Jumat, 04 Januari 2013

Ubuntu Dianggap 'OS Mata-mata'


Richard Stallman (arstechinca)

Jakarta - Siapa yang tak kenal Ubuntu? Salah satu distro Linux yang paling populer ini justru dianggap sebagai sistem operasi yang bisa memata-matai penggunanya.

Ya, Ubuntu memang menjadi alternatif sistem operasi di luar Windows yang cukup banyak dipakai penggiat open source. Namun versi terbaru OS ini justru dianggap Richard Stallman, selaku Presiden Free Software Foundation menyediakan aplikasi pengintai.

"Ubuntu, sebuah distro GUI Linux yang sudah didistribusikan secara luas telah menggunakan kode spyware di dalamnya," tulis Stallman, seperti dikutip detikINET dari arstechnica, Kamis (13/12/2012).

Aplikasi yang dimaksud Stallman adalah Shopping Lens sebagai salah satu fitur pencarian di Dash. Dengan kemampuan tersebut, pengguna tak hanya menemukan apa saja yang ada di dalam PC, tapi juga konten yang ada di Amazon.

Selain itu semua pencarian yang dilakukan di Dash juga akan dikirim ke Canonical. Inilah yang disesalkan Stallman, apalagi Canonica disinyalir mendapat fee dari setiap item Amazon yang terjual melalui Dash.

"Dengan mempromosikan Amazon, Canonica akan mendapatkan kontribusi dari mereka (Amazon-red)," tutup Stallman, dalam sebuah tulisan yang ia upload di blog pribadinya.
( eno / fyk )


http://inet.detik.com/read/2012/12/13/112520/2117342/317/ubuntu-dianggap-os-mata-mata?id771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar