Sabtu, 19 Januari 2013

Banjir lagi … Jakarta lagi

:( “Pakdhe, kok ramalannya salah ya .. katanya banjirnya tanggal 14 Februari 2008 ?”
:D “Iya je, ramalanku tanggal 14 Februari karena pas perigee dan tanggal 7 February akan ada gerhana matahari”
Memang kalau disebandingkan dengan banjir yang sama setahun yang lalu sepertinya banjir kali ini datang “lebih dini”. Hal ini tentusaja bukan masalah ramal-meramal tetapi perlu diketahui bahwa banjir tidak hanya disebabkan oleh satu penyebab saja. Ada beebrapa hal yang harus diperhatikan yaitu, adanya kemungkinan banjir yang sama seperti tahun lalu akan terjadi “lagi” di Jakarta. Barangkali banjir tanggal 1 February 2008 ini hanyalah “dering jam wekker” untuk membangunkan kita akan kemungkinan banjir selanjutnya.

Antisipasi banjir Jakarta menurut prakiraan BMG.

Kalau dilihat dari penyebab banjir tanggal 1 Feb 2008 kemarin ini lebih disebabkan oleh adanya curah hujan yang suangat tinggi. Nah kalau memang benar banjir akan lebih dikontrol oleh curah hujan, maka perkiraan BMG jelas harus diperhatikan, karena di BMG ada divisi Meteorologi, dimana divisi ini yang bertanggung jawab dalam prakiraan hujan dalam bulan-bulan mendatang.

Berdasarkan prakiraan hujan ini maka BMG telah berhasil membuat prakiraan serta antisipasi daerah-daerah di Jakarta dan sekitarnya untuk berjaga-jaga menghadapi banjir. Daerah-daerah itu ada pada peta dibawah ini.

Prakiraan Banjir bulan Februari 2008.
prb02080_dki1.jpgBulan Februari 2008, masih akan sangat rawan banjir. Walaupun BMG hanya memberikan prakiraan hanya sampai status menengah, namun melihat kenyataan bahwa saat inipun sudah terjadi banjir yang cukup menganggu di Jakarta maka yang digambarkan menengah itu mungkin sudah harus ditingkatkan statusnya menjadi potensi tinggi.
sat_ir_20080202_1300.jpg

Foto satelit infra red yang disebelah kanan ini menunjukkan awan yang berada diatas Indonesia ini memperlihatkan bahwa banjir masih mengintai. (klick gambar untuk memperbesar). Juga dengan kemungkinan akan terjadinya pasang perigee pada tanggal 7 Februari 2008 ini akan sangat memungkinkan terjadinya pasang naik. Dan kalau kondisi pasang ini dibarengi dengan curah hujan tinggi tentunya akan sangat memungkinkan terjadi banjir seperti tahun 2007 lalu.
Prakiraan Banjir bulan Maret 2008.
prb03080_dki1.jpgPada bulan Maret-pun masih terlihat daerah-daerah yang berpotensi banjir di Jakarta ini. Jadi dapat kita lihat bahwa BMG sudah mempersiapkan peta-peta yang diperkirakan akan mengalami banjir pada bulan-bulan mendatang. Jadi harus diinget bahwa banjir masih akan mungkin terjadi lagi.
:( “Pakdhe, kalau gitu ngga boleh bilang kalau BMG belum memperkirakan looh !”
:D “Itulah Thole BMG-pun mestinya juga menyebarkan hasil kajiannya yang mungkin akan sangat berguna bagi masyarakat.


http://rovicky.wordpress.com/2008/02/02/banjir-lagi-jakarta-lagi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar