Bukan cuma "mak Erot" yang bisa bikin "gede", sebelumnya
Uni Sovyet (sekarang pecah menjadi Rusia, Ukraina dan belasan negara
lain) juga pernah melakukannya tapi dalam urusan "menggedekan" pesawat hehe..
Namanya pesawat Antonov An-225 Mriya. Dalam bahasa Ukraina Mriya berarti "mimpi" atau "inspirasi". Pesawat yang mampu terbang dengan membawa beban seberat 250 ton ini dibuat pada tahun 1988 yaitu di era Uni Sovyet dan digadang-gadang sebagai pesawat terbesar di dunia. Antonov An-225 Mriya adalah pesawat kargo (angkut) tapi tujuan awal pembuatannya adalah untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T yang merupakan salah satu proyek antariksa Uni Sovyet.
Namanya pesawat Antonov An-225 Mriya. Dalam bahasa Ukraina Mriya berarti "mimpi" atau "inspirasi". Pesawat yang mampu terbang dengan membawa beban seberat 250 ton ini dibuat pada tahun 1988 yaitu di era Uni Sovyet dan digadang-gadang sebagai pesawat terbesar di dunia. Antonov An-225 Mriya adalah pesawat kargo (angkut) tapi tujuan awal pembuatannya adalah untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T yang merupakan salah satu proyek antariksa Uni Sovyet.
Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991, proyek Buran
yang tidak dilanjutkan lagi. Uni Soviet runtuh dan pecah menjadi 18
negara, salah satunya Ukraina, tempat proyek ruang angkasa Buran
dilakukan. Tak ada lagi Soviet, tak ada lagi kejayaan, tak ada lagi
pendanaan, "Sang Inspirasi" pun terdiam, sunyi di sebuah hanggar
pesawat rongsokan. lebih parah lagi beberapa komponen pesawat dicuri
entah siapa pelakunya, si Mriya itupun hampir kehilangan spiritnya.
Setelah tidak beroperasi selama hampir 8 tahun (sejak 1993). Pada tahun
2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat
yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya CCCP-82060) sampai
sekarang.
Sebenarnya, pesawat ini akan dibuat dua unit. Namun hanya satu yang selesai dan digunakan (nomor ekor UR-82060 ), sedangkan yang kedua dijadwalkan rampung pada tahun 2008 lalu ditunda. Sampai Agustus 2009, pesawat kedua tidak rampung juga dan pengerjaannya telah ditinggalkan.
Sebenarnya, pesawat ini akan dibuat dua unit. Namun hanya satu yang selesai dan digunakan (nomor ekor UR-82060 ), sedangkan yang kedua dijadwalkan rampung pada tahun 2008 lalu ditunda. Sampai Agustus 2009, pesawat kedua tidak rampung juga dan pengerjaannya telah ditinggalkan.
Antonov An-225 Mriya Mengangkut Buran |
Misi-misi Antonov AN-225 Mriya
Sebuah misi baru untuk pertama kalinya sebagai pesawat kargo dilakukan,
terbang dari Stuttgard, Jerman, menuju Thumrait, Oman, pada Januari
2002. Dalam misi pertamanya, tak kurang uang membawa makanan seberat
187,5 ton untuk pasukan militer Amerika Serikat di Timur Tengah. Sukses
menjalankan operasi terbang pertamanya An-225. Antusiasme semua orang
mengawali langkah barunya. Btw, pesawat ini juga pernah
mendarat di LANUD Iswahyudi Magetan untuk membawa 4 pesawat Sukhoi
pesanan Indonesia dari Russia 2008 lalu.
Antonov An-225 Mriya |
Berikut sekilas tentang Antonov Mriya
Fungsi Utama : Pesawat Kargo
Perusahaan : Antonov
Karakteristik umum
Kru: 6
Payload: 250,000 kg
Door dimensions: 440 x 640 cm (14.4 x 21 ft)
Panjang: 84 m
Lebar sayap: 88.4 m
Tinggi: 18.1 m
Luas sayap: 905 m2
Bobot kosong: 285,000 kg
Bobot maksimum lepas landas: 640,000 kg
Mesin: 6× ZMKB Progress D-18 turbofans, 229.5 kN masing-masing
Lari lepas landas: 3.500 m (11,000 kaki) dengan beban maksimum
Kinerja
Laju maksimum: 850 km/h (460 knots, 530 mph)
Laju jelajah: 800 km/h (430 knots, 500 mph)
Jarak jangkau: n/a
Bahan bakar penuh: 15.400 km
Batas tertinggi servis: 11.000 m
Beban sayap: 662.9 kg/m²
Dorongan/berat: 0.234
Sumber : http://www.artileri.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar