Senin, 11 Juli 2011

Tips Belanja di Internet Secara Aman dan Nyaman

Segala-galanya serba online bahkan belanja pun bisa dilakukan dari rumah, tak usah repot keluar rumah. Bagi para netter dan blogger sejati, belanja online bukanlah hal baru, lalu bagaimana dengan mereka yang baru melek teknologi… Hmm, Kalau kita tidak jeli bisa saja menjadi korban penipuan.

Karena itulah, jangan hanya memperhatikan barang dan harga saja, tapi melupakan faktor keamana. Agar bisa berbelanja online secara aman dan nyaman ada beberap tips dari saya:

Lakukan observasi terhadap website beserta pengelola dan penjualnya, apalagi website baru yang belum begitu familiar. Carilah testimonial dan reputasi penjual tersebut, apakah dia benar-benar terpercaya? Google bisa diandalkan untuk pencarian ini.

Dapatkan info tentang barang yang akan Anda beli secara detail. Anda sebagai konsumen berhak menanyakan dan mengetahui spesifikasi dan kondisi barang saat itu, sehingga bila terjadi ketidakcocokan Anda dapat mengajukan komplain sesuai kesepakatan yang Anda buat dengan penjual.

Utamakan Cash on Delivery (COD). Bayar di tempat alias ada barang, ada uang. Metode ini hanya untuk penjual dan pembeli dalam satu daerah.

Bila Anda belum yakin sepenuhnya dapat menggunakan akan jasa pihak ketiga (rekening bersama). Alurnya Anda mentransfer ke pihak ketiga, kemudian penjual akan mengirimkan barangnya, bila sesuai spesifikasi Uang tersebut dapat diteruskan ke rekening penjual. Tapi bila tidak dapat meminta refund dan barang dikirim kembali.

Bagi yang sering bertransaksi dengan penjual atau penjual tersebut terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus, bisa langsung mentransfernya ke rekening penjual.

Terakhir simpan segala bukti mulai dari rekaman Anda chatting, SMS, salinan email hingga bukti transaksi. Hal tersebut dapat digunakan sebagai bukti bila suatu hari terdapat pelanggaran atau untuk keperluan pengajuan komplain/garansi.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kartu kredit harus lebih berhati-hati lagi. Bertransaksi pada situs yang memiliki keamanan tinggi. Baisanya diawali dengan “https“

Amankan data Anda dan jangan takut untuk bertransaksi secara online. Saya pernah melaukan transaksi secara online, modal utamanya adalah saling percaya. Bahkan membeli hosting + domain ini pun dilakuakn secara online.

Semoga tips saya berguna.
http://manginfera.com/tips-belanja-di-internet-secara-aman-dan-nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar