Kamis, 28 Juni 2012

Menristek Pamer Bus Listrik ke DPR


Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta membawa minibus listrik buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk dipamerkan ke mitra kerjanya Komisi VII DPR.

"Karena sudah jadi saya coba dulu untuk dipakai sambil dievaluasi. Yang jelas ini menggunakan listrik berarti tidak ada efek gas rumah kaca dan ramah lingkungan," kata Gusti di ruang Komisi VII DPR, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Sebelumnya Gusti sudah menjajal minibus ini pada hari Selasa kemarin. Gusti mengaku bus ini cukup nyaman.

Gusti menjelaskan dengan bahan bakar listrik bus ini efisien untuk digunakan. "Jadi terserah sumbernya mau dari mana? Apakah dia mau dari gas, batu bara," lanjutnya.

Bila bus ini diproduksi secara massal, maka pemerintah akan menyiapkan sarana pengisian ulang bahan bakar listrik di SPBU atau di lokasi tertentu.

Dia menambahkan pembuatan prototipe mobil listrik nasional jenis angkutan umum dan mobil pribadi di perkotaan (city car) menghabiskan dana lebih dari Rp 1,2 miliar.

"Untuk penelitian dua tipe mobil ini dibutuhkan Rp 1,2 sampai Rp 1,6 miliar. Tapi ini total keseluruhan termasuk penelitian, administrasi. Tapi kalau sudah mau diproduksi turun 30 persen jauh lebih murah," terang Gusti.

http://oto.detik.com/read/2012/06/27/133727/1952068/1218/menristek-pamer-bus-listrik-ke-dpr?o9922011218

Tidak ada komentar:

Posting Komentar