Minggu, 10 Juli 2011

Belanja Produk di Internet Kudu Hati-Hati

Untuk kesekian kalinya saya membeli barang via Internet (belanja online), Tapi untuk kesekian kalinya saya sangat kecewa. Namun, Marah dan Kecewapun rasanya tidak ada artinya karena semua udah terlanjur...that's why I just wanna tell you how to do Guys....

Memang banyak keuntungan membeli via internet (belanja Online) karena kita gak perlu capek-capek pergi jauh dan membeuang banyak waktu untuk meneliti produk-produk yang kita inginkan (duh...kok malah jadi kayak repiu)..Namun ada beberapa hal yang merugikan apabila kita membeli barang via internet karena kita gak bisa melihat kualitas barang tersebut, so...Jika temen tertarik untuk membeli barang via internet kudu hati-hati banget terutama apabila membeli barang Elektronik, Meskipun sekelas Ebay tetep aja pihak Ebay ngingetin ke semua customer untuk membeli barang-barang dari seller yang ada di webnya Ebay...karena gak sedikit dari mereka yang menjual SAMPAH...Contoh kecil aja :

Pertama >>
Saya pernah membeli perhiasan Emas putih dan Emas Kuning di Ebay, memang awal2 bagus dan saya membeli Cincin Emas Putih, Kalung Emas Putih dan membeli anting emas kuning sebagai gift untuk Kakak tapi ternyata beberapa bulan kemudian emas putih yang saya pakai terasa sangat gatal sedangkan anting Emas kuning yang Kakak saya pakai juga mengelupas dan warnanya menjadi besi merah...Kemudian Cincin emas Putih setelah di cek ama Seseorang dengan sebuah cairan (gak tahu namanya apa) bahwa cincin itu dipastikan bukan Emas Putih melainkan Perak biasa.

Kedua >>
Saya pernah membeli DVD ROM external, udah jelas banget di iklannya bahwa itu merk Fujitsu dan memang untuk DELL Inspiron mini 10 Netbook yang saya punya, saya cek di pasar offline bagaimana merk fujitsu External memang bagus yaitu tipis dan enak dibawa kemana2 lagian DVD ROM DELL jadul saya juga merk Fujitsu, Karena barangnya sama dan jika membeli via Ebay barang akan tiba sampe depan rumah makanya saya memilih untuk membeli via ebay aja. Namun setelah barang tiba bukan Merk Fujitsu yang datang melainkan TANPA MERK, dari awal barang datang saya langsung complain ke SELLER karena tidak sesuai dengan yang di iklan dna gambarnya di iklan Fujitsu beda banget dr luarnya aja udah beda namun mereka juga gak mau menanggapi mereka hanya menjawab : Memang kita menjual barang tanpa merk tetapi dengan kualitas Fujitsu *lho kok? kalo jual hanya dg kualitas sama harusnya jangan Foto Fujitsu donk yang dipajang? katanya Thin ternyata tebel banget setelah barang tiba* , Karena males ramai akhirnya saya terima aja...satu bulan dua bulan masih gak ada suara dan kualitasnya memang bagus jadi saya tenang aja....namun beberapa bulan berikutnya saya coba untuk memutar DVD berisiknya minta ampun dan hari ini barang gak bisa diajak kompromi CDnya gak bisa terbaca, terbca dikit berisik banget kemudian saya keluarkan CD dan masukkan lagi malah CDnya EJECT dengan sendirinya sampai puluhan kali, sudah saya coba restart tetap aja gak ada respon...Akhirnya KiAMat NAsib DVD Rom itu saya banting dan langsung pada peot...(Aneh banget, masa langsung pada peot gitu...kalo kualitas bagus gak mungkin sampe peot gitu)

Ketiga >>
Saya pernah membeli batik di salah satu blog teman di Jogjakarta, saya memesan dan memilih batik sesuai dengan yang ada di gambar...Sebelum barang dikirim memang saya diperlihatkan dulu namun dari model lengannya dan seluruh modelnya beda dengan yang saya pilih bahkan sampai warnanya pun SANGAT BEDA dan saya dikasih warna KUSAM dan sangat JELEK...Lalu mereka bilang "udah terlanjur dibuat special buat Mbak Jovie masa gak jadi.." akhirnya saya tetap membayar dan saya memilih model lainnya yang lebih murah, dan setelah barang nyampe dari bentuk paketnya aja SANGAT BURUK padahal saya membayar biaya pengiriman Rp 160.000, ukuran bajunya SANGAT BESAR padahal saya sudah memesan ukuran S mungil (jika saya membeli di toko ukuran S jika kebesaren gak nyampe segitunya)...jahitannya SANGAT tidak rapi banyak potongan benang yang masih menempel dan tersisa akhirnya saya memotonginya sendiri benang2 yang morat marit itu, dan setelah saya coba memakai SANGAT TIDAK NYAMAN dipakai dari bahunya yang SANGAT BESAR namun bagian lengan sangat sempit padahal lengan saya kecil, dan setiap tangan saya angkat keatas seluruh kain bagiandada sampai bagian bahu terangkat semua keatas jadi bakal kelihatan kulit tubuh saya...setelah saya tunjukkan ke teman, komentar dia : Kok kayak baju 10ribuan yang beli di pasar yang udah diobral..!! padahal saya membelinya mahal, 2 baju+biaya pengiriman sekitar 500-600ribu rupiah.

Ke empat >>
Saya membeli printer via online, dia di Surabaya dan posisi saya di Bali...saya ingin membeli HP yang ada screen seperti pinter+scanner 3in1 brother yang pernah saya punya...maybe harga sekitar 700rb tapi tuh SELLER menyarankan saya untuk membeli Canon aja dengan harga lebih mahal dari pasaran karena dia bilang "ada screen, jika tinta salah satu kosong tetep bisa jalan, dll" maka saya membelinya. Setelah uang saya kirim ternyata mereka tidak mau mengantar Printer itu sampai ke Alamat yang saya kasih Padahal saya sudah membayar biaya kirim, jadi harga printer+biaya pengiriman = Rp 512 ribu, karena mereka gak mau mengirim barang akhirnya saya complain ke Surabaya...dan mereka mau kirim tapi minta biaya pengiman lagi Rp 50ribu, Setelah saya bayar barang akhirnya nyampai ke tangan saya..Namun apa yang terjadi? Ternyata PRINTER yang dikirim hanya model CANON iP980,tahu sendirilah model Printer itu model Jadul gak ada screen dan segala macem, buat ngeprint juga masih berisik...Yang kalau di Gramedia Bali bisa dapat dengan harga Rp 470ribu... Kaget sekali dan sedih banget lihat barang yang dikirim SEPERTI ITU....Ya Ampun...

So, bagi teman-teman sebelum mengalami hal-hal seperti yang saya alamin diatas..TOLONG HATI_HATI banget membeli barang via internet....Selidiki dulu kualitas SELLER nya..Dan sebaiknya membeli barang via internet
dalam bentuk BUKU (Novel,Komik, dsb) karena Anda bisa lihat harga dan kualitas buku+penulisnya via toko offline..
Langsung ke website yang punya produk bersangkutan dan sudah terlihat kualitasnya, misalnya Anda membeli DELL langsung aja ke Dell.com, membeli Canon langsung ke Canon, Apple iphone langsung ke Apple.com or Beli aja secara Offline karena apabila terjadi apa-apa Anda bisa complain secara langsung...Dan inilah jawaban buat teman-teman yang berkali-kali bertanya kepada saya via YM, mengenai Gimana kalau membeli laptop di ebay? Kualitas barang di ebay? dan saya ingatkan untuk tidak membeli barang elektrnik via Ebay sebelum kecewa..tapi kalau hati-hati lihat SELLERnya maybe gak mengalami nasib seperti saya..Tapi sebaiknya memang kalau membeli barang mahal membeli via online aja agar tidak terlalu kecewa...dan tidak membuang banyak uang..

NB : tulisan ini tidak ada maksud untuk menjelekkan suatu perusahaan atau penjual tapi untuk mengingatkan untuk para Seller maupun Customer..bagi para SELLER apabila ingin barang anda tetep laku meskipun dijual secara ONLINE, JAGA kualitas barang Anda sebelum para Customer kecewa dan menjauhi Anda..

http://jovieblog.blogspot.com/2010/05/belanja-produk-di-internet-kudu-hati.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar