Rabu, 30 November 2011

Ini Pentingnya SOP Pembangunan Jembatan

 Jembatan Kukar

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menuturkan perlu adanya standar operational prosedur (SOP) dalam setiap pembangunan jembatan yang ada di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Deputi Kementerian BUMN bidang Infrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widayatin kala ditemui di gedung Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (30/11/2011).

"Harusnya ada SOP yang jelas dulu. Jangan ambil risiko terhadap bangunan-bangunan besar. Kalau kita tidak mau merawat, jangan dulu bangun yang seperti itu. Ini kan menyangkut keselamatan orang banyak," katanya.

Menurutnya saat ini SOP tersebut sedang disusun oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PU. adapun SOP dalam pembangunan jembatan tersebut terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengoperasian dan perawatan. "Dengan adanya empat komponen tersebut seharusnya hal ini tidak perlu terjadi," tuturnya.

Di sisi lain, dia menjelaskan bahwa perlunya juga dibentuk semacam Komite keamanan Bendungan (KKB) untuk pembangunan jembatan karena hingga saat ini belum ada semacam KKB untuk pembangunan semacam jembatan panjang seperti jembatan Kutai Kertanegara (kuakar).

"Untuk pembangunan jembatan semacam itu kan selama ini harus approfal Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Dirjen Bina Marga Direktorat Bidang Teknik. maka saya rasa perlu ada semacam KKB-nya. Sebenarnya tidak peduli untuk pembangunan jalan atau apapun semuanya harus hati-hati dan mengikuti prosedur yang berlaku," paparnya.

Pihaknya juga ingin semua pihak belajar dari kejadian tersebut agar ke depannya musibah seperti ini tidak perlu terjadi. (wdi)


http://economy.okezone.com/read/2011/11/30/278/536128/ini-pentingnya-sop-pembangunan-jembatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar