Kamis, 19 Januari 2012

Dalih Kapten Kapal Costa: Saya Telat Belok

 Kapten kapal Costa Concordia Francesco Schettino (tengah) dibawa ke dalam tahanan di Grosseto, setelah diinterogasi pihak yang berwajib, Italia, Selasa (17/1). REUTERS/Reuters TV

TEMPO.CO,Roma- Kapten kapal pesiar Costa Concordia, Francesco Schettino, akhirnya mengakui telah melakukan kesalahan navigasi sehingga menyebabkan kapal pesiar itu menabrak karang. Schettino berdalih ia telat memberi perintah berbelok saat kapal mewah itu berlayar mendekati sebuah pulau.

Pengakuan sang kapten ini disampaikan ke penyidik dan transkrip pemeriksaan itu bocor ke sejumlah media Italia. Berdasarkan transkrip itu pula diketahui bahwa rute pelayaran hari pertama Costa Concordia sudah ditentukan sejak kapal itu meninggalkan pelabuhan Civitavecchia, dekat Roma.

Kepada penyidik, Schettino juga mengakui berlayar dekat Pulau Giglio untuk menghormati seorang mantan kapten yang tinggal di pulau tersebut. "Saya melakukan navigasi murni mengandalkan penglihatan karena saya tahu kedalaman laut itu dengan baik," kata Schettino, Rabu, 18 Januari 2012.

Seperti dikutip BBC, Schettino juga mengakui sudah melakukan manuver ini tiga atau empat kali. Namun kali ini ia mengaku telat memerintahkan awak untuk membelokkan kapal. "Akhirnya kapal itu berakhir di perairan yang terlalu dangkal. Saya tak tahu mengapa hal itu bisa terjadi," ujar dia.

Schettino kini menjadi tahanan rumah dan terancam 15 tahun penjara akibat kelalaiannya. Publik mencerca dia, menyusul bocornya transkrip percakapan kapten kapal itu dengan pengawas pelabuhan.

Dalam percakapan dengan Syahbandar Pelabuhan Livorno, Gregorio de Falco, ketahuan bahwa Kapten Schettino tidak dalam posisi berada di kapal saat Costa karam. Schettino juga menolak kembali ke kapal.

Dalam percakapan itu, Syahbandar Pelabuhan Livorno, Gregorio de Falco, berulang kali memerintahkan Schettino untuk kembali ke atas kapal dan membantu penumpangnya. "Schettino, Anda mungkin bisa menyelamatkan diri sendiri, tapi saya akan membuat Anda dalam masalah. Kembali ke kapal," ujar De Falco.

Perusahaan pemilik kapal, Costa Crociere, juga menyebut Schettino mengubah rute pelayaran. Padahal itu tidak diperkenankan.

WD
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/19/117378309/Dalih-Kapten-Kapal-Costa-Saya-Telat-Belok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar