Gunawan Perangin-angin adalah sosok ayah
yang begitu sayang terhadap buah hati. Pria yang berkecimpung di dunia
PNS dan workshop modifikasi ini ingin mencontohkan kepada Moreno Arvillo
Perangin-angin yang baru berusia 1 tahun tentang dunia yang positif,
yaitu modifikasi. Meskipun terlalu dini, namun Moreno begitu antusias
terhadap modifikasi yang dibuat ayahnya.
“Sejak 15 tahun lalu ketika saya masih
SLTP, saya sudah gemar memodifikasi mobil, oleh karna itu ketika
sekarang mempunyai anak, saya sangat ingin anak saya juga nantinya
mempunyai minat dan hobi di bidang modifikasi mobil. Karena dunia
modifikasi adalah hal yang positif buat anak, daripada melakoni hobi
negatif. Saya ingin nantinya ketika anak saya sudah mengerti mobil akan
melihat foto dia sewaktu berusia satu tahun sudah saya buatkan mobil
yang dimodifikasi,” cerita Gunawan.
Nantinya Gunawan juga sudah menyiapkan
Moreno untuk dapat meneruskan usaha bengkel dan rumah modif SIMPLE Auto
Shop yang sudah dijalankan olehnya selama 6 tahun lamanya.
Aliran Modifikasi Niger style
Untuk aliran modifikasi pada Toyota
Fortuner miliknya, Gunawan menyebutnya Niger Style yang memiliki aura
serba glamour. “Niger Style mengacu pada aliran DUB, dimana Big SUV yang
menggunakan velg gede, mesin gahar dan audio kenceng. Alasannya karena
aliran ini eyecatching, fungsional dan masih dapat dipergunakan sebagai
kendaraan harian,” ungkap Gunawan.
Putar Otak Biar Jadi Trendsetter
Perjalanan dalam membangun mobil Niger
Style terbilang tak mulus, lantaran ayah dari Moreno ini terkendala part
modif yang belum banyak di Tanah Air. “Harus memutar otak agar hasilnya
tidak norak dan tetap fungsional. Selain itu part-part modif-nya belum
terlalu banyak di Indonesia, sehingga aksesoris dan part racing harus
diorder sebagian dari Thailand,” tukas pria yang hobi musik.
Namun setelah mobil jadi, Gunawan senyum
sumringah lantaran ia mengaku Toyota Fortuner miliknya menjadi salah
satu trendsetter modifikasi Toyota Fortuner di Medan, belum lagi ada
kebanggan tersendiri ketika mobilnya tampak berbeda di kontes modifikasi
maupun drag race.
Tepis Anggapan Si Kebo Loyo
Engine dan kaki-kaki jadi fokus Gunawan,
karena ia ingin tepis anggapan miring. “Toyota Fortuner diesel dalam
dunia maya disebut sebagai kebo karena body besar, dan tenaga mesin loyo
sudah dapat ditepis dengan pembuktian bahwa fortuner diesel dapat
dimaksimalkan tenaga mesinnya sampai 100%. Dikaki-kaki Toyota Fortuner
dikenal limbung dan bantingan tidak nyaman, hal itu juga saya hilangkan
dengan memodifikasi sektor kaki-kaki,” ucapnya.
Walhasil ruang mesin tak hanya enak
dilihat, tapi berkat sejumlah penambahan dan ubahan seperti
penyempurnaan turbo, penggunaan intercooler, manipulasi ECU dan lainnya,
membuat tenaga mobil ini melejet hingga 170 HP. Bahkan Gunawan sedang
melakukan proses peningkatkan menjadi stage 2 untuk mengejar angka 300
HP lebih. Tak hanya itu saja, Best Engine dan Best Undercarriage juga
diraih ketika kontes berkat kejelian Gunawan membangun mobil.
Audio Jernih Dan Lantang
Bermusik sudah menjadi hobi Gunawan,
sementara lagu jazz dan Rock Metal adalah genre yang disenanginya. Untuk
mengakomodir hal tersebut, tak lupa disematkan sistem audio yang
mumpuni di dalam Toyota Fortuner, sedangkan untuk aliranya adalah Sound
Quality Loud (SQL).
“Hal spesial dari suara audio saya ialah
suara vocal yang dihasilkan speaker 3-way DLS sangat jernih dan lantang
sehingga suara vocal penyanyi dan instrumen-nya dapat jelas terdengar.
Begitu juga dengan dentuman bass yang dihasilkan subwoofer Rockford
Fosgate 12 inchi tidak kalah bagusnya,” tutup Gunawan.
Spek
Engine : 2KD-FTV, Turbo OEM 1KD,
Intercooler APEX’i, Custom Piping Intercooler, Piggyback ECU Shop,
Throttle Controller ECU Shop Boost Speed, ECU Shop Monster Gauge, Boost
Controller Turbosmart, HKS Circle Earth Ground Wire, XCS Ver 3, EGR
Deleted, Oilcacth Tank D1-spec, Open Filter K&N, Radiator Guard
Perfoma, Oil Cap TRD, Porting Polish, Radiator Hose Greddy, Brake Line
GReddy, Silicon Hose Vacum, Downpipe Kansai, Exhaust System 2,5 inch
Matola, Mufller HKS.
Undercarriage : Wheel Baccart 24 x 9,5 inchi ET 25 Custom Warp Batik, Nexen 295/35R24, Shock Amada Extrim, Lowering Kit Eibach Prokit, Strutbar OptimaX (chrome), Underbrace OptimaX (chrome), Swaybar optimaX (chrome), Gardan Guard Custom, Brake OEM with Nissei Brake Racing Pad, Goodridge Steal Brake Line, Cover Brake Brembo, Oil Tank Custom, Custom Chrome Undercarriege.
Exterior : Bodykit Custom, Stoplamp JDM, Deflecta EGR, Philips HID 6000K, Philips HID 8000K, Cutting Sticker Gradation, Whelen Strobe Grill.
Interior : Leather Seat DLO Italy, Pedal Set Sparco, Silplate Sport, Emblem Stir Swarovski, Karpet Confort, Wakelen Sirine.
Audio : Head unit OEM, Subwoofer Rockford Fosgate 12 inch, Speaker 3-way DLS UR36, Power Venom VD2600S, Power Venom 4.100, Capbank Venom 2F, Custom Passive Crossover, Speaker Pioneer, Kabel Venom, RCA Thru Technology.
Undercarriage : Wheel Baccart 24 x 9,5 inchi ET 25 Custom Warp Batik, Nexen 295/35R24, Shock Amada Extrim, Lowering Kit Eibach Prokit, Strutbar OptimaX (chrome), Underbrace OptimaX (chrome), Swaybar optimaX (chrome), Gardan Guard Custom, Brake OEM with Nissei Brake Racing Pad, Goodridge Steal Brake Line, Cover Brake Brembo, Oil Tank Custom, Custom Chrome Undercarriege.
Exterior : Bodykit Custom, Stoplamp JDM, Deflecta EGR, Philips HID 6000K, Philips HID 8000K, Cutting Sticker Gradation, Whelen Strobe Grill.
Interior : Leather Seat DLO Italy, Pedal Set Sparco, Silplate Sport, Emblem Stir Swarovski, Karpet Confort, Wakelen Sirine.
Audio : Head unit OEM, Subwoofer Rockford Fosgate 12 inch, Speaker 3-way DLS UR36, Power Venom VD2600S, Power Venom 4.100, Capbank Venom 2F, Custom Passive Crossover, Speaker Pioneer, Kabel Venom, RCA Thru Technology.
http://www.seputarotomotif.com/2697/modifikasi-toyata-fortuner-aura-serba-glamor.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar