Airbus A340 adalah pesawat jarak jauh dengan 4 mesin dan berbadan lebar yang diproduksi oleh Airbus. Kapasitas penumpangnya sekitar 261 sampai 380 orang dan jangkauan jelajahnya antara 6.700 sampai 9.000 NM (12.400-16600 Km). Ini sama dengan desain A330 dengan dua mesin.
Pesawat ini memiliki 4 varian dan diluncurkan dengan fungsiyang berbeda. A340-200 dan A340-300 diluncurkan pada tahun 1987 untuk penggunaan pada bulan maret 1993. A340-500 dan A340-600 diluncurkan pada tahun 1997 untuk penggunaan pada 2002. Semua varian ini tersedia sebagai corporate-jet oleh Airbus Executive and Private Aviation.
Satu dari dua versi A340, A340-200 dengan 261 penumpang dalam 3 kelas kabin memiliki jangkauan jelajah 7.450 NM (Nautical Miles) atau setara dengan 13.800 Km. Ini tipe yang paling pendek dari tipe yang ada dan hanya tipe ini yang mempunyai lebar sayap yang lebih besar dari pada panjang pesawat itu sendiri. Pesawat ini digerakkan oleh 4 mesin CFMI CFM56-5C4.
Pesawat ini memiliki 4 varian dan diluncurkan dengan fungsiyang berbeda. A340-200 dan A340-300 diluncurkan pada tahun 1987 untuk penggunaan pada bulan maret 1993. A340-500 dan A340-600 diluncurkan pada tahun 1997 untuk penggunaan pada 2002. Semua varian ini tersedia sebagai corporate-jet oleh Airbus Executive and Private Aviation.
Satu dari dua versi A340, A340-200 dengan 261 penumpang dalam 3 kelas kabin memiliki jangkauan jelajah 7.450 NM (Nautical Miles) atau setara dengan 13.800 Km. Ini tipe yang paling pendek dari tipe yang ada dan hanya tipe ini yang mempunyai lebar sayap yang lebih besar dari pada panjang pesawat itu sendiri. Pesawat ini digerakkan oleh 4 mesin CFMI CFM56-5C4.
A340 pertama kali diluncurkan pada Juni 1987. Ia didesain sama dengan twin engined A330. keduanya sama pada sayap, struktur rangka badan, dengan meniru daru avionic lanjutan dan teknologi komposit struktur yang dikembangkan untuk A320.
Keduanya A330 dan A340 dirakit di Toulouse-Blagnac Prancis. Empat mesin A340 disiapkan untuk penerbangan jarak jauh.
Sultan Brunei memesan satu tipe dari mesin ini. Ia memesan untuk jarak no-stop 8.000 NM (14.820 Km). A340-8000 mengalami peningkatan kapasitas bahan bakar dan perubahan kecil reinforcements ke undercarriage. setelah selesai, jarak finalnya dispesifikasikan pada 8.100 NM (15.000 Km). Itu berarti tenaga mesin yang dibutuhkan sebesar 34,000 lbf (151 kN) thrust CFMI CFM56-5C4s mirip dengan-300E.
A340 dimaksudkan untuk dapat menggunakan mesin superfan baru dari International Aero Engines, tapi sayangnya kemudian pengembangan mesin tersebut terhenti.
Saat pertama kali terbang pada 1991, teknisi mesin mencatat bahwa pada sayap tidak cukup kuat untuk membawa mesin di luar daya kecepatan tanpa warping dan fluttering. Untuk mengatasi hal itu, pada tonjolan di bawah sayap yang disebut dengan plastron, dikembangkan untuk mengatasi masalah aliran udara di sekitar mesin dan pylons dan untuk menambah kekuatan. A340 mulai dimodifikasi untuk penerbangan komersial pada tahun 1993 pada maskapai Lufthansa dan Air France.
A340 memiliki beberapa fitur dengan fully digital fly by wire flight control system. Ia juga menggunakan joystick. Joystick diletakkan pada sebelah kiri (pilot) dan satu pada sebelah kanan (co-pilot). Cockpit A340 mirip dengan A320. Cockpit yang digunakan pada fitur CRT berbasis glass cockpit displays yang didasarkan pada A340-200 dan A340-300 dan saat ini didasarkan pada LCD display. beberapa struktur komposit utama juga digunakan
Cabin A340 juga cukup lapang, sehingga nyaman bagi penumpang
A340 sebenarnya memiliki 2 dapur di sini saya berikan salah satu gambarnyaToiletnya kayaknya ga kalah sama hotel berbintang
Berikut ini adalah spesifikasi Airbus A340 and series:
A340 adalah pesawat jet komersial pertama yang mengijinkan penumpang untuk menggunakan telepon selular selama peerbangan. Pada maret 2008, Emirates Airlines memperkenalkan sistem yang mengijinkan penumpang untuk melakukan panggilan keluar dengan handphone mereka. Fasilitas ini tidak disediakan pada saat pesawat akan mendarat dan lepas landas demi keamanan bersama.http://adipedia.wordpress.com/2009/06/14/airbus-a340-and-series/#more-326
Tidak ada komentar:
Posting Komentar