Jumat, 15 November 2013

4.000 Unit Mobil Murah Ludes Terjual di Pasar

4.000 Unit Mobil Murah Ludes Terjual di Pasar
(Antara/Eric Ireng)

Liputan6.com, Jakarta : Sejak diperkenalkan ke pasar, mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car (LCGC) telah laku terjual hingga 4.000 unit di dalam negeri.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman M Rusdi mengatakan jumlah tersebut hanya berasal dari 2 Agen Tunggal Pemilik Merek (ATPM) yaitu Toyota dan Daihatsu.
Jumlah ini merupakan unit mobil yang telah diproduksi sejak aturan LCGC dikeluarkan pemerintah.
"Produksi mobil LCGC dimulai bulan September jadi apa yang diproduksi bulan September itu yang disalurkan ke pasar," ujar dia di Jakarta, Jum'at (25/10/2013).
Gaikindo sendiri, lanjut Sudirman, menargetkan produksi LCGC dari lima ATPM yang mendapatkan izin dari Kementerian Perindustrian untuk memproduksi mobil ramah lingkungan ini mampu mencapai jumlah 30 ribu unit hingga akhir tahun. Dengan masing-masing penjualan sebanyak 30 ribu unit pada September, Oktober, November, Desember.
Gaikindo mencatat hingga September 2013, penjualan mobil secara nasional termasuk LCGC mencapai 908.000 unit. Gaikindo menargetkan penjualan mobil sepanjang 2013 mampu menembus 1.100 juta hingga 1.1500 juta unit mobil.
Aturan soal LCGC ini sendiri masih rawan dari perdebatan karena kekhawatiran keberadaannya justru menambah kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta.
Kekhawatiran lain, bisa menyerap penggunaan bahan bakar non-subsidi secara besar-besaran karena belum adanya aturan yang tegas soal konsumsi BBM dari mobil murah tersebut. (Dny/Nur)


http://bisnis.liputan6.com/read/729757/4000-unit-mobil-murah-ludes-terjual-di-pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar