Selasa, 03 April 2012

Serangga Mirip Tomcat Bikin Geger Hotel Atlet

VIVAnews - Kompleks Stadion Sempaja, Samarinda dibuat geger dengan penemuan serangga mirip tomcat. Kawasan yang menjadi lokasi pusat pelatihan daerah (puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Kalimantan Timur (Kaltim) pun terpaksa disterilkan.

Tim kesehatan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan untuk melakukan sterilisasi di seluruh kawasan tersebut. Komandan Puslatda Zuhdi Yahya membenarkan temuan serangga tersebut, namun, dia belum memastikan apakah serangga itu berjenis tomcat atau bukan.

Namun, dari jenis dan warnanya, serangga itu sangat mirip dengan tomcat yang sedang bikin heboh lantaran menyerang manusia. "Masih belum bisa dipastikan apakah tomcat atau bukan," kata Zuhdi.

Serangga yang memiliki cairan beracun itu ditemukan oleh atlet karate, Ade Bagus di salah satu kamar di lantai 4 Hotel Atlet Stadion Sempaja, Rabu 28 Maret 2012. Ade langsung menangkapnya dan menyerahkannya kepada tim kesehatan. Serangga tersebut lalu ditaruh di dalam wadah air mineral berbentuk gelas dan ditutup. "Ini kami amankan dulu," kata Zuhdi.

"Saya sudah menghubungi dinas terkait untuk melakukan koordinasi dan meminta tindakan pencegahan. Saya juga meminta disiapkan obat penawar. Itu untuk berjaga-jaga," tuturnya.

"Tugas saya menjaga atlet yang sedang melakukan pemusatan latihan di sini," lanjut Zuhdi.

Zuhdi menambahkan, di Hotel Atlet itu ada sekitar 452 atlet dari berbagai cabang yang sedang melakukan pemusatan latihan. Mereka didampingi oleh 130 pelatih. Kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kaltim, dia sudah meminta dilakukan langkah pencegahan. Apakah dikirimkan tim untuk memusnahkan sarang serangga yang kemungkinan ada di lokasi hotel atau tindakan lainnya, dia menyerahkan sepenuhnya kepada dinas tersebut.

"Yang jelas, saya selaku komandan berusaha untuk memberikan proteksi kepada atlet di sini. Syukurnya, para atlet tidak panik dan berlatih seperti biasa," kata Zuhdi. (umi)

http://sport.vivanews.com/news/read/300324-serangga-mirip-tomcat-bikin-geger-hotel-atlet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar