Rabu, 17 April 2013

Tips Foto Portrait Model: Manfaatkan Foreground

 
Ilustrasi (Info Fotografi)
 
Jakarta - Foto portrait secara tradisional berbeda dengan foto landscape berkenaan dengan ruang tajam. Di foto landscape, fotografer biasanya memilih bukaan kecil seperti f/8-f/16 supaya ruang tajamnya luas.

Tapi di foto portrait, fotografer biasanya menyukai bukaan besar seperti f/1.4-f/2.8 supaya ruang tajam tipis sehingga latar belakang tidak fokus/blur.

Latar belakang yang blur membuat fokus mata tertu ke subjek foto (orangnya) daripada lingkungannya. Selain memblurkan latar belakang, kita juga bisa memblurkan latar depan untuk memberikan kesan tiga dimensi. Foto di bawah ini, saya menempatkan model di belakang kumpulan bunga di taman.

Kunci sukses untuk foto semacam ini adalah jangan sampai bagian wajah subjek terhalang oleh bunga/daun dan pakailah lensa telefoto/jarak fokus panjang, sehingga antara subjek dan latar belakang terlihat lebih dekat daripada kondisi aslinya. Supaya fokus pemirsa terpusat ke subjek bukan ke bunga, bukaan besar (f/2.8) digunakan untuk membuat foreground tidak fokus.

Ekspresi dan warna pakaian dan make up yang cocok dengan warna bunga membuat foto ini lebih kuat. ISO 320, 1/640 detik, 112mm f/2.8

Yuk, Belajar fotografi, editing dan ikut tur fotografi dengan infofotografi.com
(jsn/ash)
 
 
http://inet.detik.com/read/2013/03/18/103319/2196489/1279/tips-foto-portrait-model-manfaatkan-foreground

Tidak ada komentar:

Posting Komentar