Minggu, 09 September 2012

Tak Hanya Lezat, Hidangan MasterChef pun Harus Tertata Apik

PENATAAN hidangan merupakan bagian dari penilaian penting bagi Chef Master Degan, Marinka, dan Juna. Kedatangan seorang juri lain semakin menegaskan pentingnya penilaian ini.

Ketiga juri MasterChef Indonesia Season 2 menuntut kontestan untuk memperhatikan nilai estetika dari penggunaan piring dan garnish serta tata letak yang tepat. MasterChef Indonesia episode 18 kali ini menampilkan sosok fotografer profesional, Jerry Aurum.

Suami penyanyi yang sempat terkenal sebagai rapper Denada ini dihadirkan di Galeri MasterChef untuk memberikan penilaian khusus bagi hidangan kontestan, dilihat dari sisi fotografi.

Delapan kontestan MasterChef menerima tantangan membuat signature dish dari Chef Master Marinka bernama Smoked Salmon Pan Seared Scallop with Popcorn Sauce dalam waktu 75 menit. Namun, hidangan mereka diharapkan tidak hanya enak di lidah, juga sedap dipandang mata.

Delapan kontestan harus mengutarakan ide dan konsep hidangan masing-masing setelah dipotret oleh Jerry Aurum. Jerry juga memberikan masukan kepada para kontestan tentang estetika makanan. Setelah itu, hidangan pun dibawa ke meja juri.

Ini jelas merupakan pertarungan sengit bagi mereka, sebagai pembuktian atas peningkatan kemampuannya selama kompetisi sekaligus usaha mempertahankan diri. Dan untuk kesekian kali, Desi (39, direktur hotel asal Bangka) terpilih sebagai pemenang. Jerry memuji tampilan hidangannya, ketiga juri juga mengaku puas dengan rasa masakannya.

"Masakan Desi, cantik. Dengan piring bulat dan komposisi yang grouping membulat, hidangannya terlihat pas dengan piring bulatnya. Over all, saya suka," puji Jerry.

"Salmon dan popcorn sauce sangat creamy, saladnya juga. Presentasi yang menurut saya paling bagus," sahut Chef Master Degan.

Kepada para kontestan, Jerry juga berbagi tips tentang estetika makanan ditilik dari sisi fotografi. "Beberapa hal kadang terlupakan adalah grouping. Dengan pengelompokan, buat yang menikmati jelas, mana yang menjadi start, pendukung, dan sebagainya," jelasnya.

Sebagai pemenang tantangan pertama, Desi terbebas dari tantangan berikutnya, yaitu Mystery Box. "Lagi lagi Bu Desi yang menang. Harusnya saya karena tanpa jadi pemenang tantangan ini, dia pasti bisa masuk babak tujuh besar," cibir Zeze (20, mahasiswi asal Bandung).

Ya, ketakutan Zeze cukup beralasan karena kontestan yang kalah di babak Mystery Box akan menghadapi Duel Black Team. Jika kontestan tersebut kalah, maka dia akan berganti posisi dengan anggota Black Team, yang setiap saat mengusik ketenangan para kontestan. Jika anggota Black Team kalah, maka dia akan benar-benar tereliminasi untuk kedua kalinya. (ftr)
http://www.okefood.com/read/2012/09/09/299/687228/tak-hanya-lezat-hidangan-masterchef-pun-harus-tertata-apik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar