Kamis, 22 Agustus 2013

Kata Analis Penyebab Terpuruknya Penjualan BlackBerry

detail berita
BB Z10 (foto: Okezone)
ONTARIO – Juru bicara BlackBerry mengatakan pemecatan 250 karyawan BlackBerry diharapkan menjadi momentum kebangkitan perusahaan smartphone asal Kanada.

Semenjak memecat lima ribu karyawannya pada 2012 lalu, banyak yang mempertanyakan keberlangsungan hidup perusahaan handset yang pernah merajai dunia ini.

“Mereka yang dirumahkan adalah karyawan divisi riset dan pengembangan. Departemen yang bertugas melakukan penelitian dan pengembangan manufaktur BlackBerry,” kata juru bicara Alex Kinsella, seperti dikutip Epoch Times, Jumat (26/7/13).

Produsen BB Z10 ini memecat 250 karyawan yang dianggap buruk dalam performanya dan telah merugikan waktu serta uang perusahaan.

Lebih lanjut, ia juga membicarakan tentang rencana untuk meningkatkan efisiensi dan mencoba peruntungan baru di dunia komputasi mobile. Meski memecat 250 karyawannya, pihak BlackBerry yakin masih akan bangkit dari keterpurukan yang tengah mendera mereka.

Namun nampaknya kesempatan tersebut memiliki kemungkinan sangat kecil, jika dilihat dari penurunan yang sangat drastis penjualan handset BlackBerry di kuartal kedua ini.

Pendapat itu diamini oleh seorang analis dari Nomura, Stuart Jeffries, analis ternama yang paham betul dengan track record BlackBerry dari masa ke masa. Ia mengatakan apa yang direncanakan dinilai akan berujung baik bisa menjadi buruk. “Bahkan sesuatu yang positif bisa menjadi negatif,” tulisnya dalam catatannya.

Melihat pada masa kejayaan yang pernah dipuncaki oleh BlackBerry pada waktu silam, Jeffries berpendapat keunggulan BlackBerry pada waktu itu adalah bentuk keypad yang belum pernah ada sebelumnya, yakni qwerty. “Yang menjadi nilai lebih adalah keypad-nya,” kata sang analis.

Namun menurutnya lagi, BlackBerry terlalu lama mempertahankan keypad qwerty saat pesaing-pesaingnya telah menerapkan teknologi layar sentuh. Teknologi itu baru diterapkan secara menyeluruh oleh BlackBerry pada BB Z10. Dan ini dinilai sudah terlambat.
(amr)


 http://techno.okezone.com/read/2013/07/26/57/843113/kata-analis-penyebab-terpuruknya-penjualan-blackberry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar