Minggu, 22 Juli 2012

Header Right Jon Lord Wafat Pada Usia 71 Tahun

Jon Lord, mantan kibordis Deep Purple wafat pada usia 71 tahun. Lord, yang merupakan salah satu pendiri grup asal Hertford, Inggris itu menyerah pada kanker pankreas yang telah lama menggerogoti tubuhnya.

Pada 1968 Lord mendirikan Deep Purple yang kini dikenang sebagai salah satu pionir hard rock. Ia turut serta menulis beberapa single terbesar mereka, yaitu “Smoke On The Water,” “Black Night” dan “Strange Kind Of Woman.”

Di awal perjalanannya, Deep Purple membawakan lagu cover yang agak soft seperti “Hush” milik Billy Joe Royal dan “Kentucky Woman” kepunyaan Neil Diamond.

Pada 1969 Deep Purple merekrut vokalis baru Ian Gillan dan mengembangkan karakter mereka dalam album klasik Machine Head dan Fireball. Pada periode tersebut, unit yang sempat bernamakan Roundabout itu berganti-ganti personil, namun Lord merupakan salah satu yang tetap bertahan.

Setelah Deep Purple bubar pada 1976, Lord bergabung dengan Whitesnake selama enam tahun. Ia juga pernah menyumbangkan kemampuannya dalam album-album George Harrison dan David Gilmour. Sosok yang pernah dianugerahi Doctor of Music dari University of Leicester tersebut kembali bergabung dengan Deep Purple pada 1984 dan bertahan hingga memutuskan pensiun 10 tahun silam.

http://gigsplay.com/News-detail/jon-lord-wafat-pada-usia-71-tahun/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar