Kamis, 22 Maret 2012

Analis: iPhone Gerus Pasar Kamera Sony

iPhone (Ist.)

Jakarta - Penurunan penjualan kamera dialami oleh Sony Corp. Hal ini dilaporkan terjadi sejak beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2009.

Salah satu analis mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan karena hadirnya kamera ponsel. "Kamera ponsel makin diterima sebagai kamera utama," ujar Pamela Tufegdzic, analis dari perusahaan peneliti IHS Inc.

"Smartphone mengkanibalisasi pasar kamera digital point-and shoot," tambahnya seperti dilansir detikINET dari BusinessWeek, Rabu (21/3/2012).

IHS menunjukkan data yang mereka himpun di mana diketahui bahwa pengapalan kamera digital diprediksi menurun sebanyak 4,3% tahun ini sehingga menjadi 115,2 juta unit. Kebalikannya, pengapalan smartphone akan melonjak sebanyak 35% menjadi 642 juta unit, juga di tahun yang sama.

Di lain sisi, kualitas kamera di ponsel memang makin baik. iPhone 4S misalnya mampu mengambil foto dengan resolusi 60% lebih tinggi daripada model sebelumnya.

Begitu pula dengan HTC yang baru saja merilis seri One di mana ia masih beraksi dengan baik di konsisi yang miskin cahaya.

Dan tak hanya Sony saja yang merasakan imbas dari peningkatan kualitas kamera ponsel. Menurut Camera & Imaging Products Association, vendor kamera lain termasuk Nikon, Canon dan Olympus Corp. mengapalkan jumlah kamera digital sebanyak 5,6 juta unit di bulan Januari tahun ini. Angka tersebut menurun 10% dibanding bulan yang sama pada tahun 2011.

( sha / ash )
http://inet.detik.com/read/2012/03/21/130034/1873219/1277/analis-iphone-gerus-pasar-kamera-sony

Tidak ada komentar:

Posting Komentar