Selasa, 26 Juli 2011

Roy Suryo: Tak Rumit untuk Melacak Keberadaan Nazaruddin

[JAKARTA] Ketua DPP PD bidang Komunikasi dan Informatika Roy Suryo Notodiprojo mengatakan, keberadaan M Nazaruddin bisa dilacak dan segera ditangkap. Caranya tidak rumit, karena secara teknis sama dengan melacak keberadaan seseorang melalui telepon seluler biasa.

Cukup dengan meminta personal identity number (PIN) blackberry mereka yang mengaku pernah menerima BBM atau bahkan percakapan dengan Nazaruddin, kemudian meminta produsen BB, yakni pihak Research In Motion (RIM) dan operator seluler mitranya di Indonesia seperti Indosat, Telkomsel, Komselindo, Tri dan lain-lain, untuk mencatat waktu pengiriman pesan atau percakapan dari Nazaruddin.

“Kalau sudah tahu waktu percakapan atau pengiriman BBM-nya, pasti bisa dilacak posisi terakhir si pengirim pesan itu,” jelas Roy Suryo, baru-baru ini.

Polisi yang mempunyai kewenangan itu kata Roy, bisa berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengajukan permohonan ke pihak RIM tentang keperluan pelacakan Nazaruddin.

Jadi, langkah awal adalah polisi memeriksa PIN BB orang-orang yang mengaku pernah menerima BBM atau bahkan berbicara dengan Nazaruddin. Menurut Roy Suryo, siapa pun termasuk media massa bisa membantu pelacakan Nazaruddin demi negara tanpa kehilangan independensinya.

“Sekarang, tinggal kemauan politik dari polisi untuk melacak dan menangkap Nazaruddin dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dan Partai Demokrat pun mendorong kepolisian untuk segera menangkap Nazaruddin,” tegasnya. [J-9/W-12/N-8/M-15


http://www.suarapembaruan.com/politikdanhukum/roy-suryo-tak-rumit-untuk-melacak-keberadaan-nazaruddin/8864

Tidak ada komentar:

Posting Komentar