Rabu, 20 November 2013

Telkom: Penyadapan Australia di Luar Kendali Operator

Proses penyadapan ponsel presiden SBY [ilustrasi]
Proses penyadapan ponsel presiden SBY [ilustrasi] (theguardian.com)
VIVAnews - Penyadapan intelijen Australia mendapat sorotan para penyelenggara telekomunikasi Indonesia. Salah satunya Badan Usaha Milik Negara, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Indra Utoyo, Direktur Inovasi dan Strategi Portofolio Telkom, Rabu 20 November 2013, yakin perusahaan telekomunikasi Indonesia tak terlibat dengan penyadapan yang membuat hubungan Indonesia-Australia makin memanas.

"Untuk penyadapan, kami sudah ikut aturan yang ditetapkan pemerintah. Mungkin mereka (Australia) mempunyai hal yang melampaui aturan kita. Ini di luar domain kami," ujar Indra, usai memberikan presentasi di Seminar Legal Aspect on E-Commerce and Online Games di Exodus Cafe, Kuningan City, Jakarta.

Penyadapan itu, tambah Indra, menjadi evaluasi bagi pihak-pihak yang terlibat di industri telekomunikasi secara menyeluruh, khususnya operator seluler, dalam memberikan layanannya.

"Ini menjadi pembelajaran ke depan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan di era digital bahwa keamanan dan privasi itu sangat penting," ujar dia.

Indra juga meminta pelanggan layanan teknologi untuk makin sadar dalam hal informasi pribadi. "Jangan terlalu mudah memberikan informasi pribadi. Kesadaran masyarakat harus makin ditingkatkan di era digital sekarang ini," pesan Indra. (umi)



http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/459998-telkom--penyadapan-australia-di-luar-kendali-operator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar