Minggu, 27 November 2011

Menteri PU: Ambruknya Jembatan adalah Insiden Langka

 Menteri PU: Foto Robert/detikcom

Tenggarong - Pemerintah menaruh perhatian serius terkait insiden ambruknya jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Sabtu (26/11/2011) kemarin. Menurut Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto ambruknya jembatan Kukar adalah insiden langka dalam sejarah konstruksi jembatan di Indonesia.

"Langka, jarang-jarang ada jembatan 10 tahun bisa runtuh. Ya langka," ujar Djoko Kirmanto kepada wartawan di sela peninjauan lokasi kejadian ambruknya jembatan Kutai Kartanegara, Jl Wolter Monginsidi, Tenggarong, Minggu (27/11/2011) dinihari.

Djoko Kirmanto tiba di lokasi bersama dengan Menkokesra Agung Laksono yang didampingi Kapolda Kaltim Irjen Pol Bambang Widaryatmo dan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.

Djoko menegaskan, pihaknya akan menurunkan tim Badan Litbang Kementerian PU, untuk melakukan penyelidikan insiden ambruknya konstruksi jembatan tersebut.

"Tim Badan Litbang Kementerian PU berangkat dari Jakarta pukul 06.00 WIB, diperkirakan jam 10 atau jam 11.00 WITA tiba di sini (lokasi kejadian)," ujar Djoko.

"Ke sini (Kutai Kartanegara) untuk melihat, menyelidiki kenapa jembatan ini bisa ambruk. Belum bisa diduga-diduga penyebab ambruknya jembatan disebabkan belum ada laporan tehnisnya" tambahnya.

Saat ditanya apakah konstruksi jembatan yang dibangun tahun 2001 lalu itu masih layak, Djoko belum bisa memastikannya.

"Belum, belum ada laporan sama sekali terkait kejadian ini kepada saya. Kalau nanti sudah ada laporan, nanti akan saya jelaskan. Dari penyelidikan ini, kenapa runtuh, nanti akan bisa disimpulkan penyebabnya. Kalau sekarang, belum bisa banyak komentar," terang Djoko.

Meski demikian, Djoko menggarisbawahi, mustahil usia jembatan Kutai Kartanegara hanya berusia 10 tahun, dengan konstruksi baja. Ia pun akan melakukan penelitian atas kejadian ini.

"Kalau jembatan itu, usianya tidak mungkin hanya 10 tahun, mesti panjang. Untuk sebab itu kita belum melihat kenapa jembatan yang baru 10 tahun ini bisa runtuh," tutup Djoko.
(her/her)


http://www.detiknews.com/read/2011/11/27/030427/1776418/10/menteri-pu-ambruknya-jembatan-adalah-insiden-langka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar