Karakteristik dan ciri khas tersendiri
memang membuat Subaru lebih ‘stand out’ diantara merek-merek Jepang
lainnya. Salah satu yang membuatnya paling menonjol adalah kehadiran
mesin boxer serta sistem pengerak 4 roda yang menjadi perangkatstandar
dari Subaru XV, terlebih harga yang dibandrol cukup kompetitif bahkan
dibawah para rival-rivalnya.
Seperti halnya crossover, Subaru XV
memiliki style ground clearance yang lumayan tinggi, lebih dari itu
ternyata ia mengganut basis dari Impreza yang memiliki karakteristik
sport, so dapat dipastikan efek fun to drivenya yang cukup tinggi. Oh
yah, ini merupakan kali pertamanya kami merasakan jajaran keluarga
Subaru dan jelas rasa penarasan berada dibalik kemudi menjadi modal kuat
untuk mencicip performanya.
Desain
Secara desain karakteris garis tegas
cukup ditonjolkan oleh pada sisi body bahkan sampai kap mesinnya.
Seakan-akan Subaru ingin mengambarkan ketangguhan serta kemampuan XV
melalui gambaran visaul pada sisi body-nya. Refleksi dari Impreza cukup
tergambarkan dengan jelas melalui tampilan headlamp serta desain grill,
hanya bagian belakang beserta stop-lamp yang jelas berbeda karena
penyesuaian karakteristik yang diembannya sebagai SUV Crossover.
Tampilan kokoh terlihat dari penyematan
Velg alloy 17 inci yang memiliki desain menarik didominasi warna gelap.
Serentak hal ini pun menambah kesan macho sekaligus mempertegas jati
dirinya. Cukup dengan sedikit tampilan luar giliran kita masuk melihat
sisi interiornya.
Lagi-lagi dominasi permainan warna gelap
turut diusung Subaru. Mulai dari sisi dashboard, jok hingga doortrim
semuanya terbungkus warna single tone. Tatanan dasboard juga terlihat
minimalis tanpa banya perangkat atau fitur yang melekat di sisi-sisinya,
namun begitu kesan ergonomis yang memberikan kemudahan bagi
pengendaranya ditonjolkan melalui beberapa tombol fungsi layakanya
audio, voice command bahkan hingga fitur cruise control.
Bicara kenyamanan dalam hal berkendara,
Subaru membuktikannya dari sisi visibilitas yang cukup lapang hingga
memeberikan pandangan tanpa halangan. Sedikit miris memang bila melihat
desainnya apalagi menyangkut Subaru XV ini merupakan mobil CBU Jepang,
namun begitu ternyata banyak fitur-fitur canggih di dalamnya yang memang
sengaja tak semuanya ditonjolkan, terlebih menyangkut soal performa dan
kemampuannya, ini lah menjadi kunci utama dari Subaru XV.
Performance
Datang dengan mesin khasnya, Boxer 2.0
yang bersanding dengan trasnmisi CVT, Subaru XV diklaim mmapu
mengantarkan tenaga hingga 150 hp @6.200 rpm serta torsi 196 Nm @4.200
rpm. Tenaga ini cukup besar bagi seukuran XV yang memiliki struktur
layaknya hatchback.
Karkateristik unik dari mesinnya ada
pada peletakan sisi pistonnya yang tak seperti mesin mobil umumnya yang
secara vertikal tapi secara horisontal hingga 180 derajat. Hal ini
diyakini oleh para teknisi agar distribusi bobot jatuh secara merata
yang kemudian disambungkan dengan pengerak All-Whell Drive mampu
memberikan sisi efesiensi berkendara dengan tenaga mesin yang tersalur
lebih maksimal ke roda hingga menyumbang efisiensi pemakaian bahan
bakar, dengan penggunaan transmisi CVT yang disebut Subaru sebagai
Lineartronic karena kemampuannya meneruskan torsi mesin spontan ke roda.
Saat menjajal pertamakali hampir tak ada
beda dengan kebanyakan mobil matik lainnya, ups … jangan kaget,
kteristik dari kemudi juga sedikit berat yang membuat orang akan sedikit
mengeluh saat pertama kali mengendarainya, dan merasa nikmat kemudian
karena begitu menancap gas lebih dalam atau melaju dikecepatan tinggi
mobil jauh lebih stabil untuk urusan handling. Bila ingin lebih
responsif, silakan mainkan mode manual 6 percepatan yang membuat lajunya
kian maksimal.
Meraih dari titik 0 -100 km/jam hanya
memakan waktu kurang lebih 10 detik, sedangkan saat menjajal dikecepatan
tinggi tenaga terasa tak putus alias terus mengisi. Perpindahan gigi
yang halus handling yang smooth membuat kami cukup kagum dalam
mengendarainnya, meski minim efek limbung tapi gejalan ‘goyang ringan’
masih terasa saat bermanuver dikecepatan tinggi, mungkin hal ini
diakibatkan dari jati diri sebagai SUV Crossover yang memiliki dimensi
ground clearance lumayan tinggi. Sayang kami tak menemukan medan yang
cocok untuk mengujinya di habitat sejati crossover.
Comfort
Sisi kenyamanan rasanya sudah ditunjukan
mulai saat masuk ruang kabin, baik dari kebutuhan pengemudi melalui
visibilitas yang lapang, ruang yang lega serta kemudahan dalam hal
pengoprasian fitur melalui tombol yang telah tersedia di gagang kemudi.
Kelebihan lain meski dimensi yang tak
terlalu besar namun penumpang di baris ke-2 pun masih dapat duduk dengan
nyaman apa lagi dengan tersedianya beberapa cup holder serta
konfigurasi jok belakang yang dapat dilipat terpisah 60:40 hingga
praktis kala membawa barang berlebih serta bagasi lapang yang berguna
menampung barang bawaan saat melakukan perjalan jauh atau bahkan saat
menemani keluarga belanjan bulanan.
Fitur
Meski tampilanya terlihat tak begitu
mewah, namun pada kondisi standar XV sudah memiliki fitur cukup baik.
Sebut saja jok kulit, audio bermonitor, GPS, koneksi BlueTooth, cruise
control, climate control, serta MID serta kamera mundur. Bahkan bila
lebih mendalam dibedah banyak fitur-fitur serta teknlogi tinggi yang
memang tak terlihat.
Price
Dengan segala keunggulanya, Subaru
membandrol XV dengan kisaran harga mencapai Rp 365 juta. Harga yang
cukup kompetitif bila mengingatnya sebagai mobil CBU yang memiliki
kemampuan cukup tangguh baik dari sisi performa serta fungsinya yang tak
hanya dapat dijadikan sebuah saran transportasi saja melainkan
menunjang lifestyle dari penggunannya.
http://www.seputarotomotif.com/2813/subaru-xv-2-0l-style-ground-clearance.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar