyushin Il-76TD pertama Iran melakukan misi "bom air" saat pameran udara Iran Kish tahun 2012. Gambar: Shahram Sharifi |
Ilyushin Il-76 terbang pertama kali pada bulan Maret 1971 dan mulai
digunakan oleh Angkatan Darat Uni Soviet pada bulan Juni 1974. Beberapa
varian angkut militer Il-76 antara lain adalah Il-76MD, Il-76MD-90,
Il-76MD-90A dan Il-76MF.
Il-76 varian standar didukung oleh empat mesin turbojet D-30KP,
sedangkan Il-76 terbaru (upgrade) dilengkapi dengan empat mesin turbojet
PS-90A-76 yang masing-masing menghasilkan daya dorong 156,9 kN.
Kecepatan pesawat ini bervariasi mulai dari 770 km/jam hingga 850 km/jam
tergantung dari varian.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
46,59 m |
50,5 m |
14,76 m |
92,5 ton |
? |
Y-20 dikembangkan oleh Xi'an Aircraft Industrial Corporation untuk
Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) China, adalah pesawat
angkut strategis terbesar yang pernah dibangun oleh China. Bobot
maksimal untuk lepas landas adalah 220 ton dan dapat membawa muatan
hingga 60 ton.
|
Xian Y-20, pesawat angkut militer terbesar yang pernah dibangun China. Gambar: Khalidshou |
Proyek Y-20 diluncurkan pada tahun 2006 dan prototipe pertama terbang
pertama kali pada Januari 2013. Pesawat ini diharapkan untuk
dioperasikan PLAAF pada tahun 2017.
Mesin prototipe Y-20 (saat ini) terdiri dari empat mesin turbofan
D-30KP-2 atau WS-18, sedangkan untuk pesawat produksi akan menggunakan
mesin turbofan WS-20.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
47 m |
45 m |
15 m |
100 ton |
? |
Antonov AN-22 Antei
AN-22 Antei yang dikembangkan oleh Antonov saat ini dioperasikan oleh
Resimen Penerbangan Transportasi Militer Rusia. Bobot maksimum untuk
lepas landas adalah 225 ton dan mampu mengangkut muatan hingga 60 ton.
|
Antonov AN-22 Angkatan Udara Rusia di Tver. Gambar: Sergey Krivchikov |
AN-22 terbang pertama kali dari lapangan terbang Svyatoshin pada bulan
Februari 1965. Sebanyak 66 AN-22, termasuk varian AN-22A sudah
diproduksi sejak tahun 1976. Untuk mengakomodasi kargo besar, pesawat
ini dilengkapi dengan kompartemen kargo yang luas dengan volume 638.8
m3.
Pesawat yang bermesin turboprof ini dilengkapi dengan empat mesin
Kuznetsov NK-12mA yang menggerakkan empat baling-baling. Kekuatan mesin
ini memberikan AN-22 kecepatan hingga 740 km/jam dan jangkauan 5.250 km.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
57,9 m |
64,40 m |
12,53 m |
114 ton |
? |
A330 MRTT
A330 MRTT (Multi Role Tanker Transport), dibangun berdasarkan pesawat
komersial A330, merupakan pesawat generasi baru dari Airbus Military
untuk misi angkut militer dan misi pengisian bahan bakar di udara. Bobot
maksimum untuk lepas landas adalah 233 ton dan cocok untuk misi
angkutan khusus yang melibatkan muatan hingga 45 ton.
|
A330 MRTT digunakan Angkatan Udara Saudi Arabia sejak Februari 2013 |
A330 MRTT mulai digunakan sejak bulan Juni 2007, dan hingga kini baru 17
pesawat yang diguanakan oleh empat angkatan udara di dunia (AS,
Australia,
UEA dan Saudi Arabia).
A330 MRTT dapat mengunakan dua mesin turbofan General Electric
CF6-80E1A3, Rolls-Royce Trent 772B atau Pratt & Whitney PW 4168A.
Kecepatan 880 km/jam dan jangkauannya 14.800 km.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
58,8 m |
60,3 m |
17,4 m |
125 ton |
? |
C-17 Globemaster III adalah pesawat angkut militer yang dikembangkan
oleh McDonnell Douglas (sekarang Boeing) untuk Angkatan Darat Amerika
Serikat. Pesawat ini mampu mengangkut beban berat dan besar ke lapangan
udara kecil di daerah terpencil. Bobot maksimum untuk lepas landas
adalah 265,3 ton dan kapasitas muatan hingga 74,7 ton.
|
C-17 Globemaster III mampu membawa muatan hingga 74,7 ton. Gambar: Zachary Wolf, US Air Force. |
C-17 pertama digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat pada Januari 1995.
Boeing telah membuat lebih dari 259 unit C-17 ke 36 pelanggannya di
seluruh dunia. Pesawat ini juga ambil bagian dalam Operation Joint
Endeavor dan Allied Operation di Kosovo.
C-17 dilengkapi dengan empat mesin turbofan Pratt & Whitney PW2040,
yang menghasilkan daya dorong masing-masing 180 kN yang menjadikannya
mampu terbang dengan kecepatan jelajah 830 km/jam. Jangkauan maksimum
dengan beban total adalah 10.390 km.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
53 m |
51,75 m |
16,8 m |
128,1 ton |
USD 218 juta |
C-5M Super Galaxy
C-5M Super Galaxy diproduksi oleh Lockheed Martin, merupakan pesawat
angkut militer terbesar yang digunakan oleh Angkatan Udara AS. Ini
merupakan versi upgrade dari pesawat C-5 Galaxy dan dapat terbang dengan
bobot maksimum 381 ton termasuk muatan 129,2 ton di dalamnya. C-5M
dapat mengangkut lima helikopter sekaligus.
|
C-5M Super Galaxy di Pangkalan Udara Dover. Gambar: Greg L. Davis, US Air Force. |
C-5 Galaxy pertama mulai digunakan Angkatan Udara AS pada tahun 1970,
sedangkan C-5M baru mulai digunakan pada tahun 2009. C-5M berdimensi
panjang 75,5 m dan tinggi 19,8 m, dan muatan dapat dibongkar dan
dimasukkan dengan cepat dari depan dan belakang secara bersamaan.
Mesinnya terdiri dari empat mesin turbofan GE CF-80C2 yang masing-masing
memberikan daya dorong 225 kN. C-5M Super Galaxy dapat terbang dengan
kecepatan jelajah 834 km/jam dengan jangkauan maksimum 9.723 km.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
75,53 m |
67,91 m |
19,84 m |
172,37 ton |
? |
Antonov AN-124 Ruslan
AN-24 Ruslan (Kode NATO: Condor), dikembangkan oleh Antonov, merupakan
pesawat angkut militer terbesar di dunia berdasarkan bobot maksimal
untuk lepas landasnya yang mencapai 392 ton. AN-124 mampu mengangkut
muatan hingga 120 ton dan mampu mengangkut kargo berat dan berukuran
besar dan berbagai kendaraan tempur.
Pesawat ini yang mengirimkan Sukhoi pesanan Indonesia dari Rusia
|
Antonov AN-124 Ruslan merupakan pesawat dengan bobot lepas landas terbesar di dunia. Gambar: Sergey Kustov |
AN-124 Ruslan pertama kali terbang pada bulan Desember 1982. Pesawat ini
memiliki kompartemen kargo 20% lebih besar dari C-5 Galaxy. Pintu kargo
depan dan dan belakangnya memastikan pemuatan dan penurunan kargo berat
dan besar dengan cepat.
Pesawat ini didukung oleh empat mesin turbofan Ivchenko Progress D-18T
yang masing-masing memberikan daya dorong 229,85 kN. Landing gear
multi-roda AN-124 menjadikan pesawat ini mampu dioperasikan di landasan
pacu tak beraspal. Pesawat ini memiliki kecepatan jelajah 800 km/jam
hingga 850 km/jam dan jangkauan 7.500 km.
Panjang |
Rentang Sayap |
Tinggi |
Berat kosong |
Harga |
69,1 m |
73,3 m |
20,78 m |
175 ton |
? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar