Kamis, 04 April 2013

Samsung Mulai 'Singkirkan' Android dengan Tizen


Prototipe Tizen Samsung (ist)

Jakarta - Tak bisa dipungkiri, Samsung sepanjang tahun lalu mereguk keuntungan yang sangat besar berkat kolaborasinya dengan Android. Namun mulai 2013 ini, vendor asal Korea Selatan itu tak mau cuma mengandalkan sistem operasi besutan Google saja.

Ya, Samsung berharap bisa meraih sukses di segmen smartphone dengan sistem operasi besutannya yang terbaru, OS Tizen. Malah kabarnya, tahun ini gadget itu sudah mulai dijual ke konsumen.

Dikutip detikINET dari The Next Web, Rabu (2/1/2013), rencananya ponsel cerdas berbasis OS Tizen ini untuk pertama kalinya akan berjalan di jaringan DoCoMo—operator telekomunikasi asal Jepang.

OS Tizen ini berjalan dengan sistem operasi terbuka alias open source seperti Android. Namun bedanya, OS ini tak seperti Android yang dikontrol oleh Google dan Open Handset Alliance.

Ini bukan pertama kalinya Samsung membangun OS sendiri karena sebelumnya sudah ada OS Bada. Belum ada detil spesifik mengenai hardware smartphone untuk OS ini, termasuk rencana Samsung menjualnya di luar Jepang atau Korea Selatan.

( rou / rou )


http://inet.detik.com/read/2013/01/02/083001/2130850/317/samsung-mulai-singkirkan-android-dengan-tizen?id771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar