Minggu, 10 Juli 2011

Asyiknya 'Nonton' F1 di iPad


Jakarta - Demam F1 telah melanda seluruh dunia. Berbondong-bondong orang menyaksikan jagoan-jagoan mereka beraksi dari balik layar kaca. Kini, hal tersebut bisa dilakukan lewat sebuah iPad.

Aplikasi bernama lengkap F1 Live Timing and Track Positioning application - Championship Pass besutan Soft Pauer ini sungguh keren. Pasalnya ini adalah satu-satunya aplikasi resmi dari pihak F1, yang memberi akses kepada pengguna 'menyaksikan' jagoan-jagoan mereka beraksi dalam babak latihan 1, 2 ,3, Kualifikasi, hingga pertandingan GP F1 2010 di tiap kota.

Namun jangan dibayangkan aplikasi ini benar-benar memutar video GP seperti tayangan TV. Aplikasi ini sekilas nampak seperti saat kita bermain game Championship Manager (CM), dengan ikon-ikon pembalap yang saling beradu di sirkuit.

Asyiknya, tampilan sirkuit dapat diputar-putar 360 derajat, di-zoom dengan sentuhan multi-touch, serta diputar ke modus perspektif ala 3D (mirip efek 3D pada OVI Map Nokia). Pengguna cukup menyentuh nama pembalap, untuk mendapatkan efek camera-follow, saat mereka beraksi.


Saat iPad diputar dalam posisi portrait, layar bakal terbagi dua. Bagian atas akan menunjukan urutan posisi, kemudian bagian bawah menunjukan kondisi realtime suasana GP. Tepat di bagian tengahnya dibelah oleh news ticker, yang menampilkan informasi seputar pertandingan.

Pada bagian atas, terdapat tabel informasi yang menyediakan data pembalap, tim, jadwal pertandingan, posisi sementara dilengkapi foto-foto. Selain itu pengguna juga bisa menikmati live feed, serta berita-berita terakhir.


Saat dicoba detikINET sewaktu GP Spanyol weekend lalu, menikmati suguhan real-time aplikasi ini merupakan keasyikan tersendiri. Dari pantauan detikINET, aplikasi ini lebih cepat 12 detik, dari tayangan langsung di sebuah TV Swasta Nasional.

Aplikasi berukuran 10,1 MB ini sudah tersedia di App Store seharga US$ 32.99. Selain iPad, aplikasi ini juga berjalan di iPhone dan iPod Touch, dengan minimum OS versi 3.0. detikINET menguji aplikasi ini pada iPad dengan OS 3.2.

( fw / wsh )
 http://www.detikinet.com/read/2010/05/11/122321/1355124/732/asyiknya-nonton-f1-di-ipad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar