Minggu, 13 Oktober 2013

Kini, Segala Privasi Anda Terkuak di Facebook

detail berita
(foto: CNet)
CALIFORNIA - Media sosial seperti Facebook, kini bukan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menjalin hubungan pertemanan. Lebih dari itu, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini bisa digunakan sebagai alat untuk menemukan informasi mengenai seseorang.

Dahulu seorang pengguna Facebook mungkin bisa saja mencegah kemunculan berbagai informasi mengenai dirinya dalam hasil pencarian orang lain. Di tahun-tahun awal peluncurannya, Anda masih dapat memblokir pengguna lain untuk melihat profil Anda dalam mesin pencarian. Namun kini, dalam beberapa minggu mendatang, profil yang sebelumnya mungkin Anda sembunyikan bisa dilacak dengan mudah oleh pengguna lain.

Seperti yang dijanjikan 10 bulan yang lalu, salah seorang pihak jejaring sosial ternama itu mengatakan, memblokir pencarian orang lain terhadap akun pribadi boleh saja dilakukan. Facebook terlebih dahulu menempatkan pengaturan yang disebut, "Siapa yang melihat Timeline Anda dengan nama?" pada Desember tahun lalu.

Namun kini, seseorang bisa menemukan informasi tentang Anda, termasuk lokasi di mana Anda berada, meskipun Anda tidak memposting suatu informasi secara terbuka.

Kemudahan pencarian seseorang dikatakan pihak Facebook bukan tanpa dasar, pandangan rasa aman terhadap pemblokiran mengenai informasi para pengguna terkadang justru merupakan rasa aman palsu.

"Kekhawatiran kami, terus terang saja, banyak orang yang berpikir langkah tersebut memberikan tingkat keamanan, akan tetapi sebenarnya tidak," ujar Nicky Jackson Colaco, salah seorang anggota dari tim privasi Facebook, seperti dikutip CNet, Jumat (11/10/2013)

Jaringan sosial ini berpendapat bahwa pengaturan tidak pernah mencegah orang dari menemukan Timeline dengan cara lain seperti mengklik pada nama di status update.

Motivasi lain yang masuk akal di balik perubahan ini adalah meningkatkan kualitas hasil pencarian pada Grafik Search, mesin pencari baru dari Facebook yang memungkinkan pengguna untuk mencari hal spesifik dalam grafik sosial pada akun Facebook.

Pada metode pencarian ini, Anda bisa memasukkan pertanyaan dengan sangat spesifik, seperti misalnya untuk pertanyaan mengenai lokasi pengguna lain. Anda bisa bertanya kepada teman Anda yang sedang berada di lokasi tertentu.

Graph Search ini juga dapat mencari berdasarkan status atau foto yang telah Anda like. Misalnya siapa saja teman yang telah anda "Like" di page Gopego. (amr)


http://techno.okezone.com/read/2013/10/11/55/880228/kini-segala-privasi-anda-terkuak-di-facebook 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar