Senin, 04 April 2016

Inggris Bangun Kapal Selam Nuklir Kelas Astute yang Keenam

Kekuatan armada kapal selam Kerajaan Inggris akan bertambah signifikan seiring dengan dimulainya proses perakitan Agamemnon, kapal selam Angkatan Laut Inggris dari kelas Astute. Bagian lunas, yang merupakan bagian pertama dari pembangunan sebuah kapal, sudah diletakkan dan diresmikan dalam sebuah upacara di galangan kapal BAE Systems Inggris oleh Menteri Pertahanan Philip Dunne.

Kementerian Pertahanan Inggris juga mengumumkan bahwa dua kapal selam pertama dari tujuh kapal kelas Astute, yaitu HMS Astute dan HMS Ambush, saat ini hampir merampungkan uji coba laut mereka yang lama dan telah diserahkan kepada Angkatan Laut Inggris untuk segera dioperasikan.
HMS Ambush
HMS Ambush saat uji coba laut pada September 2102 (Photo: LA(Phot) Stu Hill/MOD)

Tujuh kapal selam kelas Astute dibuat untuk Angkatan Laut Inggris guna menggantikan kapal-kapal selam kelas Trafalgar.

Kapal selam kelas Astute memiliki daya tembak yang lebih besar, perlengkapan komunikasi canggih, lebih "silent" dibanding pendahulu-pendahulunya dan sulit untuk dideteksi oleh radar/sonar.

Karena bertenaga nuklir, kapal selam kelas Astute tidak perlu mengisi bahan bakar setidaknya untuk 25 tahun. Kapal selam ini juga tidak perlu muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen, karena sistem canggihnya sudah bisa memurnikan air dan udara. Jangkauan kapal selam ini tidak memiliki batasan, yang membatasinya hanyalah pasokan makanan untuk tiga bulan untuk 98 krunya atau merapat kembali ke pangkalan untuk perawatan.

HMS Astute dan HMS Ambush adalah kapal selam pertama dari kelasnya yang sudah diterima oleh Komando Angkatan Laut Inggris, yang bertanggung jawab untuk semua operasi yang dilakukan oleh Angkatan Laut Inggris.

Tiga kapal selam berikutnya dari kelas Astute adalah HMS Artful, HMS Audacious dan HMS Anson semuanya masih dalam tahap pembangunan, dan peletakan lunas untuk Agamemnon berarti menandai tonggak kunci keberhasilan untuk program tersebut.
BAE Systems Maritime Submarines (BAES (MS)) diserahi tanggung jawab oleh Angkatan Laut Inggris untuk membangun tujuh kapal selam kelas Astute dan juga bertanggung jawab merancang penerus kapal selam kelas Vanguard, yang nantinya akan membawa perisai nuklir Inggris.

Kementerian Pertahanan Inggris telah menyetujui kontrak baru dengan BAES (MS) yang tidak hanya akan mempertahankan lapangan pekerjaan kepada ribuan karyawannya di saat krisis ekonomi, tetapi juga ditujukan untuk menurunkan biaya pembangunan kapal selam di masa depan.

Spesifikasi Kasel Kelas Astute
Bobot
7.400 ton (terendam)
Panjang
97 meter
Lebar
11,3 meter
Draft
10 meter
Propulsi
- Rolls-Royce PWR2 reactor (with full submarine life core)
- MTU 600 kilowatt diesel generators
Kecepatan
29 knot (54km/jam)
Jangkauan
Hanya dibatasi oleh pasokan logistik dan perawatan
Kru
98 (total 109)
Sensor- Thales Sonar 2076
- Atlas DESO 25 echosounder
- 2 x Thales CM010 optronic masts
- Raytheon Successor IFF
Persenjataan
6 tabung torpedo 533 mm dengan mampu membawa hingga 38 senjata:
- Rudal jelajah Tomahawk Blok IV
- Torpedo kelas berat Spearfish

Tidak ada komentar:

Posting Komentar