Sabtu, 21 Desember 2013

Subaru XV 2.0L, Style Ground Clearance

Subaru XV 2.0L

Karakteristik dan ciri khas tersendiri memang membuat Subaru lebih ‘stand out’ diantara merek-merek Jepang lainnya. Salah satu yang membuatnya paling menonjol adalah kehadiran mesin boxer serta sistem pengerak 4 roda yang menjadi perangkatstandar dari Subaru XV, terlebih harga yang dibandrol cukup kompetitif bahkan dibawah para rival-rivalnya.
Seperti halnya crossover, Subaru XV memiliki style ground clearance yang lumayan tinggi, lebih dari itu ternyata ia mengganut basis dari Impreza yang memiliki karakteristik sport, so dapat dipastikan efek fun to drivenya yang cukup tinggi. Oh yah, ini merupakan kali pertamanya kami merasakan jajaran keluarga Subaru dan jelas rasa penarasan berada dibalik kemudi menjadi modal kuat untuk mencicip performanya.

Desain
Desain Subaru XV 2.0L 2013 

Secara desain karakteris garis tegas cukup ditonjolkan oleh pada sisi body bahkan sampai kap mesinnya. Seakan-akan Subaru ingin mengambarkan ketangguhan serta kemampuan XV melalui gambaran visaul pada sisi body-nya. Refleksi dari Impreza cukup tergambarkan dengan jelas melalui tampilan headlamp serta desain grill, hanya bagian belakang beserta stop-lamp yang jelas berbeda karena penyesuaian karakteristik yang diembannya sebagai SUV Crossover.
Tampilan kokoh terlihat dari penyematan Velg alloy 17 inci yang memiliki desain menarik didominasi warna gelap. Serentak hal ini pun menambah kesan macho sekaligus mempertegas jati dirinya. Cukup dengan sedikit tampilan luar giliran kita masuk melihat sisi interiornya.

Desain Subaru XV 2.0L 2013

Lagi-lagi dominasi permainan warna gelap turut diusung Subaru. Mulai dari sisi dashboard, jok hingga doortrim semuanya terbungkus warna single tone. Tatanan dasboard juga terlihat minimalis tanpa banya perangkat atau fitur yang melekat di sisi-sisinya, namun begitu kesan ergonomis yang memberikan kemudahan bagi pengendaranya ditonjolkan melalui beberapa tombol fungsi layakanya audio, voice command bahkan hingga fitur cruise control.
Bicara kenyamanan dalam hal berkendara, Subaru membuktikannya dari sisi visibilitas yang cukup lapang hingga memeberikan pandangan tanpa halangan. Sedikit miris memang bila melihat desainnya apalagi menyangkut Subaru XV ini merupakan mobil CBU Jepang, namun begitu ternyata banyak fitur-fitur canggih di dalamnya yang memang sengaja tak semuanya ditonjolkan, terlebih menyangkut soal performa dan kemampuannya, ini lah menjadi kunci utama dari Subaru XV.

Performance
Performance Subaru XV 2.0L 2013

Datang dengan mesin khasnya, Boxer 2.0 yang bersanding dengan trasnmisi CVT, Subaru XV diklaim mmapu mengantarkan tenaga hingga 150 hp @6.200 rpm serta torsi 196 Nm @4.200 rpm. Tenaga ini cukup besar bagi seukuran XV yang memiliki struktur layaknya hatchback.
Karkateristik unik dari mesinnya ada pada peletakan sisi pistonnya yang tak seperti mesin mobil umumnya yang secara vertikal tapi secara horisontal hingga 180 derajat. Hal ini diyakini oleh para teknisi agar distribusi bobot jatuh secara merata yang kemudian disambungkan dengan pengerak All-Whell Drive mampu memberikan sisi efesiensi berkendara dengan tenaga mesin yang tersalur lebih maksimal ke roda hingga menyumbang efisiensi pemakaian bahan bakar, dengan penggunaan transmisi CVT yang disebut Subaru sebagai Lineartronic karena kemampuannya meneruskan torsi mesin spontan ke roda.

Performance Subaru XV 2.0L 2013

Saat menjajal pertamakali hampir tak ada beda dengan kebanyakan mobil matik lainnya, ups … jangan kaget, kteristik dari kemudi juga sedikit berat yang membuat orang akan sedikit mengeluh saat pertama kali mengendarainya, dan merasa nikmat kemudian karena begitu menancap gas lebih dalam atau melaju dikecepatan tinggi mobil jauh lebih stabil untuk urusan handling. Bila ingin lebih responsif, silakan mainkan mode manual 6 percepatan yang membuat lajunya kian maksimal.
Meraih dari titik 0 -100 km/jam hanya memakan waktu kurang lebih 10 detik, sedangkan saat menjajal dikecepatan tinggi tenaga terasa tak putus alias terus mengisi. Perpindahan gigi yang halus handling yang smooth membuat kami cukup kagum dalam mengendarainnya, meski minim efek limbung tapi gejalan ‘goyang ringan’ masih terasa saat bermanuver dikecepatan tinggi, mungkin hal ini diakibatkan dari jati diri sebagai SUV Crossover yang memiliki dimensi ground clearance lumayan tinggi. Sayang kami tak menemukan medan yang cocok untuk mengujinya di habitat sejati crossover.

Comfort
ruang kabin subaru-xv-cabin 

Sisi kenyamanan rasanya sudah ditunjukan mulai saat masuk ruang kabin, baik dari kebutuhan pengemudi melalui visibilitas yang lapang, ruang yang lega serta kemudahan dalam hal pengoprasian fitur melalui tombol yang telah tersedia di gagang kemudi.

Kursi baris ke 2 Subaru XV 2.0L.jpg 

Kelebihan lain meski dimensi yang tak terlalu besar namun penumpang di baris ke-2 pun masih dapat duduk dengan nyaman apa lagi dengan tersedianya beberapa cup holder serta konfigurasi jok belakang yang dapat dilipat terpisah 60:40 hingga praktis kala membawa barang berlebih serta bagasi lapang yang berguna menampung barang bawaan saat melakukan perjalan jauh atau bahkan saat menemani keluarga belanjan bulanan.
Fitur
Meski tampilanya terlihat tak begitu mewah, namun pada kondisi standar XV sudah memiliki fitur cukup baik. Sebut saja jok kulit, audio bermonitor, GPS, koneksi BlueTooth, cruise control, climate control, serta MID serta kamera mundur. Bahkan bila lebih mendalam dibedah banyak fitur-fitur serta teknlogi tinggi yang memang tak terlihat.
Price
Dengan segala keunggulanya, Subaru membandrol XV dengan kisaran harga mencapai Rp 365 juta. Harga yang cukup kompetitif bila mengingatnya sebagai mobil CBU yang memiliki kemampuan cukup tangguh baik dari sisi performa serta fungsinya yang tak hanya dapat dijadikan sebuah saran transportasi saja melainkan menunjang lifestyle dari penggunannya.


http://www.seputarotomotif.com/2813/subaru-xv-2-0l-style-ground-clearance.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar