Selasa, 19 Juni 2012

Tips mengambil Foto Jalanan atau Street Photography - by Maha Yusa :)

Biasa disebut dengan Street Photography, adalah sebuah seni untuk mengambil foto di tempat-tempat publik pada umumnya seperti pasar ataupun sarana publik lainnya. Street Photography sebenarnya sangatlah menyenagkan bila dilakukan bersama aktifitas Back Packing. Begitu juga kepuasan yang dihasilkan dari Street Photography ini lebih dari biasanya terutama pada orang-orang yang suka akan kegiatan-kegiatan Outdoor. Sama kaya Yusa tuh....

Oh ya! artikel ini mungking membantu buat lomba fotografi di SMA 1 Semarapura a.k.a Ekasma!

Street Photography tidak seperti tehnik Fotografi biasanya karena pada dasarnya tehnik Street Photography Shooting pada tempat-tempat publik serta tidak menonjolkan subjek didalamnya. Bisa dibilang bahwa tehnik ini menangkap elemen natural daripada tepat tersebut. Maksudnya kita mem-foto tempat publik beserta seluruh kegiatan yang dilangsungkan disana alias rutinitas penduduk disana. Seolah-olah kita membawakan suasana tempat itu kepada penikmat foto kita.

Ada beberapa yang bisa Yusa sampaikan terkait bagaimana melakukan Street Photography, sehingga bisa menghasilkan Foto yang benar-benar TOP!

1. Agar mendapat Angle yang bagus kita bisa menggunakkan lensa yang Wide Angle dan Telephoto. Telephoto bisa kita gunakkan untuk mengambil foto dari jarak jauh sehingga kita bisa mengambil foto dari jarak yang tidak berdekatan dengan subjek di tempat tersebut. Biasanya juga untuk menggunakkan lensa modifikasi kita memerlukan kamera manual atau semu manual.

2. Fokuskan dulu baru nge-Shoot. Tapi kurangi melihat pada view finder atau LCD, langsung saja ambil jepret!, itu tidak akan jadi masalah semenjak kita menggunakkan lensa Wide Angle; karena lensa ini mempunyai tingkat tangkap pada wilayah yang luas.

3. Gunakkanlah Kamera Digital. Street Photography itu memerlukan banyak percobaan dalam menembak ; lain halnya jika kita menggunakkan kamera yang masih menggunakkan film, hal ini tidak akan membantu kita. Ruang publik memiliki banyak hal yang perlu kita eksplorasi sehingga kamera digital bisa menjadi pilihan. Jadi kita bisa mengeksplorasi tempat itu sebebas-bebasnya. Tapi jangan dulu kecewa karena hasilnya mungkin tidak terlalu baik.

4. Berjalan-jalanlah dengan kamera anda. Juga jangan lupakan anda harus kritis terhadap segala aspek yang mungkin menarik jadi objek anda!. Eksplorasi sedalam-dalamnya ruang publik itu, siapa tahu kan anda mendapat hal yang berbeda dari biasanya. Juga penting untuk memperhatikan komposisi foto anda sehingga objek/subjek yang menarik bisa anda tonjolkan. Pastikan juga Subjek/objek itu menjadi pusat perhatian. Membutuhkan sense of art ....

5. Selalu sadar akan reaksi orang-orang. Penting bagi kita untuk memperhatikan kalau-kalau di sekitar kita ada yang merasa tidak nyaman menjadi objek foto kita. Kita sedang berada di ruang publik, setiap orang memiliki rutinitas sendiri, sebuah ruang privat bagi mereka. Juga penting bagi kita untuk menjaga sopan santun.

Ingat juga di beberapa negara ada beberap larangan untuk menjepret di wilayah publik seperti Prancis dan sebagainya. Kita selalu membutuhkan izin dari orang yang ingin kita potret apabila mereka merasa tidak nyaman bial dipotret begitu saja.

Selalu ingat unutk ramah tamah dan berbaur dengan aktivitas mereka. Ini sangatlah membantu!


http://mahayusa.blogspot.com/2011/07/tips-mengambil-foto-jalanan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar