Selasa, 20 September 2011

DUNIA MENGAMATI KAPAL INDUK AL-PLA CHINA ‘SHI LANG(施琅)’ YANG AKAN OPERASI TAHUN INI

 Ilustrasi Kapal Induk AL-PLA China Shi Lang 施琅

Akhir-akhir ini dunia sedang hangat mengomentari Kapal Induk RRT “Shi Lang(施琅)”.Pemerintah RRT melalui Jend. Chen Bingde Kastaf Angkatan Bersenjata RRT (陈炳德上将,中国军事参谋长chenbingde shang jiang, zhongguo junshi canmou zhang) telah mengakui bahwa Kapal Induk ini hampir selesai dibangun, saat diwawancarai oleh ‘Commmercial Daily’ Hong Kong. Asistennya Let Jend. Qi Jinguo (中将齐建国 zhong jiang qi jianguo ) mengomentari bahwa Kapal Induk ini hanya akan dijadi medan latihan pendaratan bergerak (floating trainning camp) bagi para pilot AL PLA RRT. Kapal ini “tidak akan dikirim” untuk misi operasi ke teritori perairan negara negara lain, seperti Kapal Induk beberapa Negara Adi Daya sekarang.(http://www.china-defense-mashup.com/ : Published : 08 June, 2011, 13:15 & China Military News cited AFP 06 June, 2011).

Ada beberapa ahli Alutama militer dunia memperkirakan bahwa kapal ini akan memiliki kemampuan ‘multi-role’ seperti Kapal Induk ex Soviet – Varyag. Seperti diketahui pada tahun 1992 ketika Soviet (USSR) runtuh, ketika itu Varyag (Admiral Kuznetsov class, berbobot 67.500 ton) sedang dibangun dan sudah selesai 60-70%. Kapal ini dimiliki oleh Ukraine, mereka melelang kapal yang belum rampung ini setelah melucuti perangkat perang dan propulsinya.

Ahkirnya lelang ini dimenangkan oleh seorang pengusaha dari Macao dengan harga US$ 20 juta pada 1998, yang akan digunakan untuk obyek Turisme. Dan RRT dituduh telah menjiplak teknologi dari Varyag ini, namun dibantah oleh pihak RRT. Sejak 1985 AL PLA sebenarnya telah minta kepada Australia untuk boleh mempelajari ‘HMAS Melbourne’ yang telah dipensiunkan, demikian juga terhadap ‘Minsk, Kiev dan Varyag’ kepada USSR. ( dua kapal induk ‘Minsk & Kiev’ se- class dengan Varyag ini berbobot 50.000-60.000 tons Type 089 akan selesai 2015) , namun konon akhirnya Minsk & Kiev dibeli oleh pengusaha dari RRT untuk tujuan yang sama.

Pada April 2011 yang lalu telah tersebar foto dari Kapal Induk RRT “Shi Lang(施琅) ini, dan segera akan diuji coba berlayar di laut. Yang dibangun di Dalian, Provinsi Liaoning terletak di Timur Laut RRT. Beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa Kapal Induk ini akan siap beroperasi pada bulan Juni tahun ini. (Shi Lang-施琅 adalah Laksamana AL Tiongkok pada zaman Kekaisaran Mancuria/Dinasti Qing清 yang berhasil membebaskan Taiwan dari “kerajaan”/pembangkang Tungning, pada Juni 1683).

Kapal Induk Shi Lang(施琅) pajangnya 323 Meter, bisa mengangkut : 36 Unit Pesawat jet Su-33 dan 16 Unit Helikopter. Bahan bakar untuk pesawat 2500 ton, yang bisa untuk 500-1000 sortie. Dengan 2500-3000 Personil . Berdasarkan ‘foto-foto unoffcial’ dibagian depan kapal ini yang disebut FL-3000N, telah dilengkapi dengan 18 cell missile/rudal. Dibagian ekor atau belakang kapal dilengkapi sistim FL-3000N, dan dipasang kanon AK-1030. dibagian tengah kemungkinan dilengkapi dengan 4 Peluncur Rudal. Jika kapal induk ini dibuat sekelas dengan Varyag, maka kemungkinan displacementnya 65.000 – 90.000 ton, kapal induk AS serupa dilengkapi dengan “steam catapults” yaitu alat bantu untuk take-off pesawat diatas deck kapal. Kapal Induk jenis ini hanya dioperasikan pertama oleh AL USSR, kedua bisa-bisa AL PLA RRT.

Hmmm. Kapan ya kira-kira negara kita membangun Kapal Induk sendiri?? Setidaknya mempunyai Kapal Induk sendiri Semoga cepet terlaksana. aminnn……

http://pelayaran.net/dunia-mengamati-kapal-induk-al-pla-china-%E2%80%98shi-lang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar