Jumat, 04 Januari 2013

Benarkah Pembesut Ubuntu 'Curi' Data Pengguna ?

Richard Stallman (arstechinca)

Jakarta - Presiden Free Software Foundation, Richard Stallman, menuding Canonica sebagai pembesut Ubuntu telah menginstal kote pengintai di dalam sistem operasi mereka.

Melalui tulisan yang diupload di blog pribadinya, Stallman bercerita bagaimana Canonica diuntungkan oleh para pengguna Ubuntu yang berbelanja di Amazon, yakni dengan menginstal aplikasi pengintai.

Mendapat tudingan dari sosok seperti Stallman, pihak Canonica pun tak tinggal diam. Mereka membantah semua tanggapan yang dilontarkan pria bertubuh tambun tersebut.

"Data yang kami kumpulkan hanya data anonymous, dan kami mengumpulkan data hanya untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna Ubuntu," kata Cristian Parrino dari Canonica.

Selain itu Parrino juga menegaskan bahwa Canonica tidak akan menghilangkan fitur Shopping Lens yang disanksikan Stallam itu. Pihaknya justru bakal terus mengembangkan dengan menampilkan pencarian di situs YouTube, Last.fm, dan lainnya pada Ubuntu 13.04.



Shopping Lens yang merupakan salah satu fitur pencarian di Dash memang akan menampilkan beberapa konten yang berada di Amazon, fitur ini pun sejatinya bisa dinonaktifkan jika pengguna tidak menginginkannya. Tapi menurut Stallman itu belum cukup.

"Ubuntu memang mengizinkan pengguna untuk mematikan fitur tersebut, tapi secara default fitur tersebut aktif dan Conica yakin bahwa akan banyak pengguna yang membiarkannya," kritik Stallman, seperti dikutip detikINET dari arstechnica, Kamis (13/12/2012).

( eno / ash )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar