Jumat, 17 Februari 2012

Pianis Jazz Legendaris Indonesia Bubi Chen Tutup Usia

Semarang - Maestro jazz Indonesia, Bubi Chen dikabarkan tutup usia pada Kamis (16/2) pukul 19:05 WIB di ruang Unit Gawat Darurat, Rumah Sakit Tlogorejo, Semarang. Usianya 74 tahun.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Rolling Stone di lapangan, Bubi Chen sempat tak sadarkan diri pada pukul 16:00 WIB saat berada di kamar di kediamannya. Kerabatnya yang berada di rumah kemudian segera menghubungi RS Tlogorejo untuk meminta dijemput ambulans.

Sesampainya di UGD rumahsakit tersebut, dokter yang menangani, Prof. dr. Dharmono menyatakan Bubi Chen tidak bisa tertolong lagi oleh karena disebabkan mengalami gagal jantung.

Hingga berita ini diturunkan, jenazah Bubi Chen masih berada di UGD. Sementara kerabat keluarga yang berada di Surabaya kini dikabarkan sedang menuju ke Semarang. Sebelumnya, Bubi Chen telah mengalami sakit diabetes yang membuat dirinya kemudian kehilangan dua kakinya.

Bubi Chen yang dilahirkan di Surabaya pada 9 Februari 1938 sebelum wafatnya merupakan salah satu dari sedikit saja musisi jazz Indonesia yang berkiprah sejak dekade 50-an yang masih tersisa. Ia telah belajar piano sejak berusia 5 tahun dari seorang pianis berkebangsaan Italia, Di Lucia.

Di usia 12 tahun Bubi telah mampu mengaransemen ulang repertoar musik klasik ciptaan para maestro seperti Beethoven, Mozart, Chopin ke dalam musik jazz. Ia kemudian juga sempat belajar musik jazz di New York di tahun 1955 hingga 1957 dengan salah satu gurunya Teddy Wilson, salah seorang murid dari Benny Goodman, musisi swing terkenal.

Di tahun 1959 bersama Jack Lesmana ia rekaman di bawah nama Bubi Chen with Strings di studio Lokananta di Solo, Jawa Tengah.

Di Surabaya ia lantas membentuk grup jazz The Circle dan kemudian Indonesia All Stars antara lain bersama Jack Lesmana, Kiboud Maulana, Benny Mustapha, Maryono dan kakak kandung Jopie Chen. Bersama grup ini ia sempat tampil di Berlin Jazz Festival pada tahun 1967.

Setelah banyak merilis album rekaman jazz, di tahun 2004 Presiden Megawati Sukarno Puteri sempat memberikan penghargaan Satya Lencana Pengabdian Seni dan di tahun 2005 ia menerima gelar sebagai Jazz Living Legend dari Java Jazz Festival.




http://rollingstone.co.id/read/2012/02/16/220639/1844633/1093/pianis-jazz-legendaris-indonesia-bubi-chen-tutup-usia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar