Rabu, 30 November 2011

Bukaka Pastikan Jembatan Kukar "Sakit" Sebelum Runtuh

 Jembatan Kukar

BOGOR - PT Bukaka Teknik Utama menegaskan bahwa kondisi jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dalam kondisi sakit sebelum pihaknya mengerjakan proyek perbaikan jembatan tersebut.

"Sebelum masuk ke kita, istilahnya dia masuk IGD (Instalasi Gawat Darurat) langsung, sudah punya penyakit," ungkap Vice President Product Development Eko Ariwandono dalam konferensi pers di kantornya, kawasan Cileungsi, Bogor, Selasa (29/11/2011).

Dia melanjutkan, ketika menangani kontrak untuk perbaikan Jembatan Kukar tersebut dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai dan pemda terhitung dari 11 Oktober sampai 13 Desember 2011.

"Di kontrak itu jelas, pekerjaan kami adalah pemeliharaan jembatan Kukar yang mencakup penentuan titik benchmark baru pemberian tanda pada baut (yang longgar maupun sebaliknya), jadi itu yang tertulis di kontrak," lanjutnya.

Pihak Bukaka Teknik Utama, juga menyangkal bahwa pihaknya telah memasang baut di konstruksi bangunan sehingga bangunan tidak kencang. "Tidak itu isu, kami hanya memasang counternuts (semacam sekrup penyangga paling luar) itu kita hanya ambil seminggu dan sudah kita pasang ulang," tambah dia.

Pihak Bukaka juga menegaskan, bahwa perawatan jembatan jenis bentang panjang ini, membutuhkan perawatan ekstra minimal satu tahun sekali. "Idealnya satu tahun sekali, meski begitu kalau kita dapat informasi itu habis dilewati tongkang ya harus dicek ulang bautnya. Kemarin Bu Rita (Bupati Kukar Rita Widyasari) bilang sudah dirawat dua kali sebelumnya, tetapi kita baru garap yang ini," tandasnya. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2011/11/29/320/535827/bukaka-pastikan-jembatan-kukar-sakit-sebelum-runtuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar