Senin, 23 Juli 2012

Motor Viar Pemadam Kebakaran


Jakarta - Kebakaran terus berulang di Jakarta. Gang-gang sempit dan pemukiman padat penduduk sering menjadi kendala bagi mobil pemadam menjinakkan api. Dinas Pemadam Kebakaran DKI meluncurkan motor pemadam kebakaran untuk mengatasi kendala itu.

110 Motor pemadam ini akan dibagikan ke 56 kelurahan rawan kebakaran di Jakarta dan ada warga yang dilatih untuk menjadi sukarelawan untuk mengoperasikannya. Pada Rabu (25/4/2012) sekitar pukul 19.30 WIB motor beroda tiga merek Viar ini melintas di Jl Otista menuju Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Ada sekitar 10 motor pemadam kebakaran yang melintas di Jl Otista tersebut. Mereka berkonvoi dan berjalan di lajur kanan. Motor berkelir merah ini dikemudikan oleh satu orang petugas pemadam kebakaran yang mengenakan seragam biru.

Diperkirakan mereka datang dari Ciracas, lokasi latihan mereka, hendak menuju Sudin Kebakaran Jakarta Pusat, tempat motor itu di-pool sementara.

Pada bagian belakang motor tersebut terdapat berbagai peralatan pemadam kebakaran seperti pompa portabel, tangki air 20 liter dan satu selang tergulung berwarna hitam.

Motor ini juga dilengkapi satu buah hose reel, dua buah selang pengisap 3,5 inci X 3 meter, satu buah nozzle atau pipa pemancar 2,5 inch tipe jet/spray, satu buah foam induktor, satu buah saringan isap kuningan.

Personel pemadam motor ini juga dilengkapi dua kapak, satu fire helm, jaket, celana, sarung tangan, sepatu bot serta satu megaphone.

Peralatan yang cukup banyak ini membuat motor roda tiga ini menggembung besar. Namun gerakannya masih lincah kok, buktinya masih bisa menyalip mobil-mobil yang ada di depannya.

http://oto.detik.com/read/2012/04/26/180040/1902623/1208/motor-viar-pemadam-kebakaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar