Rabu, 16 April 2014

Ini Kecanggihan Radar Buatan Indonesia

Headline

Radar ADS-B (Automatic Dependent Surveillance Broadcasting) buatan Indonesia yang canggih dipercaya amankan KTT APEC, Nusa Dua Bali.
Menurut Business and Management Consultant Asia Star, Wakijan, radar ADS-B dikembangkan oleh Asia Star bekerjasama dengan MPG Grup.

Radar buatan Indonesia ini cukup istimewa karena mampu memonitor pergerakan pesawat mulai dari pesawat start engine (transponder ON) sampai mendarat dan kembali ke apron (transponder OFF).

"Dan semua data text serta tampilan 3D (3 dimensi) lengkap dengan grafik dan koordinatnya sehingga semua penerbangan dapat tercatat dan terekam secara dokumen (text) dan visual (video)," terangnya kepada INILAH.COM, Sabtu (05/10/2013).

Radar ini, lanjutnya, sangatlah berguna dalam mengatur arus lalu lintas dirgantara yang cukup ramai selama KTT APEC di Bali. Terbukti beberapa kali petugas Airnav (Air Navigation) Indonesia memonitor sejumlah pesawat delegasi luar negeri melalui radar ADS-B. "Pesawat yang membawa pejabat penting luar negeri, sudah bisa kita monitor dari jauh. Laporannya cukup akurat dan komplit," paparnya.

Hari ini, ungkap Wakijan, beberapa pesawat asing yang sudah landing diantaranya berasal dari Papua Nugini, Taiwan, China, Meksiko dan Hongkong. Sedangkan delegasi Rusia belum Nampak. Dijadwalkan besok.

Keunggulan lainnya, terang Wakijan, radar ADS-B ini menyediakan cadangan atau back up satu unit kepada pembeli atau pemakainya. Apabila radar induk mengalami trouble maka radar cadangan bisa menggantikan fungsinya secara otomatis.

"Jadi, operasional radar lebih terjamin ready setiap saat. Selain itu, penggunaan radar ADS-B tidak perlu alat bantu di pesawat yang harganya mahal," tukasnya.[man]


http://nasional.inilah.com/read/detail/2035775/ini-kecanggihan-radar-buatan-indonesia#.UzLV2l6fN5U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar