Sabtu, 02 Mei 2015

Akik Baturaja Biru Digemari Artis, Pejabat, sampai Jenderal TNI

KOMPAS.com/Putra Prima Perdana 
Zoem Putra Gading atau yang dikenal dengan nama 'Pangeran Biru' dari Baturaja. Zoem adalah orang yang pertama kali mempopulerkan batu akik jenis Calcedony biru atau yang dikenal dengan nama spiritus Baturaja. Batu akik ini tidak terdapat di tempat lain kecuali di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki varian batu akik lain yang cantik dan berkualitas. Salah satunya, Sumatera Selatan. Ada satu jenis batu akik yang saat ini tengah menjadi primadona. Batu tersebut bernama Baturaja Biru atau yang akrab disebut Spiritus Baturaja.

Sesuai nama panggilannya, batu akik jenis Calcedony ini memiliki ciri khas berwarna biru kristal dengan kekerasan mencapai 7 mohs. Untuk batu kualitas super dengan warna biru tua yang menyerupai warna cairan spiritus, batu dengan 'grade' paling tinggi dan memiliki harga paling tinggi pula.

Belum banyak orang yang bermain dalam bisnis batu akik jenis ini. Adalah Zoem Putra Gading, pria yang pertama kali mempopulerkan batu akik Spiritus Baturaja. Lantaran menjadi orang pertama dan yang paling banyak memiliki bongkahan batu biru ini, dia dikenal sebagai 'Pangeran Biru' dari Baturaja di kalangan para kolektor batu akik.

"Batu spiritus ini cuma ada di satu kecamatan, tepatnya di (Kecamatan) Lengkiti, Baturaja." ungkap Zoem di Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (18/3/2015).

Batu Spiritus Baturaja ini sebenarnya bukan jenis baru. Sejak tahun 60-an, batu akik ini sudah dikenal. Hanya saja, bahan batu ini tidak sebanyak batu akik lainnya yang bisa mencapai puluhan ton dalam satu bongkahan.

Dalam satu kali penggalian, paling besar batu akik ini mungkin hanya didapat sebesar kepalan tangan orang dewasa. Dari sekepalan bongkah batu mentah hanya sedikit batu akik Spiritus Baturaja kualitas super yang bisa didapat. Faktor ini pula yang membuat batu akik biru ini menjadi mahal di pasaran.

"Karena bahannya sedikit dan langka. Ini yang membuat batu akik ini menjadi istimewa," tuturnya.

Zoem menuturkan, dirinya percaya bahwa warna biru dari batu akik ini mengeluarkan kewibaaan seseorang. Menurut pemilik galeri batu akik Gading Mas Gemstone ini, karena alasan itulah maka peminat batu akik ini kebanyakan berasal dari kalangan pejabat tinggi TNI, pejabat dan artis.

"Yang ngambil ke saya banyak TNI seperti jenderal, termasuk Dandim Baturaja sekarang. Kalau artis saya sering dikunjungi sama Narji, dia juga ambil ke saya, termasuk kemarin waktu pameran ambil di saya juga Charlie van Houten (ST12) sama Ki Daus," tambahnya.

Zoem mengungkapkan, untuk harga satu cincin batu Spiritus Baturaja dengan kualitas super berwarna biru tua, harga paling tertinggi yang pernah dijualnya melalui Gading Mas Gemstone mencapai Rp 150.000.000.

Harga spektakuler yang dibanderolnya bukan tanpa sebab. Seperti istilah langit di atas langit, warna biru tua dengan kepekatan seperti oli pada batu akik ini berada diatas kualitas super. Karena baru dia yang menemukan, warna biru pada batu ini sengaja diberi nama sesuai dengan namanya, biru Zoem.

"Warna biru kualitas super ini macam-macam. Ada biru Spiritus, biru langit, biru tinta dan biru blau," tuturnya.

Meski demikian, banyak pula batu Spiritus Baturaja kualitas super yang dijual di kisaran harga Rp 1 juta sampai Rp 10 juta. Itu pun kembali lagi kepada kualitasnya. Entah berapa banyak pameran yang diikutinya, dalam satu kali pameran, di Bandung contohnya, Zoem mengaku bisa memboyong seribu lebih koleksi cincin batu Spiritus Baturaja tersebut.

Sementara itu, dia mengaku memiliki lebih dari lima ton bongkahan batu Spiritus Baturaja ini di rumahnya. Maklum saja, barang tersebut banjir pesanan, sementara itu, pria yang mengawali karier sebagai pembuat bronjong batu dari Sumatera Selatan ini sempat menjadi satu-satunya 'pemain' sebelum batu ini menjadi tenar.

Dari bisnis ini, Zoem mengaku bukan hanya keuntungan materi yang didapatnya. Keuntungan sosial pun didapatnya. Sejak dia memberdayakan warga kecamatan Lengkiti untuk mencari batu jenis tersebut, kini perekonomian para warga ikut terbantu.



Sumber :  http://regional.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar