Sabtu, 24 Agustus 2013

Samsung Tizen Molor Sampai November

Jakarta - Meski pengembangan OS Tizen kabarnya ditunda, Samsung masih bertekad merilis smartphone berbasis Tizen. Beberapa kali perkiraan peluncurannya molor, informasi terbaru menyebutkan Samsung Tizen akan dirilis sebelum akhir tahun.

Samsung memang belum mengonfirmasikannya secara resmi mengenai waktu peluncuran smartphone dengan OS buatannya itu. Namun bocoran yang tampak di report page mengenai proyek Tizen yang beredar, hampir mendekati kebenaran.

Dalam report page tersebut, ada salah satu komentar yang menyebut nama operator telekomunikasi, yakni NTT DoCoMo. Operator asal Jepang tersebut diyakini sudah memasukkan SGH-N055 yang merupakan kode dari ponsel Tizen, dalam rencananya.

Dalam kolom komentar yang membahas sejumlah bug, salah satu pengguna menyebut SGH-N055 versi DoCoMo, tidak memiliki bug yang sedang dibahas. Artinya, ponsel ini sudah diuji oleh pihak ketiga.

Tapi tentu saja, seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (14/8/2013), kepastian ini baru akan diketahui saat peluncuran nanti. Sejumlah gadget enthusiast memprediksi, konferensi developer akan dimanfaatkan Samsung memperkenalkan produk barunya tersebut.

Adapun waktu peluncuran yang paling besar kemungkinannya dipilih Samsung adalah November atau December. Sejauh ini, belum ada informasi lebih detail mengenai smartphone Tizen. Baik spesifikasi maupun penampakan rupa ponsel ini belum bisa diketahui.

Tizen dikembangkan Samsung bersama Intel. Berbasis Linux, Tizen dipromosikan Linux Foundation sebagai alternatif platform Android. Tizen sendiri adalah pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.

(rns/ash)

http://inet.detik.com/read/2013/08/14/164644/2329780/317/samsung-tizen-molor-sampai-november

Tidak ada komentar:

Posting Komentar