Senin, 19 Desember 2011

HOBBY MODIFIKASI MOBIL ANTARA BOROS DAN KEPUASAN.

Saya rasa banyak orang akan sependapat dengan makna atau arti judul tulisan ini. Memang sih .. tidak semua hobby itu selalu identik dengan biaya mahal, tetapi siapa yang bisa menjamin seseorang yang tengah keranjingan dengan hobby-nya bisa di-rem sewaktu-waktu atau kapan saja? Seperti cerita orang makan kacang .. kalau belum habis belum berhenti. Kira-kira mirip-mirip seperti itulah cerita orang yang hobby me-modifikasi mobil. Biar kata sudah habis berapa duit belum juga bakal berhenti kalau belum kesampaian yang diinginkannya.


CERITA SEPUTARAN ME-MODIFIKASI SEDAN MENJADI PICK UP ..

Ada banyak sekali mobil sedan Toyota Crown 2600 cc tua .. tapi gambaran mobil yang hendak saya modifikasi dari bentuk sedan menjadi sebuah pick up ya seperti mobil sedan di atas ini. Warnanya ya persis seperti pada gambar di atas .. biru laut. Ada juga yang bilang biru Benhur.

Sebutannya saja mobil tua .. dari situ tentu bisa diperkirakan bahwa tidak semua bagian kendaraan tersebut bisa kita pakai/pergunakan. Mestilah ada bagian-bagian yang dibuang dan harus diganti dengan yang bagusan. Dari sini sudah agak kelihatan bahwa pengeluaran demi pengeluaran sudah mulai harus dilakukan. Sebagaimana yang saya lakukan dan itu sesuai dengan pengalaman .. lebih irit kita beli dua buah mobil lalu kita jadikan satu utuh, komplit dan memenuhi keinginan daripada adanya sebuah mobil dan kita harus selalu membeli berbagai kekurangannya ke toko onderdiel.


Mula-mula mengerjakan bagian mesin dan mekanik dulu mesti kita prioritaskan untuk dilakukan. Sebagaimana kita ketahui mesin adalah nyawanya kendaraan .. sedang bagian-bagian mekanik adalah sentral penghubung, yang tergerak dari mesin sehingga kendaraan berjalan. Nah, ini penggabungan atau “kanibalisme” yang pertama dari penggabungan dua mobil menjadi satu.

BENTUK LUAR ..

Sementara pekerjaan bagian mesin dan mekanik terus dilakukan .. selanjutnya secara sambil lalu pekerjaan bagian luar, apakah itu desain/model atau warnanya mesti sudah mulai dipikirkan pula. Secara revolusioner bisa saja terjadi .. modelnya agak dirubah sedikit dari aslinya. Demikian juga warnanya .. kalau tidak cocok dengan warna aslinya yang sudah sesuai dengan keterangan di surat mobil, maka ganti dengan warna yang disukai. Dari situ lalu berubahlah bentuk .. yang semula sedan lalu menjadi pick up atau bak terbuka.


BAGIAN DALAM ATAU INTERIOR KABIN ..

Setelah selesai mengerjakan bagian mesin dan mekanik, serta bagian luar mobil hingga ke pilihan roda-rodanya maka pekerjaan selanjutnya adalah merapikan atau memperbagus alias membikin bertambah komplit dan terkesan lux bagian dalam atau interior kabin. Bicara tentang hal itu tentu saja dikembalikan kepada selera masing-masing. Ada yang fanatik dengan ke-asli-an sehingga tidak merubah-rubah apa yang telah ada .. kecuali dibersih-bersihkan dan dirapikan saja. Tapi ada juga yang menyesuaikan dengan kendaraan model baru sehingga mobil tua ini lalu dilengkapilah dengan perangkat audio-visual keluaran mutakhir .. yang bisa-bisa harganya bisa melampaui harga mobil itu sendiri.

Gambar di bawah adalah modifikasi Toyota Crown 2600 cc pick up tahun 1976 milik saya .. yang mana pada bagian kabin baik yang meliputi dashboard termasuk stirannya maupun dudukan atau jok tetap saya pertahankan sesuai aslinya.


MULAI JALAN-JALAN ..

Akhirnya pekerjaan yang disebut hobby me-modifikasi mobil ini selesailah sudah. Mobil yang aslinya sedan telah berubah bentuk menjadi sebuah pick up yang serbaguna. Ya, mesti disebut serbaguna .. karena kenyataannya kendaraan itu selain biasa dipakai buat nyantai atau nglaras (kata orang Jawa) juga bisa dipakai buat angkut-angkut barang. Malahan terkadang disewa buat shooting pembikinan video-klip.


Demikianlah sekilas perjumpaan cerita seputaran hobby modifikasi mobil melalui blog ini selesai saya tulis .. semoga rangkaian tulisan atau artikel yang berkaitan dengan lahirnya Auto Market di penghujung tahun 2010 ini ada manfaatnya.

Wien AR.

http://winnsbury.blog.com/2010/12/15/hobby-modifikasi-mobil-antara-boros-dan-kepuasan/

1 komentar:

  1. salut buat pak wien yang sukses memodifikasi crown-nya

    saya juga pengen melakukan hal sama utk toyota crown station wagon th 72 milik saya. ada beberapa prtimbangan kenapa saya pengen memodifikasinya.
    selain biar lebih menarik (versi saya pribadi), merubah sedan station wagon ke pick up pastilah bakal mengurangi sedikit bobot mobil. kalo lbih ringan psti konsumsi BBM-nya jg bakal lebih ringan....hehehe....(sok tau).
    kira-kira sampeyan punya saran gak pak wien, kira-kira modifikasinya ke bentuk PU sperti apa ya?

    matur suwun sebelum dan sesudahnya

    hormat saya
    budi suseno-pekanbaru
    masdilla25@yahoo.com

    BalasHapus