Sabtu, 01 Agustus 2015

Batu Akik Bawang (Chrysoprase)

Batu akik bawang (Chrysoprase atau chrysophrase untuk bahasa inggrisnya) adalah salah satu batu dari keluarga chalcedony yang paling berharga. Nilai kerasnya 7 dalam daftar keras Mohs, sama seperti batu akik (agate). Batu ini hangat dan komposisi batu ini hampir semuanya terdiri dari silicon dioxide. Batu akik bawang berwarna hijau-apel tapi ada juga yang berwarna hijau gelap. Batu akik bawang termasuk dalam keluarga batu yang mudah terpengaruh jika terkena cahaya karena bisa luntur warnanya, tetapi jika disimpan kembali di tempat yang dingin biasanya warna dan kilauannya akan pulih kembali. Jika batu zamrud warna hijaunya disebabkan oleh unsur kromium di dalamnya, batu akik bawang disebabkan oleh unsur nikel. Kalau batu ini dicelup dalam nikkelvitriool atau disisipkan dalam tanah yang lembab warnanya menjadi putih seperti sediakala. Kualitas terbaik batu-batu akik bawang berasal dari Queensland, Australia. Tempat lainnya antara lain Brazil, Czechoslovakia, Austria, Amerika dan Rusia.

Batu Akik BawangKegunaan atau manfaat
Batu akik bawang dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Berguna jika dipakai oleh orang yang banyak bekerja menggunakan otak.
2. Mengusir hawa-hawa negative dan mencegah kesedihan yang mendalam.
3. Mencegah stress dan membantu konsentrasi pikiran dalam menjalankan tugas.
4. Memperkuat jantung atau menyehatkan mata.
5. Meningkatkan kepercayaan diri.
6. Membawa keberuntungan (jika dipakai).
7. Jika diletakkan di jendela atau pintu kamar akan melindungi tidur anda.
8. Dipercayai jika diletakkan di bawah kasur atau bantal bisa membuat tubuh dan pikiran anda tenang dan tidak bergerak selagi waktu tidur.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu akik bawang tidak dijadikan batu khusus untuk pemberian di hari peringatan perkawinan tapi dalam dunia astrology atau perbintangan batu akik bawang dihubungkan dengan bintang Gemini.


Sumber :  http://elevenmillion.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar