Jumat, 18 November 2011

Hemat Kas Negara, Obama Pangkas Biaya Perjalanan sampai Cangkir Kopi

Washington - Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghemat kas negara. Termasuk memangkas biaya perjalanan, pembelian kendaraan, perangkat elektronik hingga cangkir kopi untuk promosi. Ya, itu semua dilakukan oleh Presiden negara adidaya Amerika Sertikat, Barrack Obama.

Seperti dirilis Reuters, Kamis (10/11/2011), pemangkasan biaya itu merupakan serangkaian inisiatif terbaru Obama dalam menghemat pengeluaran. Hal itu dinilai lebih mudah karena untuk memutuskannya tidak perlu persetujuan kongres.

Pemerintah AS juga akan mendesak lembaga pemerintah untuk lebih memanfaatkan teknologi teleconference dan videoconference untuk menggelar rapat yang terpisah oleh jarak. Dengan cara seperti itu, biaya perjalanan bisa dihemat. Dengan memanfaatkan teknologi pula, ongkos cetak bahan-bahan rapat bisa lebih dipangkas dengan mengirimkan bahan tersebut melalui surat elektronik atau email.

Para pekerja pemerintah juga dipastikan tidak akan membeli perangkat elektronik baru berupa laptop, ponsel, smartphone dan perangkat lain selama perangkat yang lama masih bisa digunakan.

"Dengan penghematan item-item tersebut bisa menurunkan anggaran hingga 20 persen. Dan diperkirakan hal inisiatif itu bisa menghemat hingga miliaran dollar kas negara setiap tahunnya," ujar seorang pejabat White House. Hmm, ide yang bagus bukan?

http://www.detiknews.com/read/2011/11/10/085636/1764238/1148/hemat-kas-negara-obama-pangkas-biaya-perjalanan-sampai-cangkir-kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar