Rabu, 11 Januari 2012

AIK Tegaskan Esemka Diproduksi Sendiri oleh Siswa SMK

Jakarta - Banyak yang meragukan keaslian mobil karya anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Esemka. Mereka menilai siswa SMK tidak bisa membuat mesin mobil sendiri bahkan desainnya pun dipakai dari China dan meniru mobil-mobil keluaran China.

Hal itu pun dibantah keras oleh Corporate Secretary PT Autocar Industri Komponen (AIK) Oki Sanyoto, saat dihubungi detikOto. AIK ini merupakan perusahaan yang membantu para siswa SMK membuat mesin sendiri.

"Mesin Esemka merupakan karya siswa itu sendiri, dengan bantuan yang kami(AKI) ketahui para siswa SMK berhasil membuat mesin untuk Esemka," ujar Oki Sanyoto.

Tidak berhenti sampai disitu, PT Autocar Industri Komponen pun bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan dalam memberikan pengetahuan dalam pembentukkan mesin, sistem kerja mesin dan terbuat apa bahan mesin kendaraan tersebut.

"Kami juga ikut menjadi konsultasi memberikan bimbingan teknis ke sekolah dan memberitahu masalah engineering, tentang komponen, bahan dasar komponen kepada para guru bukan hanya kepada para murid. Karena kita memiliki fasilitas yang memadai mereka juga bisa praktik di sini. Dan membuat mereka membuat mesin sendiri disini," kata Oki.

Oki mengakui memang ada beberapa komponen mesin yang diambil dari luar tapi itu hanya sedikit.

Pabrikan besar pun sekarang saat ini tidak memproduksi komponen mereka sendiri-sendiri tapi sebagian diambil dari vendor-vendor yang diajak kerja sama oleh mereka.

http://oto.detik.com/read/2012/01/10/100631/1811194/1207/aik-tegaskan-esemka-diproduksi-sendiri-oleh-siswa-smk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar