Jumat, 12 Juni 2015

Batu Safir (Sapphire)

Batu Safir atau Sapphire adalah batu mineral Korundum dengan berbagai warna dan dikenal sebagai jenis permata berkualitas terbaik nomor 2 setelah Berlian. Warna batu safir seperti warna biru yang dikenal dengan sebutan Blue Saphire atau warna kuning (Yellow Safir), black safir, hijau, orange, ungu, gray, coklat dan lain-lain. Sedang jenis Korundum yang berwarna merah sejak lama sudah memiliki nama sendiri yang disebut dengan Batu Ruby

Safir merupakan bentuk kristal tunggal aluminium oksida yang disebut corundum dengan rumus atau formula kimia Al2O3 yaitu sebuah senyawa kimia dari aluminium dan oksigen. Jenis mineral ini memiliki tingkat kekerasan yang tinggi mencapai sembilan skala mohs atau satu tingkat dibawah berlian.


Blue Sapphire
Dari sekian banyak warna, batu safir warna biru termasuk warna paling favorit dan disukai hampir seluruh pencinta batu permata sehingga membuat harganya semakin mahal terlebih jika memiliki kualitas baik dan sesuai dengan keinginan pembeli. Bagi sebagian pengguna, safir biru identik dengan ketenangan jiwa, harmoni dan kehabahagiaan.


Selain itu blue sapphire juga identik dengan kesucain dan kemegahan, dianggap juga sebagai warna langit melambangkan kebijaksanaan dan hal-hal yang berhubungan dengan kerohaniaan. Pada zaman dulu jenis batu ini dijadikan sebagai azimat bahkan konon Raja Solomon juga memakai azimat yang terbuat dari batu safir.

Khasiat Batu Safir
Sebagian besar pencinta batu tidak percaya bahwa sebuah batu permata atau batu akik memiliki khasiat, namun sebagian yang lain ada yang percaya bahwa batu kristal memiliki energi alam yang bisa bermanfaat bagi tubuh pemakainya.
Bagitu juga dengan batu safir menurut sebagain orang memiliki khasiat diantaranya :

  • Terhindar dari penyakit yang berhbungan dengan racun
  • Mencegah enyakit kulit dan demam
  • Terhindar dari pencurian
  • Menyeimbangkan pikiran dan ketenangan
  • Tehindar dari stres dan anti depresi
  • Mempertajam panca indra
  • Menyembuhkan penyakit mata
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  • Mencegah kekuatan ilmu hitam
  • Mengubah pikiran negatif menjadi positif
  • Dan lain-lain
Sebagian orang menganggap safir biru sebagai batu spiritual dan dipercaya mampu mengangkat kepercayaan diri pemakainya sehingga bisa dengan mudah berinteraksi dan bergaul. Disamping itu pemakai safir biru konon bisa terlepas dari perasaan tegang, mendatangkan ketenangan, menguatkan mental dan pikiran.

Namun terlepas dari kepercayaan sebagian orang terhadap khasiat permata, mengenakan batu cincin sebagai perhiasan sudah banyak dilakukan sejak zaman dulu baik untuk menambah keanggunan pemakainya atau karena kepercayaan terhadap mitos dimana seseorang yang mengenakan batu permata tertentu bisa mendatangkan hoki.

Negara Penghasil Batu Safir
Batu safir banyak ditemukan di beberapa negara di dunia, tapi ada negara tertentu yang menghasilkan safir dengan kuliatas terbaik dibandingkan negara-negara lainnya sehingga membuat batu dari negara tersebut seringkali menjadi buruan banyak kolektor atau para pencinta batu permata karena dianggap lebih berkualitas dan lebih indah.

Beberapa negara penghasil batu sapphire diantaranya Thailand, Sri Lanka, Madagaskar, Tanzania, Australia, Amerika Serikat, Kamboja, Nigeria, Kenya, India, Burma, Vietnam, Afrika, Brazil, China dan masih banyak negara lain yang menghasilkan batu safir. Hanya beberapa negara terkenal penghasil safir yang banyak beredar dipasaran seperti Sri Lanka Australia, Birma dan India.


http://www.akiks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar