Sabtu, 13 Juni 2015

Batu Akik Sisik Naga (Septarian Nodules)

Batu Sisik Naga atau Septarian Nodules merupakan batuan alam yang sangat unik dan menarik. Penamaan batu ini berasal dari bahasa latin Septem yang berarti tujuh dan merupakan gambaran bola-bola atau bulatan oval pada retakan lumpur yang cendrung pada tujuh poin di setiap arah kemudian membentuk pola nodul yang unik.

Jenis batu sisik naga sendiri banyak ditemukan beberapa negara seperti di meksiko dan negara lain di dunia. Di Meksiko batu ini diperkiraan terbentuk sejak 100 juta tahun yang lalu akibat letusan gunung merapi sehingga menyebabkan kehidupan laut musnah, lautan menjadi surut dan membeku kemudian membentuk batuan endapan atau batuan sedimen dengan desain yang unik.


Di Indonesia batu Septarian Nodules pertama kali ditemukan di wilayah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan pada 2014 lalu. Penemunya seorang warga Bone bernama Imran yang iseng pergi ke sungai dan bermaksud mencari batu. Tanpa sengaja ia menemukan batu dengan motif unik yang tak lain batu jenis Septarian Nodules dan kemudian batu itu dikenal dengan nama batu sisik naga.

Sejak saat itu, batu sisik naga makin terkenal dan banyak diburu kolektor karena motifnya yang unik dan menarik. Bahkan baru-baru ini ditemukan motif baru bernama motif kura-kura karena coraknya yang menyerupai kulit kura-kura dengan urat emas atau tembaga. Harga batu sisik naga motif kura2 ini lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Selain motif yang beragam batu sisik naga juga memiliki corak dan warna yang juga beragam mulai dari warna merah, hitam, coklat, putih, perak, hijau sampai warna emas atau warna yang paling disukai walaupun hargaanya lebih mahal.

Khasiat Batu Sisik Naga
Batu Septarian Nodule dipercaya sebagai batu penyembuhan serta memiliki manfaat untuk kesehatan dan kesajahteraan, Berikut ini khasiat batu sisik naga :

  • Mengandung energi menenangkan
  • Menimbulkan perasaan senang dan gembiru
  • Menimbulkan semangat spiritual
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Meningkatkan daya ingat
  • Dan lain-lain
Berbicara khasiat batu akik , tentu tergantung pada masing-masing orang, percaya atau tidak, namun yang jelas sebagian besar pengguna dan pencinta batu akik tidak mempercayai adanya khasiat yang terdapat pada batu yang mereka kenakan.

Kalaupun batu itu dianggap mampu memberikan ketenangan pada pemakainya semua itu tak lepas dari efek rasa puas setelah melihat keindahan batu kesayangannya. Mungkin begitu juga dengan batu sisik naga ini , tapi yang pasti batu ini memang indah.


Sumber :  http://www.akiks.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar