Rabu, 06 Januari 2016

GXV-T Darpa: Mereposisi Armor dan Mengelak dengan Cepat


Konsep GXV-T Darpa

DARPA, salah satu dinas Pentagon yang kerap mengonsep teknologi-teknologi aneh, kini meluncurkan konsep baru kendaraan tempur darat yaitu Ground X-Vehicle Technology (GXV-T).

Salah satu tujuan utama dari program GXV-T DARPA ini adalah meningkatkan survivabilitas kendaraan tempur darat dengan cara meningkatkan kelincahannya. Semakin lincah kendaraan maka akan semakin mampu menghindar dari ancaman yang masuk, baik dengan cara mengelak dengan cepat, atau dengan mengkonfigurasi ulang kendaraan sehingga probabilitas hantaman atau penetrasi ancaman yang masuk menjadi rendah tanpa menjadikan kru di dalamnya celaka.

Video konsep dari DARPA ini mengilustrasikan tiga dari beberapa potensi pertahanan diri GXV-T, yaitu mereposisi armor, hentakan akselerasi, dan suspensi unik yang memungkinkannya bertahan atau menghindar dari ancaman yang masuk.


Keselamatan kendaraan tempur darat dan para awaknya sangatlah ditentukan dari lapisan armor dan manuvernya. Tingkat atau lapisan armor yang dibutuhkan untuk melindungi dari ancaman saat ini telah menjadikan bobot kendaraan bertambah dan tidak juga efektif bertahan dari serangan yang terus menerus. Sedangkan konsep GXV-T merupakan tekonologi revolusioner yang minim menggunakan armor, sukar terdeteksi, dan menghindar atau bertahan dengan cepat dari serangan musuh. Di masa depan, ukuran kendaraan ini mungkin kecil, lincah dan cepat sehingga efisien dan efektif dalam situasi pertempuran yang bervariasi dan tidak terduga.


Sumber :  http://www.artileri.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar