Selasa, 10 Januari 2012

ITS: Mesin Paijo ITS Boleh Nempel di Esemka


Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki mesin yang sangat irit dan sudah memenangi lomba irit BBM. ITS pun siap membantu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mendesain, atau merancang mesin untuk Esemka. Kalau perlu ITS pun merelakan mesinnya itu dipasang di Esemka.

"Sangat mungkin karena mesin itu sangat cerdas yang mampu membaca kondisi dan sangat irit," ujar Pembantu Rektor I ITS Herman Sasongko kepada detikOto.

"Tapi yang terpenting saat ini adalah bagaimana menjadikan mobil (Esemka-red) itu menjadikan sesuatu yang bisa menghasilkan bagi negara," ujarnya.

Herman pun mengaku jika pihaknya mempunyai keinginan untuk bekerjasama dengan SMK untuk mengembangkan mobil Esemka.

"Tentunya ada. Tapi kita sudah lama bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dengan mengadakan worshop bagi guru-guru SMK dan inilah hasilnya. Mereka mampu membuat mobil itu," katanya saat berbincang-bincang di ruang kerjanya, Gedung Rektorat ITS, Surabaya Selasa (10/1/2012).

Menurut Herman jika kemandirian sangat diperlukan prioritas. Maksudnya, kata dia jika ingin mengembangkan mobil tersebut sangat diperlukan dorongan dari semua pihak baik pemerintah maupun para elit politik.

"Semua management harus disiapkan sejak sekarang termasuk risetnya agar tidak rugi serta dorongan dari semua pihak," tuturnya.

http://oto.detik.com/read/2012/01/10/155344/1811818/1207/its-mesin-paijo-its-boleh-nempel-di-esemka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar