Kamis, 01 Maret 2012

Banyak Hal Baru di Java Jazz Festival 2012

JAKARTA - Jakarta International Java Jazz Festival 2012 sudah pasti diselenggarakan pada 2,3, dan 4 Maret 2012. Di ajang jazz terbesar se-Asia ini, akan ada beberapa hal baru yang belum pernah ditampilkan sebelumnya.

Masih bertempat di JIEXPO Kemayoran, Java Jazz akan menyediakan 18 panggung di tahun ini. Ada 60-70 slot perhari. Jumat ada 24 artis luar dan 37 dalam negeri. Sabtu 28 artis luar dan 35 artis dalam negeri. Minggu ada 23 artis luar dan 40 artis lokal.

Sederetan musisi jazz luar negeri yang akan tampil dalam Java Jazz 2012 adalah Pat Metheny, David Sanborn, Al Jarreau, George Duke Trio, Bobby McFerrin, Madesky Martin & Wood, Robert Randolph, Ron Carter, Carl Allen, Quincy Jones Presents: Alfredo Rodriguez Trio, Mamas Gun, Manhattan Transfer, Dave Koz, Sheila E & Family, Poncho Sanches Latin Jazz Band, Duwende, Joey DeFranscesco, Barry White Show & The Pleasure Unlimited Orchestra, Juilliard Jazz Quartet, Chris Standring, Depapepe,
Swing Out Sister, Laura Fygi, Rodney Whitaker dan Soil and Pimp Session.

Selain menyuguhkan puluhan musisi luar negeri, tahun ini Java Jazz juga akan menyajikan tribute Benyamin S, Utha Likumahuwa, Sudjiwo Tejo dan Addie MS. Musisi-musisi tersebut sebelumnya belum pernah ada dalam line up Java Jazz Festival.

"Beberapa artis masih dalam proses dan belum berani diumumkan. Sudjiwo Tedjo juga nanti akan ada project, project musik langgam. Ada beberapa artis juga yang akan membuat Tribute to Benyamin S dan akan ada tribute to Utha Likumahuwa. Di Java Jazz 2012 juga pertama kali, Addie MS Orchestra akan tampil," tutur Program Director Java Festival, Eki Puradiredja, saat ditemui di Jakarta, Kamis (15/12/2011).

Bukan hanya itu saja, akan ada juga pengkolaborasian antara musisi Indonesia dengan musisi luar. Menurut Eki, hal ini dilakukan untuk mengangkat nama musisi Indonesia di mata internasional.

"Ini sangat penting!," tegasnya.

Pihak Java Jazz Festival sendiri menargetkan lebih dari 100 ribu pengunjung selama tiga hari untuk ajang jazz bergengsi ini, karena pada tahun lalu mereka sudah berhasil mendapatkan sekitar 106 ribu penonton. (tre)

http://music.okezone.com/read/2011/12/15/386/543000/banyak-hal-baru-di-java-jazz-festival-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar