Selasa, 04 Oktober 2011

Tips Menghindari Penipuan di Facebook


Facebook sebagai salah satu situs jejaring sosial terpopuler di dunia tentunya tidak luput dari ancaman aksi penipunan online. Untuk mencegah ancaman tersebut makan pengguna harus menjaga akunnya dari tangan-tangan jahil.
Berikut ini tips menghindari penipuan di Facebook Anda:
  • Bacalah baik-baik panduan resmi tentang privasi dari Facebook.
  • Pantau dan sesuaikan pengaturan privasi Facebook Anda.
  • Bersikap lebih selektif dalam meminta atau menerima permintaan menambah teman.
  • Nonaktifkan seluruh pilihan di bagian keamanan privasi dan notifikasi surel, lalu aktifkan kembali satu per satu setelah Anda memeriksanya dengan seksama.
Dikutip dari AllFacebook, Sophos mengatakan bahwa jenis penipuan yang paling sering dilakukan di Facebook adalah:
  1. Cross-site scripting atau XSS. Sering disamarkan ke dalam messages di Facebook, misalnya pesan dengan judul “Why are you tagged in this video?”, jenis penipuan ini akan membawa para pengguna ke situs yang nantinya akan memancing mereka untuk melakukan copy paste kode JavaScript berbahaya ke address bar dibrowser mereka. Penipuan ini juga bisa muncul secara tersembunyi dalam berbagai kode JavaScript dan akan menyisipkan malware tanpa diketahui pengguna.
  2. Click-jacking. Penipuan jenis ini biasanya muncul dalam bentuk link yang bisa di-klik yang justru akan meng-install aplikasi yang dapat membongkar identitas pengguna. Click-jacking biasanya dibuat berdasarkan kode JavaScript dan Flash, sehingga sangat penting untuk terus meng-update Adobe Flash Player di komputer Anda untuk mencegah penipuan jenis ini.
  3. Survey scams. Ini sebenarnya adalah bentuk lain dari click-jacking. Para pengguna diminta untuk mengisi formulir survei dan bila formulir tersebut selesai diisi dan dikirim, para pengguna akan menyebar formulir survei ini ke seluruh teman-temannya tanpa mereka sadari.
  4. Pencurian identitas. Hampir semua jenis penipuan yang ada di internet bertujuan untuk mencuri identitas para penggunanya. Identitas curian ini nantinya akan dipakai untuk melakukan menutupi aksi penipuan lainnya sehingga pelaku aslinya tidak ketahuan.
Dengan tips di atas semoga akun Facebook Anda lebih aman dari ancaman gangguan yang ada.

http://www.teknologinet.com/2011/08/tips-menghindari-penipuan-di-facebook.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar