Kamis, 17 Januari 2013

Ini Penyebab Banjir di Jakarta Menurut Jokowi


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa ruas jalan di Jakarta akan tergenang air saat hujan deras turun, salah satunya di daerah Thamrin. Menurut Joko Widodo, penyebabnya bukan karena sampah yang menumpuk, melainkan sempitnya gorong-gorong.

Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan bulan lalu sampah di sekitar Thamrin sudah dikeruk dan bersih. Kapasitas gorong-gorong yang kurang besar, menjadi 'tersangka' utamanya.

Hal itu terungkap saat Jokowi menilik langsung gorong-gorong di Bundaran Hotel Indonesia. Jokowi mengaku kecele dengan sempitnya gorong-gorong. Namun, ia mengaku belum mengetahui diameter gorong-gorong yang di tengah.

“Nanti kita cek. Siapa tahu yang di tengah itu yang bisa main sepak bola,” ujarnya Jokowi usai mengecek gorong-gorong di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (26/12).

Target jangka pendek yang bakal dilakukan Jokowi adalah agar aliran air selama musim hujan periode Desember hingga Januari segera terselesaikan. Semua itu agar tidak menyusahkan masyarakat pengguna jalan.

Untuk mengatasi permasalahan gorong-gorong dalam jangka pendek, Jokowi akan memasang pompa untuk ditarik ke Cideng dan Waduk Melati. Menurutnya, sore ini ada terdapat empat titik yang ditaruh pompa yakni Thamrin-HI, Tri Sakti, Gatot Subroto dan depan Gedung SCTV.

Selain itu, juga membuka pintu gorong-gorong dan dijaga agar masyarakat yang lewat tidak terperosok. Sementara untuk jangka panjang, gorong-gorong tersebut akan diperbesar. Sayangnya, program jangka panjang itu diakui Jokowi masih belum terlaksana karena masih menunggu anggaran cair.
Redaktur: Karta Raharja Ucu
Reporter: Rina Tri Handayani


http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/12/26/mfnbc1-ini-penyebab-banjir-di-jakarta-menurut-jokowi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar