Selasa, 26 Juni 2012

Yogyakarta Gelar Perayaan Peh Cun 2012

DINAS Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul dan Komunitas Tionghoa Yogyakarta akan menggelar perayaan Peh Cun 2012 di Pantai Parangtritis, 22-24 Juni.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Pipo Arrohmanuri mengatakan dalam perayaan Peh Cun yang berarti mendayung perahu naga tersebut akan dimeriahkan berbagai kegiatan.

"Perayaan itu diawali dengan ritual malam Peh Cun, fragmen tari Peh Cun dan kesenian barongsai pada 22 Juni mulai pukul 18.00 WIB," katanya di Yogyakarta, Kamis (21/6).

Sedangkan pada 23 Juni, acara digelar mulai pukul 10.00 WIB dan akan diisi antara lain kesenian tradisional jathilan, naga barongsai, mendirikan telur, upacata jut bio yang seluruhnya berlangsung di kawasan Pantai Parangtritis Baru.

"Lomba perahu naga 2012 akan menjadi acara puncak perayaan Peh Cun 2012 yang akan berlangsung di kawasan Bendung Tegal, Jetis, Bantul, 24 Juni. Acara ini akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai," katanya.

Menurut dia, peserta lomba perahu naga untuk tahun ini diprediksi akan lebih banyak dibanding tahun lalu. "Jumlah peserta yang mengikuti lomba ini kami optimistis akan lebih banyak dibanding tahun lalu," katanya.

Ia mengatakan peserta lomba perahu naga dalam rangka memeriahkan perayaan Peh Cun 2012 ini tidak hanya dari DIY, tetapi juga datang dari kota lain di antaranya Cilacap, Tegal, Bandung, Madiun dan sebagainya.

"Kawasan Bendung Tegal yang terletak di Jalan Parangtritis Km 15 Jetis, Kabupaten Bantul, memang memiliki lokasi ideal untuk olahraga air, khususnya perahu naga. Tempat ini juga sudah dimanfaatkan untuk wisata air seperti perahu dayung dan sebagainya," katanya. (Ant/X-14)

http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2012/06/21/3997/7/Yogyakarta-Gelar-Perayaan-Peh-Cun-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar