Rabu, 09 Januari 2013

Ubuntu 'Kawin' dengan Android ?


Jakarta - Canonical, perusahaan di balik distribusi Ubuntu, tengah mempersiapkan produk baru yang cukup misterius. Beredar kabar bahwa ini adalah sistem operasi hybrid antara Android dengan Ubuntu.

Di halaman muka situs Ubuntu terpampang jelas hitungan mundur yang tinggal beberapa jam lagi, tepatnya akan berakhir tanggal 2 Januari 2013. Tak banyak informasi yang disebutkan, di situs tersebut hanya tercantum tulisan 'So Close, you can almost touch it'.

Dari kalimat tersebut bisa disimpulkan bahwa Canonical tengah mempersiapkan aplikasi atau sistem operasi berbasis layar sentuh. Hal ini dipercaya merupakan sesuatu yang baru, bukan Ubuntu yang dirilis untuk tablet Google Nexus beberapa waktu lalu.

Mark Shuttleworth, pendiri Canonical, sempat berujar bahwa dirinya tengah mempersiapkan sebuah sistem operasi lintas perangkat. Sistem ini sudah di-develop cukup lama dan dijadwalkan meluncur 2014.

Dilihat dari hal itu sudah bisa dipastikan yang akan segera meluncur bukan sistem operasi untuk tablet PC atau smartphone, melainkan Ubuntu yang bisa berjalan bersama Android.

Cara kerjanya seperti ini. Ubuntu akan diinstal di perangkat berbasis Android, tapi hanya sebatas aplikasi saja. Namun bila perangkat tersebut ditancapkan ke dalam dock khusus yang terhubung dengan monitor, maka perangkat ini bisa langsung dipakai sebagai komputer berbasis Ubuntu. Jika dicabut, fungsinya akan kembali ke Android.

Nah, fitur seperti itulah yang diduga akan segera diluncurkan Canonical dalam beberapa jam ke depan. Seperti dikutip detikINET dari androidguy, Rabu (2/1/2013), berikut tampilan situs Ubuntu.



http://inet.detik.com/read/2013/01/02/113859/2131073/317/ubuntu-kawin-dengan-android?id771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar